Roboguru

Buktikan berdarkan kaidah-kaidah kebahasaannya bahwa teks di bawah ini merupakan bagian dari teks eksplanasi!

Pertanyaan

Tsunami

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti 'pelabuhan' dan 'gelombang'. Para ilmuan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa. Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai. Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menyebabkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami, makin besar pula banjir atau kerusakan yang terjadi saat menghantam pantai. Tsunami memang telah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.space

 

Buktikan berdarkan kaidah-kaidah kebahasaannya bahwa teks di bawah ini merupakan bagian dari teks eksplanasi! space

 

Pembahasan Soal:

    Berdasarkan kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah teks prosedur. Sebagai teks yang berkategori faktual (nonsastra), teks eksplanasi banyak menggunakan kata yang bermakna denotatif. Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologi, teks tersebut banyak menggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologi.

  • Konjungsi kausalitas, antara lain menggunakan kata sebab, karena, oleh karena itu, oleh sebab itu, sehingga

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar.

  • Konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, setelah, pada akhirnya.

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar.

  • Teks eksplanasi pun sering menggunakan kata ganti yang bukan berupa persona atau merujuk pada jenis fenomena yang dijelaskan. Kata ganti yang digunakan untuk fenomenanya itu berupa kata benda, baik konkret maupun abstrak, seperti demonstrasi, banjir, gerhana, embrio, kesenian daerah; dan bukan kata ganti orang, seperti ia, dia, mereka. Karena objek yang dijelaskannya itu berupa fenomena, tidak berbentuk persona (nonhuman participation).

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti 'pelabuhan' dan 'gelombang'.

  • Dalam teks eksplanasi pun banyak ditemukan kata kerja pasif. Hal itu, seperti kata terlihat, terwujud, terbagi, terakhir, dimulai, ditimbun, dan dilahirkan.

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.space

  • Di dalam teks itupun terdapat kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahas.

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa.

    Sebuah teks dapat dikatakan teks eksplanasi apabila menggunakan kebahasaan yang ada di dalam teks eksplanasi, seperti menggunakan konjungsi kausalitas dan kronologi, mengginakan kata denotatif (makna sebenarnya), menggunakan kata teksni (peristilahan), serta menggunakan kata kerja pasif.

    Dengan demikian, teks yang berjudul "Tsunami" merupakan salah satu jenis teks eksplanasi.space

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan jenis kata yang digunakan beserta fungsinya dalam menjelaskan topik teks.

0

Roboguru

Temukan konjungsi antarkalimat dalam teks eksplanasi tersebut!

0

Roboguru

Abrasi     Abrasi merupakan pengikisan batuan daerah pantai yang terjadi akibat gelombang dan arus laut yang destruktif. Sasaran pertama dari abrasi adalah wilayah yang paling dekat dengan air laut y...

0

Roboguru

Maksud kata Hal ini pada kalimat (2) adalah ….

0

Roboguru

Cermati paragraf berikut! Rumah sehat harus memiliki ruang tamu, ruang makan, ruang tidur dan kamar mandi. Tiap-tiap ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda. Ruang tamu berfungsi sebagai tempat mene...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved