RoboguruRoboguru
SD

Bukti bahwa burung berwatak suka mengambil makanan binatang lain adalah ....

Pertanyaan

Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut!
 

  1. Di sebuah padang rumput di Afrika, seekor singa sedang menyantap makanan. Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanannya. "Kurang ajar!" kata singa.
  2. Sang Raja Hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung. "Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita. Usir mereka semua, jangan disisakan!" kata Singa. Binatang lain setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung.
  3. Ketika malam mulai tiba, bangsa burung kembali ke sarangnya. Kesempatan itu digunakan oleh para singa dan anak buahnya untuk menyerang bangsa burung. Burung-burung kocar-kacir melarikan diri. Melihat hal tersebut, kelelawar merasa cemas sehingga ia bergegas menemui Sang Raja Hutan.
  4. Kelelawar berkata, ”Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus, walaupun aku mempunyai sayap. Izinkan aku untuk bergabung dengan kelompokmu. Aku akan mempertaruhkan nyawaku untuk bertempur melawan burung-burung itu.” Tanpa berpikir panjang singa pun menyetujui kelelawar masuk dalam kelompoknya.
  5. Malam berikutnya kelompok yang dipimpin singa kembali menyerang kelompok burung dan berhasil mengusirnya. Keesokan harinya, menjelang pagi, ketika kelompok singa sedang istirahat kelompok burung menyerang balik mereka dengan melempari kelompok singa dengan batu dan kacang-kacangan.
  6. "Awas, hujan batu!” teriak para binatang.  Kelompok singa  melarikan diri. Kelelawar merasa cemas dengan hal itu sehingga ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui Sang Raja Burung, yaitu burung Elang. ”Lihatlah sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian,” Elang menerima kelelawar dengan senang hati.undefined 

Bukti bahwa burung berwatak suka mengambil makanan binatang lain adalah ....undefined 

  1. (1) dan (2)undefined 

  2. (3) dan (4)undefined 

  3. (5) dan (6)undefined 

  4. (4) dan (5)undefined

L. ISTANTI,

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan

Tokoh merupakan pelaku yang ada di dalam cerita, sedangkan penokohan merupakan pemberian sifat atau karakter kepada setiap tokoh dalam cerita tersebut. Maka, bukti bahwa burung berwatak suka mengambil makanan binatang lain ditunjukkan pada kalimat no 1 dan 2.

Kalimat no 1: "Di sebuah padang rumput di Afrika, seekor singa sedang menyantap makanan. Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanannya. "Kurang ajar!" kata singa, pembuktian burung berwatak suka mengambil makanan binatang lain terletak pada kalimat Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanannya. 

Kalimat no 2: "Sang Raja Hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung. "Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita. Usir mereka semua, jangan disisakan!" kata Singa. Binatang lain setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung", pembuktian burung berwatak suka mengambil makanan binatang lain terletak pada kalimat Binatang lain setuju sebab mereka telah diperlakukan sama oleh bangsa burung.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

169

1.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Bagian yang mendukung bahwa watak ayah adalah seorang yang teguh pendirian adalah ...

715

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia