Roboguru

Buatlah sebuah argumen menyetujui dan menolak berdasarkan teks tersebut!

Pertanyaan

Buatlah sebuah argumen menyetujui dan menolak berdasarkan teks tersebut!space

Pembahasan Soal:

Argumen adalah pendapat atau opini tertulis kepada pembaca. Untuk meyakinkan pembaca, penulis menyertakan bukti, contoh, dan berbagai alasan yang sulit dibantah. Argumen menyetujui adalah pendapat yang berisi persetujuan (pro), sedangkan argumen menolak berisi pendapat yang berisi penolakan (kontra).

  • Argumen menyetujui berdasarkan teks adalah Bekerja bertujuan untuk menghasilkan uang lebih banyak dapat menimbulkan masalah. Ada banyak efek negatif yang ditumbulkan karena bekerja terlalu diforsir, seperti tidak ada waktu bersama keluarga dan sahabat dekat, tidak ada waktu untuk berolahraga, bahkan sakit karena tidak menjaga kesehatan. Ketika sudah sakit, maka uang yang didapat bukan untuk dinikmati, melainkan dikeluarkan untuk membeli obat, membayar perawatan, dan konsultasi dokter. Maka, bekerja sesuai kemampuan agar kita dapat menikmatinya dengan sehat.
  • Argumen menolak berdasarkan teks adalah Bekerja bertujuan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak, tentu dengan beberapa alasan, seperti mencukupi kebutuhan, mengejar target, dan sebagainya. Dengan mencari uang tambahan, maka kebutuhan yang kurang akan segera tercukupi dengan baik dan targetnya bisa tercapai. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, bekerja dapat menambah pengalaman kerja dan kenaikan pangkat.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus ….

Pembahasan Soal:

Debat adalah sebuah tugas yang umumnya sering diterima oleh siswa sekolah dan perguruan tinggi di mana dua individu atau tim mendiskusikan suatu permasalahan. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka besar untuk sebuah jurnal dan pidato pada umumnya.

Untuk menulis sebuah kerangka debat, kita harus mengetahui struktur debat terlebih dahulu seperti pengenalan, penyampaian argumentasi, debat, simpulan, dan penutup, karena perdebatan itu bukanlah bentuk komunikasi yang "biasa" dalam keseharian, maka penting untuk mengetahui bagaimana menulis sebuah kerangka perdebatan ini sehingga argumen dan penjelasan dapat terstruktur dengan baik.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

0

Roboguru

Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Debat dapat diartikan sebagai kegiatan berargumentasi antara dua pihak atau lebih untuk mendiskusikan suatu permasalahan. Adapun kaidah-kaidah yang diperhatikan dalam menyampaikan gagasan dalam debat adalah sebagai berikut:

  • Menyampaikan gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
  • Menggunakan bahas yang baik dan benar.
  • Menyampaikan gagasan sesuai dengan topik yang diperdebatkan
  • Menggunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelasspace 

Oleh karena itu, yang bukan merupakan kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat adalah menggunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Tanggapan penolakan di bawah ini yang tepat adalah ...

Pembahasan Soal:

Kalimat penolakan adalah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan ketidaksetujuan atau penolakan terhadap suatu ide, gagasan, keputusan, atau pendapat orang lain. Ciri khas dari kalimat penolakan adalah penggunaan kata “tidak setuju”, “kurang setuju”, “tidak sejalan”, dan “tidak sependapat”. Walaupun berisi penolakan, kalimat penolakan harus disampaikan secara sopan. Supaya kalimat penolakan terkesan sopan dapat ditambah dengan kata “maaf”, “mohon maaf”, “izin”, dan lain lain.

Tanggapan penolakan yang disampaikan dengan cara yang sopan terdapat pada kalimat "Saya kurang sependapat dengan Bapak karena saya belum yakin tentang hal itu".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined

0

Roboguru

Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....

Pembahasan Soal:

Dalam membuat kerangka debat harus terstruktur dengan baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

3

Roboguru

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas! Selesai penyaji membacakan makalahnya tentang peran bahasa Indonesia bagi generasi muda, moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanggapinya....

Pembahasan Soal:

Teks debat adalah teks yang berisi proses saling bertukar pendapat antara dua pihak (pro dan konta) terkait suatu isu/ permasalahan dengan masing-masing pihak mengemukakan alasan yang bertujuan memperkuat pendapatnya.

Terdapat berapa unsur manusia dalam debat, salah satunya adalah moderator. Moderator adalah oraang yang memimpin dan mengatur jalannya debat.

Berikut adalah kerangka kalimat yang tepat disampaikan moderator dalam kesempatan sesuai kutipan di atas!

  1. Mempersilakan tim oposisi menanggapi makalah tim pro tentang  peran bahasa Indonesia bagi generasi muda.
  2. Menyampaikan durasi waktu yang diberikan kepada tim oposisi dalam memberikan tanggapan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan kalimat yang tepat disampaikan moderator pada kesempatan tersebut adalah mempersilakan tim oposisi menyampaikan tanggapan dan menyampaikan durasi waktu yang diberikan kepada tim oposisi dalam menyampaikan tanggapan.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved