Iklan

Iklan

Pertanyaan

Buatlah kalimat dari tim afirmasi dan oposisi berdasarkan mosi "tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi"!

Buatlah kalimat dari tim afirmasi dan oposisi berdasarkan mosi "tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi"!space 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa tim afirmasi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan persetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak negatifnya. Sementara itu tim oposisi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak positifnya.

dapat disimpulkan bahwa tim afirmasi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan persetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak negatifnya. Sementara itu tim oposisi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak positifnya.space 

Iklan

Pembahasan

Teks debat adalah penyajian pendapat dua pihak yang saling mengemukakan berbagai alasan dan argumen dalam sudut pandang atau pendapat yang berbeda (pro-kontra) untuk mempertahankan pandangan masing-masing. Tim yang berdebat dalam debat dibagi menjadi tim afirmasi dan tim oposisi, Tim afirmasi adalah tim yang setuju dengan mosi yang disajikan, sedangkan tim oposisi adalah tim yang tidak setuju dengan mosi yang disajikan. Berikut adalah kerangka kalimat tim afirmasi berdasarkan mosi "tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi": Sampaikan pernyataan yang menyatakan persetujuan terhadap mosi yang disajikan. Sampaikan alasan menyetujui mosi yang disajikan bahwa tayangan infotainment tidak memiliki nilai edukasi/ manfaat bagi yang menonton. Sampaikan dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari menonton tayangan infortainment seperti menumbuhkan sifat membicarakan orang lain. Berikut adalah kerangka kalimat tim oposisi berdasarkan mosi "tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi". Sampaikan pernyataan yang menyatakan ketidak setujuan terhadap mosi yang disajikan. Sampaikan alasan tidak setuju dengan mosi yang disajikan bahwa tayangan infotainment dapat menghibur penontonnya serta penggemar punya kecenderungan ingin mengetahui setiap informasi yang berkaitan dengan idolanya. Sampaikan dampak postif yang dapat ditimbulkan dari menonton tayangan infortainment yang dapat memberikan rasa senang bagi penontonnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tim afirmasi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan persetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak negatifnya. Sementara itu tim oposisi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak positifnya.

Teks debat adalah penyajian pendapat dua pihak yang saling mengemukakan berbagai alasan dan argumen dalam sudut pandang atau pendapat yang berbeda (pro-kontra) untuk mempertahankan pandangan masing-masing.

Tim yang berdebat dalam debat dibagi menjadi tim afirmasi dan tim oposisi, Tim afirmasi adalah tim yang setuju dengan mosi yang disajikan, sedangkan tim oposisi adalah tim yang tidak setuju dengan mosi yang disajikan.

Berikut adalah kerangka kalimat tim afirmasi berdasarkan mosi "tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi":

  1. Sampaikan pernyataan yang menyatakan persetujuan terhadap mosi yang disajikan.
  2. Sampaikan alasan menyetujui mosi yang disajikan bahwa tayangan infotainment tidak memiliki nilai edukasi/ manfaat bagi yang menonton.
  3. Sampaikan dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari menonton tayangan infortainment seperti menumbuhkan sifat membicarakan orang lain.

Berikut adalah kerangka kalimat tim oposisi berdasarkan mosi "tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi".

  1. Sampaikan pernyataan yang menyatakan ketidak setujuan terhadap mosi yang disajikan.
  2. Sampaikan alasan tidak setuju dengan mosi yang disajikan bahwa tayangan infotainment dapat menghibur penontonnya serta penggemar punya kecenderungan ingin mengetahui setiap informasi yang berkaitan dengan idolanya.
  3. Sampaikan dampak postif yang dapat ditimbulkan dari menonton tayangan infortainment yang dapat memberikan rasa senang bagi penontonnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tim afirmasi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan persetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak negatifnya. Sementara itu tim oposisi terhadap mosi tayangan infotainment di televisi sekarang ini wajib dikurangi dapat disampaikan dengan kerangka kalimat berupa pernyataan yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap mosi yang disajikan serta alasannya dan sampaikan dampak positifnya.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Debat

Unsur-Unsur Debat

Kebahasaan Teks Debat

Menganalisis Teks Debat

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tanggapan penolakan di bawah ini yang tepat adalah ...

11rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia