Roboguru

Buatlah ringkasan teks di atas!

Pertanyaan

Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
 

Hutan Lindung

    Hutan lindung merupakan hutan yang dilindungi keberadaannya karena berperan penting menjaga ekosistem. Kawasan hutan ditetapkan sebagai hutan lindung karena berfungsi sebagai penyedia cadangan air bersih, penahan erosi, paru-paru kota, atau fungsi-fungsi lainnya. Agar terhindar dari kerusakan maka keberadaan hutan tersebut harus dilindungi.

     Hutan lindung bisa berada di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat, atau di daerah yang berbatasan dengan permukiman dan perkotaan. Pengelolaannya bisa dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan komunitas seperti masyarakat adat. Contoh hutan lindung yang dikelola masyarakat adat biasanya berwujud sebagai hutan larangan atau hutan tutupan.

     Pemerintah dalam hal ini kementrian yang terkait dengan bidang kehutanan bisa menetapkan suatu kawasan h utan menjadi hutan lindung berdasarkan usulan yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Terdapat tiga faktor utama dalam menentukan penentuan, di antaranya kemiringan lahan, kepekaan terhadap erosi dan intensitas curah hujan di daerah terkait.

    Saat ini kawasan hutan di Indonesia mencapai 129 juta hektar. Kawasan hutan tersebut terbagi ke dalam hutan konservasi seluas 27 juta hektar, hutan lindung 30 juta hektar, dan sisanya hutan produksi. Kawasan hutan lindung tersebar luas di berbagai pulau di Indonesia.

     Beberapa contoh hutan lindung di antaranya adalah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Hutan ini menjadi salah satu objek wisata andalan Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kawasan HLSW seluas 9.782,80 hektar dan menjadi rumah bagi beberapa satwa khas Kalimantan seperti orangutan, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan, yaitu Eltingera balikpapanensis.

    Selain HLSW, di Kalimantan terdapat juga Hutan Lindung Wehea, tepatnya di Kabupaten Kutai timur, Kalimantan Timur. Areal hutan seluas 38.000 hektar ini pada awalnya adalah kawasan penebangan yang kemudian ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 2004 oleh masyarakat Dayak Wehea. Pada tahun 2009 mayarakat Dayak Wehea menerima penghargaan Kalpataru, penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup dari pemerintah pusat. Hutan Wehea menjadi penopang tiga Daerah Aliran Sungai, yakni Sungai Seleq, Melinyiu, dan Sekung yang bermuara ke Sungai Mahakam.

    Hutan lindung mempunyai fungsi pokok untuk menjaga kualitas lingkungan dan ekosistem. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya mencegah banjir. Kemampuan hutan untuk menampung air  hujan merupakan pengendalian banjir yang baik. Hutan lindung dapat menyimpan cada ngan air tanah. Cadangan air tersebut bisa digunakan ketika musim kemarau, sehingga penduduk sekitar hutan terhindar dari bencana kekeringan.

    Kawasan hutan lindung juga dapat mencegah erosi dan tanah longsor. Paling utama adalah terpeliharanya kesuburan tanah karena hutan seperti sebuah tempat pengomposan raksasa. Di dalam hutan lindung, keanekaragaman hayati yang merupakan sumber keh idupan bisa terjaga.

    Bagi para pelajar dan peneliti, hutan bisa menjadi laboratorium alam. Selain itu juga bisa menjadi tempat pendidikan dan penelitian ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan.space 

Buatlah ringkasan teks di atas!space 

Pembahasan Soal:

Teks laporan observasi adalah teks yang memaparkan hasil pengamatan/observasi tentang suatu objek atau situasi yang disusun setelah dilakukannya penelitian secara sistematis.
Meringkas teks merupakan aktivitas membuat teks tersebut menjadi ringkas, sehingga mudah memahami inti atau pokok pembahasan dari teks tersebut. Berikut cara meringkas sebuah teks:

  • membaca teks secara keseluruhan dengan cermat
  • menentukan kalimat utama pada tiap paragrafnya
  • menentukan gagasan utama pada tiap paragrafnya
  • menyusun gagasan utama dari tiap paragraf tersebut menjadi sebuah paragraf menggunakan bahasa sendiri (parafrase)
  • menyunting rangkuman, jika ada kesalahan

Berikut kerangka ringkasan dari teks laporan hasil observasi berjudul "Hutan Lindung":

  • definisi hutan lindung
  • lokasi yang tepat untuk dijadikan hutan lindung
  • syarat-syarat menjadi hutan lindung
  • contoh hutan lindung di Indonesia
  • manfaat atau fungsi hutan lindung


Dengan demikian, ringkasan dari teks di atas merupakan hasil pengembangan kerangka (definisi, lokasi yang tepat, syarat-syarat, contoh hutan lindung di Indonesia, dan manfaat atau fungsi hutan lindung).space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 25 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kotagede telah menjadi sentra kerajinan perak terbesar di Indonesia. Beragam kerajinan perak yang diolah menjadi beragam bentuk lewat beragam cara dihasilkan di Kotagede. Kotagede berlokasi 10 km dari...

0

Roboguru

Buatlah rangkuman berdasarkan isi teks laporan hasil observasi tersebut!

0

Roboguru

Kelompok kami bertugas mengamati pasar tradisional Barang-barang yang tersebut di antaranya : beras, ikan asin, bumbu-bumbu dapur, sayur-sayuran segar, dan masih banyak yang lainnya. Pagi-pagi kami ...

0

Roboguru

Anoa merupakan hewan khas hewan Indonesia. Satwa ini berasal dari Sulawesi. Terdapat dua jenis spesies anoa, yaitu anoa pegunungan (Nubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). ...

0

Roboguru

Rangkuman yang tepat untuk teks tersebut adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved