Roboguru

Buatlah ringkasan isi teks eksposisi tersebut!

Pertanyaan

Teks eksposisi berikut untuk soal nomor 1-3.


    Pohon kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman dari suku Moringaceae yang memiliki bentuk daun oval berukuran kecil yang tersusun rapi dalam satu tangkai. Pohon kelor dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 7-11 meter. Pohon kelor memiliki bunga yang cantik berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan aroma semerbak.
    Tanaman kelor berasal dari India sub-Himalaya dan telah lama menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda, sebagai obat untuk lebih dari 300 penyakit. Menilik lebih jauh ke dalam kandungannya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan fakta yang cukup mencengangkan. Daun kelor mengandung potasium, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Potasium jumlahnya tiga kali lebih besar dari pisang. Vitamin A jumlahnya empat kali lebih melimpah dibandingkan wortel. Vitamin C jumlahnya tujuh kali lebih besar dari jeruk. Kadar kalsium jumlahnya empat kali lebih banyak dari susu. Itu pun belum ditambah lagi dengan berbagai jenis asam amino essensial, vitamin lain, dan berbagai senyawa antioksidan. Melihat fakta ini, pantaslah daun kelor mendapat julukan 'Miracle Tree'.
    Daun kelor yang bentuknya kecil ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai tanaman obat. Masyarakat dapat menanam pohon kelor sendiri di pekarangan rumah. Pohon ini mudah ditanam dan cepat tumbuh. Masyarakat bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara dimasak sebagai sayur.

Disadur dari: https://mediskus.com/herbal/manfaat-daun-kelor, diunduh 27 Januari 2020space

Buatlah ringkasan isi teks eksposisi tersebut!space

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah penyajian sebuah teks dengan lebih singkat dari teks aslinya, dengan memerhatikan isi dan urutan teks. Sebelum menulis ringkasan, kita harus membaca teks secara keseluruhan.
Berdasarkan soal, teks tersebut diawali penjelasan tentang pendapat umum tanaman kelor. Tanaman kelor berasal dari suku tanaman Moringaceae yang memiliki bentuk daun oval berukuran kecil. Paragraf selanjutnya menjelaskan pentingnya tanaman kelor sebagai pengobatan dan kandungan dalam tanaman kelor. Paragraf terakhir berisi pemanfaatan daun kelor sebagai tanaman obat dan bisa ditanam di pekarangan rumah dan dikonsumsi sebagai sayur.

Dengan demikian, ringkasan isi dari teks tersebut adalah pohon kelor berasal dari suku tanaman Moringaceae dengan daun kecil dan rapi dalam satu tangkai. Tanaman kelor menjadi unsur penting dalam pengobatan Ayurveda. Tanaman kelor juga memiliki kandungan potasium, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Daun kelor memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Masyarakat dapat menanam pohon kelor di pekarangan rumah dan mengonsumsinya sebagai sayur.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Pusporini

Terakhir diupdate 18 November 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Judul yang tepat untuk bacaan tersebut adalah…

0

Roboguru

Langkah-langkah pemindahan bibit cabai dari bedengan ke polibag : Polibag yang berisi calon bibit diletakkan di tempat yang mendapat naungan. Setelah itu, polibag disiram air secukupnya. ...

0

Roboguru

Perhatikan paragraf eksposisi berikut! Bisnis kuliner menuntut pelaku usaha terus berkreasi untuk menarik minat calon konsumen. Meski masih terbilang baru di Indonesia, konsep bisnis yang diadaptasi...

0

Roboguru

Apa judul yang tepat untuk teks di atas?

0

Roboguru

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut adalah ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved