Roboguru

Buatlah ringkasan cerita di atas minimal 3 kalimat!

Pertanyaan

Buatlah ringkasan cerita di atas minimal 3 kalimat!space

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah sebuah penyajian peristiwa atau kejadian yang panjang di sajikan secara singkat. Adapun ciri-ciri dari ringkasan, yaitu:

  • Pengungkapan kembali bentuk kecil dari sebuah karangan.
  • Mereproduksi kembali apa kata pengarang.
  • Mempertahankan urutan-urutan gagasan yang membangun sosok (badan) karangan.
  • Penyusun ringkasan terikat oleh penataan, isi, dan sudut pandang pengarangnya.
  • Kalimatnya pendek-pendek dan senada dengan kalimat pengarang aslinya. (Nurhadi, 2010 : 137-138)
  • Mengungkapkan kembali sebuah karangan atau naskah bacaan dalam bentuk yang padat. Dalam meringkas kita mengambil intisari atau ide-ide pokok suatu bacaan sehingga menjadi bentuk yang lebih padat.
  • Memproduksi kembali apa yang diungkapkan pengarang dalam tulisannya. Kita mengambil intisari yang kemudian ditulis ulang dengan bahasa kita sendiri apa yang diungkapkan oleh sang penulis.
  • Menjaga urutan ide-ide pokok sehingga terbangun ringkasan dari naskah asli. Dalam meringkas kita harus tetap merunut ide-ide pokok sehingga ringkasan yang kita buat tetap mewakili naskah bacaan aslinya.
  • Susunan ringkasan, sudut pandang, dan isi mengikuti naskah asli.
  • Menuliskan kalimat-kalimat pendek yang mewakili tulisan pengarang. Pada prinsipnya, meringkas berarti membuat tulisan menjadi tulisan lebih pendek. Oleh karena itu, kalimat-kalimat dalam ringkasan pun pendek dan padat namun tidak menghilangkan unsur-unsur estetika dari naskah aslinya.

Berikut ini cara membuat ringkasan, yaitu:

  1. Membaca naskah asli.
  2. Mencatat gagasan utama.
  3. Mengadakan reproduksi.
  4. Ketetntuan tambahan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ringkasan cerita yang berjudul "Perlawanan Sisingamangaraja di Sumatra Utara" adalah sebagai berikut:

  1. Kalimat pertama berbunyi "Perlawanan terhadap Pemerintah Hindia Belanda di Sumatra Utara dipimpin oleh Sisingamangaraja XII, yang berlangsung selama 24 tahun."
  2. Kalimat kedua berbunyi "Pertempuran itu diawali dari Bahal Batu sebagai pusat pertahanan Belanda tahun 1877."
  3. Kalimat ketiga berbunyi "Pada pertempuran itu Kapten Christoffel berhasil mengepung benteng terakhir Sisingamangaraja di Pakpak dan menguasai seluruh Tapanuli, serta kedua putra Sisingamangaraja XII, yaitu Patuan Nagari dan Patuan Anggi ikut gugur dalam pertempuran tersebut."


Dengan demikian, 3 kalimat yang menggambarkan ringkasan cerita di atas adalah sebagai berikut: "Perlawanan terhadap Pemerintah Hindia Belanda di Sumatra Utara dipimpin oleh Sisingamangaraja XII, yang berlangsung selama 24 tahun. Pertempuran itu diawali dari Bahal Batu sebagai pusat pertahanan Belanda tahun 1877. Pada pertempuran itu Kapten Christoffel berhasil mengepung benteng terakhir Sisingamangaraja di Pakpak dan menguasai seluruh Tapanuli, serta kedua putra Sisingamangaraja XII, yaitu Patuan Nagari dan Patuan Anggi ikut gugur dalam pertempuran tersebut."space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan isi dalam paragraf dari sebuah buku nonfiksi berikut! Cara memperoleh makanan ada macam-macam. Namun, dalam garis besarnya dapat digolongkan menjadi dua kategori, yakni langsung mengambil...

Pembahasan Soal:

Rangkuman disebut juga dengan ringkasan, yakni bentuk yang ringkas dari sebuah teks. Rangkuman atau ringkasan ditulis dengan memperhatikan hal-hal atau informasi penting yang ada dalam teks. Selain itu, pembuat ringkasan juga tidak boleh mengubah informasi dari teks asli.

Kutipan paragraf dari teks nonfiksi di atas berisi informasi mengenai macam-macam cara memperoleh makanan. Secara garis besar, cara memperoleh makanan dibagi menjadi dua, yaitu (1) mengambil dari alam dan (2) memproduksi sendiri. Kedua cara tersebut dapat dilakukan dengan berbagai hal. Dengan demikian, ringkasan yang paling tepat untuk paragraf di atas adalah Secara garis besar, terdapat dua cara memperoleh makanan, yakni langsung mengambil dari alam dan memproduksi makanan sendiri.

  • Pilihan A tidak tepat karena mengubah isi informasi. Dalam teks, dua kategori memperoleh makanan meliputi (1) mengambil makanan dari alam dan (2) memproduksi makanan sendiri.
  • Pilihan C dan D tidak tepat karena tidak mencerminkan keseluruhan isi paragraf. Kedua pilihan jawaban tersebut hanya membahas beberapa cara dalam memperoleh makanan. Padahal, informasi penting dalam paragraf di atas adalah mengenai dua kategori cara memperoleh makanan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Memang ada beberapa kendala karena pengelolanya tidak hanya satu. Apa-apa yang ada di dalam Waduk Serma itu masih milik pusat. Lingkungannya milik provinsi. Baru ruas jalan yang di luar kekuasaan itu ...

Pembahasan Soal:

Kata penghubung atau konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang sehingga paragraf tersebut menjadi padu secara bentuk adalah kata sehingga. Karena kata penghubung sehingga ini memiliki makna sebagai sebab akibat antara kalimat satu dan kalimat berikutnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. space 

Roboguru

Menurut pendapatmu informasi apakah yang terdapat pada kutipan teks nonfiksi di atas!

Pembahasan Soal:

Buku non fiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Menurut KBBI, non fiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Buku non fiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data yang berisi fakta-fakta. Hal tersebut yang membuat buku non fiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

Ciri-Ciri Buku Non Fiksi

  1. Penulisannya menggunakan bahasa formal.
  2. Metode penulisannya bersifat denotatif.
  3. Mengandung fakta atau bersifat faktual.
  4. Berbentul tulisan ilmiah populer.
  5. Berisi tentang penyempurnaan penelitian atau temuan yang sudah ada maupun temuan penelitian baru.

Sesuai dengan penjelasan di atas, teks tersebut merupakan teks  nonfiksi yang berisi fakta dan data ilmiah tentang kekhasan drama tradisi Kentrung. Penjelasan kekhasan drama tradisi tersebut berdasarkan fakta dan data ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan kalimat Menurut Brandon (dalam Hutomo, 1993: 16) kekhasan tersebut meliputi (1) cerita panjang dan terdiri dari beberapa episode ....

Dengan demikian, informasi yang terdapat pada teks nonfiksi di atas adalah penjelasan tentang kekhasan drama tradisi Kentrung.space 

Roboguru

Rangkuman bacaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Buku nonfiksi adalah buku yang di dalamnya mengandung unsur-unsur fakta, memiliki data-data yang sah, dan disusun secara logis dengan sistematika penulisan ilmiah yang baik dan benar.

Buku nonfiksi di atas menjelaskan tentang fungsi masker yaitu masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri. Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah.

Selain itu, buku nonfiksi di atas juga menjelaskan penggunaan masker yaitu gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Maka, rangkuman bacaan tersebut adalah fungsi masker dan penggunaannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Roboguru

Rangkumlah teks nonfiksi di atas!

Pembahasan Soal:

Rangkuman dapat diartikan sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas suatu tulisan atau pembicaraan menjadi suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya. Rangkuman harus dibuat secara singkat tapi mencakup keseluruhan isi teks. Rangkuman dari teks di atas yaitu masker wajah memiliki fungsi sesuai dengan jenisnya dan penggunaannya bisa disesuaikan dengan manfaat yang ingin diperoleh.

Dengan demikian, rangkuman teks nonfiksi di atas yaitu masker wajah memiliki fungsi sesuai dengan jenisnya dan penggunaannya bisa disesuaikan dengan manfaat yang ingin diperoleh.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved