Roboguru

Pertanyaan

Hasil pengamatan:

    Jalan kaki merupakan salah satu olahraga murah dan ringan. Olahraga ini dapat dilakukan tanpa membutuhkan biaya. Olahraga ini termasuk olahraga ringan karena dapat dilakukan dengan santai. Olahraga berjalan kaki tiga puluh menit sehari secara teratur merupakan salah satu hal terbaik dan termudah yang bisa dilakukan untuk kesehatan tubuh.

    Banyak orang enggan melakukan jalan kaki dan memiiih gaya hidup kurang aktif. Mereka lebih memilih naik kendaraan meskipun lokasi tujuan cukup dekat. Orang-orang tipe ini memiliki pola hidup kurang aktif bergerak atau minim aktivitas. Pola hidup ini biasanya mengarah kepada para pekerja kantoran yang sepanjang harinya dihabiskan duduk di balik meja kerja. Gaya hidup seperti itu menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi. Banyak dari mereka menderita obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung lantaran tidak suka berjalan kaki.

    Berjalan kaki memiliki berbagai manfaat. Berjalan kaki bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, berjalan kaki dapat menurunkan risiko penyakit kronis, mengurangi risiko diabetes, dan osteoporosis.

(Disadur dari: Andri Wang, Rahasia Tiongkok Kuno untuk Hidup Sehat, Bahagia, dan Panjang Umur, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2011)space 

Buatlah rangkuman berdasarkan isi teks laporan hasil observasi tersebut!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Rangkuman adalah ringkasan dari poin-poin penting dalam teks. Adapun berikut langkah-langkah merangkum teks laporan hasil observasi:

  • Mendaftar kata-kata kunci pada teks.
  • Menemukan kalimat utama dan ide pokok setiap paragraf.
  • Menentukan gagasan pokok setiap paragraf.
  • Menyusun ringkasan dengan informasi-informasi penting yang didapatkan dengan bahasa sendiri.

Gagasan pokok paragraf pertama adalah berjalan kaki sebagai olahraga, gagasan pokok paragraf pertama adalah orang yang tidak suka berjalan kaki, dan gagasan pokok paragraf ketiga adalah manfaat berjalan kaki.

Dengan demikian, rangkuman berdasarkan isi teks laporan hasil observasi tersebut adalah sebagai berikut:

Jalan kaki adalah olahraga yang murah dan ringan karena tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan dengan santai. Berjalan kaki selama tiga puluh menit secara teratur adalah rutinitas yang baik untuk kesehatan tubuh. Orang yang tidak suka berjalan kaki biasanya adalah para pekerja kantoran yang memiliki sedikit aktivitas, sehingga gaya hidup mereka kurang aktif. Orang dengan gaya hidup seperti ini berisiko menderita berbagai macam penyakit, seperti obesitas, diabetes, maupun penyakit jantung. Dengan berjalan kaki, risiko terkena penyakit-penyakit tersebut dapat dikurangi.space 

120

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan grafik berikut! Penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia