Roboguru

Buatlah minimal 5 contoh peranan organisasi perempuan dalam membantu memajukan bidang pendidikan di masa Pergerakan Orde Lama dan Orde baru.. Kerjakan dikertas selembar dan kumpulkan melalui kirim fotonya..

Pertanyaan

Buatlah minimal 5 contoh peranan organisasi perempuan dalam membantu memajukan bidang pendidikan di masa Pergerakan Orde Lama dan Orde baru..

Kerjakan dikertas selembar dan kumpulkan melalui kirim fotonya..

Pembahasan Soal:

Tahun 1950 organisasi wanita berangsur-angsur hancur, disamping itu muncullah GERWANI (Gerakan Wanita Indonesia) sebagai kelanjutan dari Istri Sedar. Misi awal Gerwani adalah membantu peningkatan kesadaran perempuan lewat pendidikan. Sebagai bentuk kepedulian dalam pendidikan, didirikannya Taman Kanak-kanak. Selain itu, tahun 1954 lahir pula organisasi PERWARI (Persatuan Wanita Republik Indonesia). PERWARI menggiatkan diri dalam mengisi kemerdekaan dengan memusatkan perhatiannya dalam bidang pendidikan.

Pada masa Orde Baru, organisasi perempuan disentralisasi oleh negara di bidang “keperempuanan”. Perempuan berperan sebagai istri pendamping suami, pendidik anak dan pembina generasi muda, serta pengatur ekonomi rumah tangga. Kalaupun ada perempuan yang bekerja di luar rumah, hanya dianggap sebagai pencari nafkah tambahan. Selain itu, kiprah perempuan di luar rumah juga difokuskan pada aktivitas sosial dan penyumbang tenaga pada masyarakat. Hal ini, tentu saja, semakin melanggengkan budaya patriarki. Salah satu organisasi yang terkenal pada masa itu adalah Dharma Wanita yang berdiri pada tahun 1974 dan dikenal sebagai organisasi istri pegawai negeri. Organisasi ini juga terkenal dengan programnya yang disebut PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga). Demikian halnya dengan istri-istri ABRI juga tergabung dalam organisasi sesuai dengan bidang suaminya, antara lain Persit (Persatuan Istri Tentara) Candra Kirana bagi istri angkatan darat, Jalasenastri untuk istri angkatan laut, PIA Ardhya Garini bagi istri angkatan udara, dan Bhayangkari untuk istri anggota Polri.

Dengan demikian, pada masa Orde Lama terdapat organisasi perempuan seperti GERWANI dan PERWARI yang memusatkan perhatiannya pada pendidikan dengan meningkatkan kesadaran perempuan dalam pendidikan lewat didirikannya Taman Kanak-Kanak. Sedangkan pada masa Orde Baru terdapat organisasi Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit dimana kiprah perempuan lewat organisasi ini lebih kepada penguatan peran sebagai istri pendamping suami, pendidik anak dan pembina generasi muda. Salah satu programnya yang terkenal adalah PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved