Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perjanjian Renville

    Pada tanggal 1 Agustus 1947, PBB memerintahkan agar Indonesia dan Belanda menghentikan peperangan di antara mereka. Akhirnya, pada tanggal 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia. Setelah itu, pihak PBB pun turut membantu untuk menyelesaikan persengketaan yang terjadi antara Indonesia dan Belanda. PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) sebagai wadah untuk menyelesaikan persengketaan tersebut. Anggota KTN terdiri atas tiga negara yang masing-masing dipimpin oleh seorang delegasi, yakni Australia yang dipimpin oleh Richard C. Kirby, Belgia yang dipimpin oleh Paul van Zeeland, dan Amerika Serikat yang dipimpin oleh dr. Frank Graham.

    Komisi Tiga Negara yang telah terbentuk menjadi pemrakarsa terjadinya perundingan antara Indonesia dan Belanda. Setiap pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo kemudian melakukan perundingan untuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia di atas Kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Perundingan tersebut dilakukan pada tanggal 8 Desember 1947. Sesuai lokasi terjadinya perundingan, hasil dari perundingan tersebut dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville. 

(Sumber: IPS Terpadu 5 KTSP 2006)

Buatlah kesimpulan pada teks berjudul Perjanjian Renville di atas!

Buatlah kesimpulan pada teks berjudul Perjanjian Renville di atas! 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kesimpulan paragraf di atas ialah 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia.PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri atas tiga negara, yakni Australia, Belgia, dan Amerika Serikatuntuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia. Pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Widjojoatmodjomelakukan perundingan pada 8 Desember 1947 untuk menyelesaikan persengketaan di atas Kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Hasil dari perundingan tersebut dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville.

kesimpulan paragraf di atas ialah 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia. PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri atas tiga negara, yakni Australia, Belgia, dan Amerika Serikat untuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia. Pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo melakukan perundingan pada 8 Desember 1947 untuk menyelesaikan persengketaan  di atas Kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Hasil dari perundingan tersebut dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville.undefined 

Iklan

Pembahasan

Biasanyadengan membaca kesimpulan teks, seseorang dapat mengerti isi bacaan secara garis besarnya saja. Kesimpulan biasanya disampaikan dalam bahasa yang lugas dan singkat. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil akhir suatu bacaan. Kesimpulan dapat diperoleh dengan memahami isi bacaan secara keseluruhan. Dengan demikian, kesimpulan paragraf di atas ialah 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia.PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri atas tiga negara, yakni Australia, Belgia, dan Amerika Serikatuntuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia. Pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Widjojoatmodjomelakukan perundingan pada 8 Desember 1947 untuk menyelesaikan persengketaan di atas Kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Hasil dari perundingan tersebut dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville.

    Biasanya dengan membaca kesimpulan teks, seseorang dapat mengerti isi bacaan secara garis besarnya saja. Kesimpulan biasanya disampaikan dalam bahasa yang lugas dan singkat. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil akhir suatu bacaan. Kesimpulan dapat diperoleh dengan memahami isi bacaan secara keseluruhan.

Dengan demikian, kesimpulan paragraf di atas ialah 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia. PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri atas tiga negara, yakni Australia, Belgia, dan Amerika Serikat untuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia. Pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo melakukan perundingan pada 8 Desember 1947 untuk menyelesaikan persengketaan  di atas Kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Hasil dari perundingan tersebut dikenal dengan sebutan Perjanjian Renville.undefined 

Latihan Bab

Tema 7 Subtema 1: Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Tema 7 Subtema 2: Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Tema 7 Subtema 3: Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat pertanyaan yang tepat untuk teks di atas adalah ...

256

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia