Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut.


Peristiwa Bandung Lautan Api

    Pada bulan Oktober 1945, ketika para pejuang Indonesia sedang melaksanakan pemindahan kekuasaan dan merebut senjata dari tentara Jepang, tentara sekutu memasuki Bandung. Tentara sekutu tersebut bekerja sama dengan tentara NICA untuk menduduki kantor-kantor penting di Bandung. Tujuan utama mereka, yaitu mengembalikan kekuasaan Belanda di Indonesia.

    Pada tanggal 21 November 1945, tentara sekutu mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Indonesia untuk mengosongkan bagian utara Kata Bandung paling lambat tanggal 29 November 1945. Namun, masyarakat dan para pejuang Indonesia tidak mau menghiraukan peringatan tersebut. Sejak saat itulah, sering tenjadi bentrokan antara tentara sekutu dengan pejuang In­donesia. Kata Bandung pun terbagi menjadi dua, yakni Bandung Utara dan Bandung Selatan. Akan tetapi, karena kurangnya per­senjataan, Bandung Utara akhirnya berhasil dikuasai oleh sekutu.

    Pada tanggal 23 Maret 1946, tentara sekutu kembali mengeluarkan peringatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengosongkan Bandung Selatan. Berdasarkan hasil per­timbangan dari berbagai aspek, masyarakat Indonesia pun memilih untuk mundur dan mengosongkan Bandung Selatan. Namun, para pejuang tak ingin menyerahkan secara utuh kota mereka kepada tentara sekutu. Oleh sebab itu, sebelum meninggalkan Bandung Selatan, para pejuang membakar semua barang dan bangunan agar tidak dapat dipakai oleh tentara sekutu. Peristiwa inilah yang dikenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api.

(Sumber: IPS Terpadu V KTSP 2006 dengan penyesuaian)undefined 

Sikap para pejuang Indonesia terhadap peringatan pertama yang disampaikan oleh tentara sekutu adalah ....

Sikap para pejuang Indonesia terhadap peringatan pertama yang disampaikan oleh tentara sekutu adalah .... 

  1. menghiraukannyaundefined 

  2. mengacuhkannyaundefined 

  3. memedulikannyaundefined 

  4. tak memedulikannyaundefined 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.

jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks narasi sejarah berarti naskah atau narasi yang mengandung unsur sejarah. Teks narasi sejarah tersebut menceritakan salah satu peristiwa sejarah bangsa Indonesia, yaitu peristiwa Bandung Lautan Api. Ada beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari teks tersebut, salah satunya adalah sikap para pejuang Indonesia terhadap peringatan pertama yang disampaikan oleh tentara sekutu. Sikap tersebut dapat dilihat pada kalimat: Pada tanggal 21 November 1945, tentara sekutu mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Indonesia untuk mengosongkan bagian utara Kata Bandung paling lambat tanggal 29 November 1945. Namun, masyarakat dan para pejuang Indonesia tidak mau menghiraukan peringatan tersebut. Sikap para pejuang Indonesia terhadap peringatan pertama yang disampaikan oleh tentara sekutu adalahmasyarakat dan para pejuang Indonesia tidak mau menghiraukan peringatan tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Teks narasi sejarah berarti naskah atau narasi yang mengandung unsur sejarah.

Teks narasi sejarah tersebut menceritakan salah satu peristiwa sejarah bangsa Indonesia, yaitu peristiwa Bandung Lautan Api. Ada beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari teks tersebut, salah satunya adalah sikap para pejuang Indonesia terhadap peringatan pertama yang disampaikan oleh tentara sekutu. Sikap tersebut dapat dilihat pada kalimat:

  • Pada tanggal 21 November 1945, tentara sekutu mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Indonesia untuk mengosongkan bagian utara Kata Bandung paling lambat tanggal 29 November 1945.
  • Namun, masyarakat dan para pejuang Indonesia tidak mau menghiraukan peringatan tersebut.

Sikap para pejuang Indonesia terhadap peringatan pertama yang disampaikan oleh tentara sekutu adalah masyarakat dan para pejuang Indonesia tidak mau menghiraukan peringatan tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Latihan Bab

Tema 7 Subtema 1: Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Tema 7 Subtema 2: Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Tema 7 Subtema 3: Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

159

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang menyebabkan Belanda dapat menguasai Indonesia dengan mudah?

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia