Roboguru

Buatlah contoh kalimat yang menyatakan konsep jarak absolut !

Pertanyaan

Buatlah contoh kalimat yang menyatakan konsep jarak absolut !space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konsep jarak adalah konsep yang berkaitan erat dengan jarak suatu tempat dengan tempat lain. Konsep jarak ini dibagi menjadi 2 yaitu, jarak absolut dan jarak relatif. Jarak absolut adalah jarak geometrik yang dinyatakan dalam ukuran panjang seperti meter,kilometer,centimeter,dekameter,dll. Sedangkan jarak relatif diukur dengan ukuan waktu seperti hari,jam,menit,dan detik. Contoh kalimat yang menyatakan konsep jarak absolut adalah sebagai berikut.

  1. Jarak balai desa menuju perpustakaan desa adalah 200 meter.
  2. Jakarta - Bogor memiliki jarak 40 km.
  3. Jarak antar rumah di Perumahan Indah Blok A hanya berjarak 30 cm.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bom-Bom menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah sejauh 100 km setiap harinya. Konsep geografi yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah .....

Pembahasan Soal:

Terdapat sepuluh konsep esensial dalam geografi, di antaranya konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area serta keterkaitan keruangan. Pernyataan pada soal mengenai Bom-Bom menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah sejauh 100 km setiap harinya merupakan fenomena yang dibahas mengunakan k​​​​​​onsep jarak , konsep ini mengkaji mengenai jarak antarobjek geografi atau suatu tempat dengan tempat lain dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu.Dalam ilmu geografi Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Jarak mutlak/absolut diukur menggunakan satuan panjang seperti satuan ukuran meter, kilometer, dan sebagainya. Jarak mutlak juga merupakan jarak yang tetap dan tidak dapat berubah-ubah.
    Contohnya: Bom-Bom menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah sejauh 100 km setiap harinya.
  2. Jarak relatif diukur dengan mempertimbangkan jarak tempuh rute, waktu, dan biaya. Jarak relatif biasanya dinyatakan dalam lamanya perjalanan atau waktu.
    Contohnya: jarak antara Jakarta ke Sukabumi dapat ditempuh dalam waktu 2 jam melalui Tol Cigombong. Jarak relatiif tersebut akan berbeda apabila keadaan jalan tol sedang macet atau perjalanannya tidak melewati jalan tol.space 

0

Roboguru

Perhatikan hal-hal berikut! ruang lokasi jarak wilayah Istilah yang termasuk dalam konsep esensial geografi adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada sepuluh konsep esensial yang terdapat dalam ilmu geografi. Beberapa di antaranya adalah lokasi, jarak, keterjangkauan, aglomerasi, nilai kegunaan, pola, morfologi, diferensiasi area, interaksi-interdependensi, dan keterkaitan ruang. Oleh sebab itu, yang termasuk dalam konsep esensial geografi ditunjukkan oleh angka (2) dan (3). Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jarak dibagi menjadi jarak absolut dan jarak relatif. Jarak relatif adalah....

Pembahasan Soal:

Konsep jarak adalah ruang yang menghubungkan antara dua buah objek atau lebih yang diukur berdasarkan satuan waktu (detik, menit, jam, hari, bulan, tahun) atau satuan panjang (centimeter, meter, kilometer, mil, kaki). Konsep jarak ini juga dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

  1. Jarak Mutlak ; Jarak mutlak adalah jarak antara dua buah objek atau lebih yang diukur berdasarkan satuan panjang yang telah ditetapkan atau yang telah terstandarisasi. Contoh : Jarak dari Indonesia ke Madinah adalah 8.460 km.
  2. Jarak Relatif ; Jarak relatif adalah jarak antara dua buah objek yang dihitung berdasarkan satuan waktu. Sehingga bisa terjadi perbedaan antara satu individu dengan individu lainnya. Contoh : Waktu tempuh dari Jakarta ke Purwokerto menggunakan bus 6 jam 10 menit. Sedangkan ketika menggunakan sepeda motor 5 jam 50 menit.

0

Roboguru

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan jarak relatif antara dua negara semakin ....

Pembahasan Soal:

Konsep jarak dalam geografi dibagi menjadi 2, yakni jarak absolut dan jarak relatif. Jarak absolut adalah jarak yang tidak berubah dan menggunakan satuan unit jarak dalam pengukurannya seperti kilometer, meter, yard, dan lain-lain. Sedangkan jarak relatif adalah jarak antar wilayah yang dilihat dari satuan biaya dan waktu seperti jarak kota Surabaya dari Sidoarjo adalah 30 menit. Dalam perkembangannya jarak relatif antar negara semakin dekat karena berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai contoh jarak Indonesia dan Malaysia yang ditempuh dalam waktu hitungan jam.

0

Roboguru

Jarak antartempat yang dapat berubah-ubah tergantung dari indikator ukuran yang digunakan adalah pengertian dari ....

Pembahasan Soal:

Jarak relatif adalah jarak antartempat yang dapat berubah-ubah tergantung dari indikator ukuran yang digunakan. Jarak relatif dapat diukur dengan satuan waktu atau biaya. Jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved