Roboguru

Buatlah cerita berdasarkan data di atas! Cerita dibuat untuk menginspirasi seseorang yang merasa kurang berharga (merasa miskin, merasa tidak jenius/pintar, atau merasa kurang tampan/cantik) dan merasa rendah diri, pesan moral apa yang ingin kamu sampaikan silakan dituangkan di dalam cerita hasil karyamu sendiri! Minimal 5 paragraf sesuai struktur bagian teks cerita inspiratif.

Pertanyaan

Buatlah cerita berdasarkan data di atas! Cerita dibuat untuk menginspirasi seseorang yang merasa kurang berharga (merasa miskin, merasa tidak jenius/pintar, atau merasa kurang tampan/cantik) dan merasa rendah diri, pesan moral apa yang ingin kamu sampaikan silakan dituangkan di dalam cerita hasil karyamu sendiri! Minimal 5 paragraf sesuai struktur bagian teks cerita inspiratif.space 
 

Pembahasan Soal:

Teks cerita inspiratif adalah kisah yang menggugah pembacanya untuk menjadi lebih baik melalui pengalaman inspiratif dari cerita yang dibawakan. 
Berikut adalah struktur teks cerita inspirasi:

  1. Abstrak, bagian ini hanyalah opsional boleh ada ataupun tidak. Bagian ini merupakan gambaran umum dari teks cerita inspirasi.
  2. Orientasi, pada bagian ini berisi pengenalan latar dan juga tokoh. Tahap orientasi ini merupakan bagian awal dari sebuah teks cerita inspirasi.
  3. Komplikasi, merupakan permasalahan dalam teks cerita inspirasi.
  4. Resolusi, merupakan bagian berisi penyelesaian masalah dari masalah yang dialami tokoh.
  5. Koda (reorientasi), berisi penutup dan juga pesan-pesan positif yang bisa dipetik dari teks cerita inspirasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka teks cerita inspiratif berdasarkan fakta di atas dapat dikembangkan dengan kerangka:

Paragraf 1 berisi gambaran umum yang menjelaskan bahwa semua hal dinilai dari isi.

Paragraf 2 berisi penggambaran seoraang siswa yang sedang termenung sendiri di sebuah kursi di sekolah dan terlihat sedih.

Paragraf 3 berisi seorang guru yang menanyakan alasan anak itu bersedih dan anak itu pun menjelaskan bahwa ia merasa rendah diri karena ia merasa miskin.

Paragraf 4 berisi tentang guru yang menjelaskan pada anak tersebut dengan menggunakan analogi pada botol bahwa hidup manusia pun dinilai berdasarkan isi.

Paragraf 5 berisi pesan bahwa kita harus senantiasa percaya diri karena yang membedakan manusia bukanlah fisik atau materi, melainkan akhlak atau sikap manusia itu sendiri.

Dengan demikian, teks cerita inspiratif berdasarkan fakta di atas dapat dikembangkan dengan kerangka paragraf 1 berisi gambaran umum yang menjelaskan bahwa semua hal dinilai dari isi, paragraf 2 berisi penggambaran seoraang siswa yang sedang termenung sendiri di sebuah kursi di sekolah dan terlihat sedih, paragraf 3 berisi seorang guru yang menanyakan alasan anak itu bersedih dan anak itu pun menjelaskan bahwa ia merasa rendah diri karena ia merasa miskin, paragraf 4 berisi tentang guru yang menjelaskan pada anak tersebut dengan menggunakan analogi pada botol bahwa hidup manusia pun dinilai berdasarkan isi, paragraf 5 berisi pesan bahwa kita harus senantiasa percaya diri karena yang membedakan manusia bukanlah fisik atau materi, melainkan akhlak atau sikap manusia itu sendiri.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Semangat rajin belajar saya yang kian menggebu-gebu terbawa hingga saya lulus dan melanjutkan ke SMK. Saya berpikir bahwa dengan_ hasil belajar yang sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang baik dan...

Pembahasan Soal:

1

Roboguru

Buatlah teks inspiratif tema bebas, judul tentukan sendiri minimal dua paragraf atau lebih !

Pembahasan Soal:

Teks inspiratif adalah karangan yang berbentuk narasi dengan tujuan memberi inspirasi kebaikan kepada banyak orang. Cerita inspirasi dapat menggugah perasaan, memberi kesan mendalam serta mampu membuat seseorang berjanji pada dirinya untuk menjadi seperti yang dibacanya. Cerita yang menginspirasi seseorang lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Langkah-langkah menulis teks inspiratif adalah:

  1. Menentukan tema cerita, artinya ada yang ingin diceritakan/disampaikan. Idenya berasal dari pengalaman nyata yang pernah kamu alami, misalnya menjadi relawan di desa. Selain itu, ide cerita juga berasal dari cerita motivasi tentang orang lain yang memengaruhimu secara positif, misal guru yang bijaksana dan perhatian. Setelah memiliki tema, kalian juga dapat menentukan judul teks. Misalnya, Sang Guru Terbaik
  2. Merancang Kerangka. Dalam langkah ini, kita menuliskan peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur.
  3. Mengembangkan kerangka karangan menjadi teks cerita inspiratif yang utuh. Setelah merancang berbagai peristiwa, maka bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita. Dalam langkah ini, hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • orientasi (pengantar cerita)
  • perumitan peristiwa (kisah menuju puncak cerita konflik),
  • komplikasi (puncak/inti cerita yang menjadi inspirasi),
  • resolusi (peristiwa menyadarkan tokoh tentang kebaikan),
  • koda (penutup cerita, pesan moral)


Dengan demikian, langkah untuk membuat teks cerita inspiratif adalah menentukan tema cerita, merancang kerangka, mengembangkan kerangka karangan menjadi teks cerita inspiratif yang utuh.

0

Roboguru

Kalimat lanjutan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas ialah …

Pembahasan Soal:

Teks cerita inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan teks cerita inspirasi adalah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan secara positif. 

Berdasarkan kutipan teks di atas, topik pembahasan dalam paragraf di atas adalah asal-mula perkembangan bisnis kafe. Kalimat lanjutan yang tepat untuk melanjutkan cerita tersebut, yaitu "Namun pada kenyataannya, segala hal di dunia ini tak ada yang instan. Butuh kerja keras serta ketekunan dalam meraih kesuksesan". Kalimat ini relevan dengan informasi yang ada di akhir teks tersebut, yaitu banyak yang mengira kemajuan usahanya tersebut adalah keberuntungan yang selalu berpihak padanya. Dalam hal ini, penulis hendak menyampaikan bahwa prasangka orang lain dengan kenyataan di balik kesuksesan seseorang tentu dapat berbeda. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. undefined

0

Roboguru

Buatlah sebuah cerita inspiratif yang isinya berkaitan dengan kehidupan yang ada di sekelilingmu yang  dapat membangun semangat untuk masa depan kamu.

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inspiratif berasal dari kata "inspirasi" yang berarti ilham. Jadi, teks cerita inspiratif merupakan teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi, yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya.

Untuk membuat teks cerita inspiratif, kita harus mengetahui terlebih dahulu struktur dari teks tersebut. Berikut ini adalah stuktur teks cerita inspiratif, yaitu:

  1. Orientasi berupa pengantar cerita yang berisikan pengenalan tokoh dan latar cerita.
  2. Perumitan masalah berupa kisah tokoh dan peristiwa yang dialami oleh tokoh yang menuju klimaks (puncak) cerita.
  3. Komplikasi berupa klimaks dari cerita di mana terdapat kisah yang menjadi teladan atau inspirasi.
  4. Resolusi berupa kisah yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan atau keteladanan.
  5. Koda adalah penutup cerita yang berupa kesimpulan dan pesan moral


Untuk menyusun sebuah teks inspiratif dapat dilakukan dengan cara membuat kerangka karangannya terlebih dahulu dengan mengikuti struktur teks cerita inspiratif. Berikut ini adalah kerangka karangan teks cerita inspiratif, yaitu:

  • Orientasi terdapat pada paragraf 1 menceritakan tentang "Raden Dewi Sartika merupakan salah satu pahlawan nasional."
  • Rangkaian peristiwa pada paragraf 2 menceritakan tentang " Raden Dewi Sartika sudah menunjukkan ketertarikannya dalam dunia pendidikan sejak usia dini."
  • Komplikasi pada paragraf 3 menceritakan tentang "Pengasingan Ayah Sartika oleh Belanda"
  • Resolusi pada paragraf 4 menceritakan tentang " Raden Dewi Sartika mendirikan sekolah perempuan yang bernama Sekolah Istri"
  • Koda pada paragraf 5 menceritakan tentang "Perjuangannya menginspirasi perempuan untuk melawan doktrin dan dogma dengan menunjukkan bahwa perempuan dapat berdaya."space

0

Roboguru

Langkah pertama dalam menulis sebuah karangan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pembahasan:

Langkah-langkah yang bisa kamu gunakan dalam menulis narasi adalah:

  1. menentukan tema dari cerita yang akan kamu buat;
  2. menentukan sasaran pembaca setelab nantinya kamu selesai menulis cerita;
  3. membuatlah sebuah rancangan mengenai alur yang akan kamu buat; 
  4. merangkai alur tersebut menjadi beberapa bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian perkembangan, dan bagian penutup.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved