Roboguru

BPUPKI yang dibentuk pada tanggal 29 April 1945 bertujuan untuk. . . .

Pertanyaan

BPUPKI yang dibentuk pada tanggal 29 April 1945 bertujuan untuk. . . .

  1. menyelidiki berbagai hal yang diperlukan bagi pembentukan sebuah negara merdeka

  2. menetapkan waktu yang tepat bagi pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia

  3. merumuskan kewajiban-kewajiban Indonesia agar diberi kemerdekaan oleh Jepang

  4. menyelidiki kekayaan sosio-religius Indonesia sebagai dasar Indonesia merdeka

  5. mengusahakan kesatuan rakyat Indonesia dalam rangka mengisi kemerdekaan

Pembahasan Soal:

Pada Maret 1945, Jepang mengumumkan berdirinya Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan menunjuk Radjiman Wedyodiningrat sebagai ketua. Selanjutnya pada Juli 1945, Jepang berusaha mempersatukan gerakan pemuda yang tergabung dalam organisasi Masyumi dan Jawa Hokokai dalam Gerakan Rakyat Baru. BPUPKI beranggotakan sekitar 60 orang yang mewakili bangsa Indonesia dari berbagai suku dan golongan, bahkan terdapat 4 orang Tionghoa (Liem Koen Hian, Mr. Tan Eng Hoa, Oei Tjong How, Oey Tiang Tjoei) dan 1 orang Arab (A. R. Baswedan) serta peranakan Belanda (P.F Dahler). BPUPKI yang dibentuk bertujuan untuk menyelidiki berbagai hal yang diperlukan bagi pembentukan sebuah negara merdeka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan rangkaian sidang BPUPKI!

Pembahasan Soal:

BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945 dan diketuai oleh K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI dibentuk untuk menyelidiki dan menyusun segala sesuatu rencana mengenai persiapan-persiapan kemerdekaan Indonesia. Dalam perkembangannya, BPUPKI menyelenggarakan 2 masa sidang, yakni 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945 dan sidang kedua tanggal 10 hingga 16 Juli 1945. Masa sidang pertama yakni membahas mengenai dasar falsafah negara. Pembicara dalam sidang tersebut adalah Moh. Yamin, Prof. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Setelah masa sidang pertama selesai, terjadi masa reses. Masa reses itu digunakan oleh para anggota untuk membahas Rancangan Pembukaan UUD 1945 yang dipimpin Soekarno. Beberapa keputusan dalam Masa Sidang II BPUPKI yakni, bentuk negara, memutuskan tentang wilayah Indonesia, , lembaga yang berwenang membentuk UU, tugas pemerintahan, rancangan hukum dasar, dan pembentukan panitia penghalus bahasa. Pada tanggal 16 Juli sidang menyetujui dan menerima Rancangan Hukum Dasar

Dengan demikian, BPUPKI menyelenggarakan 2 masa sidang, yakni 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945 dan sidang kedua tanggal 10 hingga 16 Juli 1945.

0

Roboguru

Pada 7 September 1944, PM Koiso menjanjikan bahwa Indonesia akan diperkenankan merdeka. Tujuan janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia adalah agar rakyat Indonesia membantu Jepang melawan Sekutu d...

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) diisi oleh 67 orang iin (anggota). BPUPKI dipimpin oleh seorang kaico (ketua) dan dua orang fuku kaico (ketua muda atau wakil ketua). Jepang memilih dr. K.R.T. Radjiman  Wedyodiningrat sebagai ketua dari BPUPKI yang didampingi oleh dua orang ketua muda, yaitu Raden Pandji Soeroso yang berasal dari Indonesia dan Ichibangase Yosio yang merupakan orang Jepang.

Jadi, ketua BPUPKI adalah dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. spacespace

0

Roboguru

Terangkan dampak adanya peresmian BPUPKI tanggal 28 Mei 1945 ....

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa Jepang disebut  Dookoritsu Junbi Coosakai adalah suatu badan bentukan pemerintah Jepang pada masa penjajahan di Indonesia. Badan ini dibentuk tanggal 1 Maret 1945 dan diresmikan pada tanggal 29 April 1945. BPUPKI sidang resmi sebanyak 2 kali yakni tanggal 28 Mei - 1 Juni 1945 yang membahas Dasar Negara serta tanggal 10 - 17 Juli 1945 yang membahas Undang-Undang Dasar. Badan ini dibentuk oleh Jepang bertujuan untuk mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dengan memberikan janji akan membantu proses terealisasikannya kemerdekaan Indonesia. Meskipun demikian, organisasi tersebut memiliki dampak positif bagi persiapan kemerdekaan Indonesia. Melalui sidang BPUPKI tercipta dasar negara, pembukaan undang-undang, dan sebagainya.

Dengan demikian, dampak atas peresmian BPUPKI adalah meningkatkan semangat para pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia serta menghasilkan Dasar Negara dan Undang Undang Dasar 1945.

0

Roboguru

BPUPKI mengadakan sidang pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei 1945 s.d 1 Juni 945 membahas tentang...

Pembahasan Soal:

Kekalahan Jepang dalam perang Pasifik semakin jelas, Perdana Menteri Jepang, Jenderal Kuniaki Koiso, pada tanggal 7 September 1944 mengumumkan bahwa Indonesia akan dimerdekakan kelak, sesudah tercapai kemenangan akhir dalam perang Asia Timur Raya. Dengan cara itu, Jepang berharap tentara Sekutu akan disambut oleh rakyat Indonesia sebagai penyerbu negara mereka, sehingga pada tanggal 1 Maret 1945 pimpinan pemerintah pendudukan militer Jepang di Jawa, Jenderal Kumakichi Harada, mengumumkan dibentuknya suatu badan khusus yang bertugas menyelididki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia, yang dinamakan "Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia" (BPUPKI) atau dalam bahasa Jepang: Dokuritsu Junbi Cosakai. Pembentukan BPUPKI juga untuk menyelidiki, mempelajari dan memepersiapakan hal-hal penting lainnya yang terkait dengan masalah tata pemerintahan guna mendirikan suatu negara Indonesia merdeka. BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali, sidang BPUPKI yang pertama dilakukan pada tanggal 29 Mei 1945 dan berlangsung sampai dengan tanggal 1 Juni 1945, dengan tujuan untuk merumuskan dasar negara Indonesia, membahas bentuk negara Indonesia serta filsafat negara "Indonesia Merdeka".

Dengan demikian, BPUPKI mengadakan sidang pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei 1945 s.d 1 Juni 945 membahas tentang dasar negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Kapan BPUPKI dibentuk....

Pembahasan Soal:

Pendirian Badan Penyelidikan Upaya Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) diumumkan oleh Kumakichi Harada pada tanggal 1 Maret 1945 dengan ketuanya Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI baru diresmikan oleh pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945. BPUPKI pada dasarnya dibentuk untuk mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia. Hal ini adalah upaya Jepang untuk membantu proses kemerdekaan Indonesia. 

Maka, BPUPKI resmi didirikan oleh Jepang pada tanggal 29 April 1945.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved