Roboguru

Pertanyaan

Bonus demografi dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebutkan aspek-aspek yang terpengaruh bonus demografi terkait pertumbuhan ekonomi! 

D. Maya

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan ada beberapa aspek yang bisa dipengaruhi oleh bonus demografi terkait pertumbuhan ekonomi, yaitu kesempatan kerja, pendapatan, tabungan dan investasi, serta sumber daya manusia.

Pembahasan

Bonus demografi merupakan kondisi saat jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak dibandingkan penduduk usia nonproduktif (<15 tahun dan >64 tahun). Bonus demografi ini merupakan keuntungan ekonomis yang disebabkan oleh penurunan angka kelahiran dalam jangka waktu yang panjang. Penurunan ini secara langsung mengurangi beban ketergantungan penduduk usia produktif sehingga sumber daya dapat dialihkan kegunaannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan hidup. Adapun aspek-aspek yang dipengaruhi oleh bonus demografi terkait dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Kesempatan kerja 
    Menurunnya angka kelahiran bayi meningkatkan proporsi penduduk usia kerja/produktif. Selain itu, program keluarga berencana dan antinatalitas lain untuk menghambat angka kelahiran bisa mengurangi beban orang tua untuk mengurus anak dan keluarga. Oleh karena itu, peluang orang tua, khususnya perempuan, untuk beraktivitas di ranah publik makin tinggi. Dengan demikian, orang tua, khususnya perempuan, dapat berkontribusi lebih dalam peningkatan pendapatan nasional. Oleh karena itu, diperlukan lapangan kerja yang memadai agar penduduk mencapai usia produksi dapat bekerja secara menyeluruh dan penyerapan tenaga kerja bertambah besar.
  2. Pendapatan 
    Jika jumlah penduduk produktif lebih besar daripada jumlah penduduk nonproduktif, angka beban hidup yang harus ditanggung penduduk usia produktif berkurang. Akibatnya adalah pendapatan penduduk usia produktif bisa lebih stabil, bahkan bertambah, sehingga dapat mendorong peningkatan pendapatan nasional.
  3. Tabungan dan investasi 
    Dengan adanya penurunan beban ketergantungan dan pendapatan yang cenderung meningkat, penduduk usia produktif mampu memperbesar tabungan mereka untuk mempersiapkan masa pensiun. Tabungan ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi jika dilakukan dalam bentuk investasi secara produktif.
  4. Sumber daya manusia
    Sumber daya manusia yang produktif dan berkualitas menjadi subjek pembangunan pada masa bonus demografi mendatang. Bonus demografi dan pertumbuhan ekonomi bisa berhasil dan tercapai jika sumber daya manusia yang tersedia berkualitas, baik dilihat dari segi pendidikan, kesehatan, dan ekonominya. Oleh sebab itu, pembangunan sumber daya manusia perlu dilakukan secara intensif.

Dengan demikian, dapat disimpulkan ada beberapa aspek yang bisa dipengaruhi oleh bonus demografi terkait pertumbuhan ekonomi, yaitu kesempatan kerja, pendapatan, tabungan dan investasi, serta sumber daya manusia.

387

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bonus demografi sebagai kondisi kependudukan merupakan bagian dari siklus. Dahulu pada tahun 80-an Indonesia didominasi oleh penduduk usia nonproduktif muda (0-15 tahun) yang disebabkan oleh tingkat k...

33

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia