Roboguru

Pertanyaan

Indonesia akan mengalami perpaduan antara bonus demografi dan era Industri 4.0. Tantangan kependudukan makin meningkat. Analisislah keterkaitan dan dampak yang muncul akibat fenomena tersebut! 

S. Fauziyah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berkembangnya era industri 4.0 pada masa bonus demografi bisa menjadi tantangan dan memicu peningkatan kualitas penduduk usia produktif. Hal ini perlu dilakukan agar penduduk usia produktif bisa memiliki keterampilan yang tidak bisa digantikan oleh robot ataupun kecerdasan buatan.

Pembahasan

Industri 4.0 adalah revolusi industri tahap ke-4. Pada era ini, para pengusaha industri atau perusahaan mulai banyak menggunakan robot, mesin, dan kecerdasan buatan dan mulai mengurangi tenaga kerja manusia. Industri 4.0 terjadi bersamaan dengan bonus demografi secara tidak langsung bisa menjadi tantangan tersendiri. Penduduk usia produktif dituntut untuk memiliki keterampilan dan keahlian khusus agar pekerjaannya tidak digantikan oleh mesin atau kecerdasan buatan. 

Kondisi ini dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat, terutama penduduk berusia produktif. Dampak positif dari fenomena ini adalah munculnya berbagai jenis lapangan pekerjaan baru bagi para tenaga ahli, terutama jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan tertentu dan sulit untuk dilakukan oleh mesin/robot, seperti kemampuan berpikir kritis, kemampuan riset, fotografi, dan videografi. Sementara itu, dampak negatif yang akan muncul adalah persaingan mendapatkan pekerjaan untuk penduduk usia produktif makin meningkat karena harus bersaing dengan robot, mesin, dan kecerdasan buatan juga. Dengan demikian, berkembangnya era industri 4.0 pada masa bonus demografi bisa menjadi tantangan dan memicu peningkatan kualitas penduduk usia produktif. Hal ini perlu dilakukan agar penduduk usia produktif bisa memiliki keterampilan yang tidak bisa digantikan oleh robot ataupun kecerdasan buatan.

8

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bonus demografi dapat menguntungkan Indonesia karena negara maju tidak mengalaminya. Manfaat bonus demografi di Indonesia dalam bidang ketenagakerjaan adalah ....

29

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia