Roboguru

Pertanyaan

Bonar melakukan percobaan fermentasi menggunakan ragi dan larutan gula. Rancangan percobaan yang dilakukan Bonar sebagai berikut

Berdasarkan hasil percobaan tersebut dapat diketahui bahwa pada tabung B mengalami perubahan warna larutan menjadi pucat dan tampak memudar. Perubahan tersebut dapat terjadi karena ....

  1. pada tabung B menghasilkan bau seperti bau alkohol

  2. adanya gelembung udara yang dihasilkan pada tabung B

  3. proses fermentasi ragi menghasilkan CO2 yang bersifat basa

  4. proses fermentasi ragi menghasilkan CO2 yang bersifat asam

  5. ragi pada tabung A bergerak menuju tabung B melalui slang karet

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berdasarkan percobaan dapat dikatakan soal ini adalah tentang fermentasi alcohol. Dimana pada tabung A terdapat gelembung udara yang mengandung CO2 yang merupakan hasil dari fermentasi alkohol. pada tabung B diberi Air kapur yang ditetesi phenolphthalein (PP). Indicator PP memiliki trayek pH 8.3 - 10 dengan indikasi tidak berwarna hingga berwarna merah muda. Air kapur dapat menghambat pertumbuhan jamur Saccharomyces cerevisiae yang terdapat pada ragi tersebut. Selain itu ragu juga mengikat CO2 sehingga CO2 tetap ada dalam tabung B. CO2 yang berasal dari tabung A akan masuk kedalam tabung B melalui selang karet yang menyebabkan larutan di tabung B berubah menjadi asam sehingga tabung B berubah menjadi pucat dan lama kelamaan akan memudar.

Berdasarkan grafik diatas bagian S adalah asetil Ko-A yang merupakan hasil reaksi dari  dekarboksilasi oksidatif. Bagian Q adalah salah satu molekul sederhana dari lemak yaitu asam lemak yang dapat di beta oksidasi menjadi asetil Ko-A.

658

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan skema respirasi berikut! Berdasarkan skema tersebut, berapa ATP yang dihasilkan jika 2 molekul asam piruvat memasuki mekanisme A dan B?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia