Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bobi mereaksikan 2 gram bongkahan CaCO 3 ​ dengan 100 mL larutan HCI 2 M. Gas yang dihasilkan diukur tiap waktu. Hasil percobaan ditunjukkan pada grafik 1. Kemudian, dilakukan percobaan lagi dengan bahan yang sama sehingga diperoleh grafik 2. Menurut Anda, apakah Bobi menggunakan katalis dalam percobaan kedua? Jelaskan!

Bobi mereaksikan 2 gram bongkahan dengan 100 mL larutan HCI 2 M. Gas yang dihasilkan diukur tiap waktu. Hasil percobaan ditunjukkan pada grafik 1. Kemudian, dilakukan percobaan lagi dengan bahan yang sama sehingga diperoleh grafik 2.



Menurut Anda, apakah Bobi menggunakan katalis dalam percobaan kedua? Jelaskan!space

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Bobi menggunakan katalis pada percobaan kedua karena dengan jumlah pereaksi yang sama lajunya lebih besar.

Bobi menggunakan katalis pada percobaan kedua karena dengan jumlah pereaksi yang sama lajunya lebih besar. space

Iklan

Pembahasan

Pada grafik reaksi tersebut, dapat dilihat bahwa grafik kedua menghasilkan garis lengkung lalu mendatar yang lebih pendek dari grafik pertama. Hal tersebut menunjukan bahwa pada percobaan kedua waktu yang dibutuhkan oleh reaksi yang terjadi lebih sedikit sampai semua pereaksi habis dan gas H 2 ​ tidak dihasilkan lagi. Oleh karena percobaan 1 dan 2 menggunakan bahan dengan jumlah yang sama, namun pada percobaan 2 dihasilkan reaksi yang lebih sedikit waktunya (lajunya cepat) maka pada percobaan 2 Bobi menggunakan katalis untuk mempercepat laju reaksi yang terjadi. Jadi, Bobi menggunakan katalis pada percobaan kedua karena dengan jumlah pereaksi yang sama lajunya lebih besar.

Pada grafik reaksi tersebut, dapat dilihat bahwa grafik kedua menghasilkan garis lengkung lalu mendatar yang lebih pendek dari grafik pertama. Hal tersebut menunjukan bahwa pada percobaan kedua waktu yang dibutuhkan oleh reaksi yang terjadi lebih sedikit sampai semua pereaksi habis dan gas  tidak dihasilkan lagi. Oleh karena percobaan 1 dan 2 menggunakan bahan dengan jumlah yang sama, namun pada percobaan 2 dihasilkan reaksi yang lebih sedikit waktunya (lajunya cepat) maka pada percobaan 2 Bobi menggunakan katalis untuk mempercepat laju reaksi yang terjadi.

Jadi, Bobi menggunakan katalis pada percobaan kedua karena dengan jumlah pereaksi yang sama lajunya lebih besar. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Emy melakukan percobaan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Dia mereaksikan logam magnesium dengan asam sulfat dan mengukur volume gas hidrogen yang terbentuk. Grafik X untuk...

57

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia