Binaragawan akan menurunkan anak-anak dengan otot rangka yang tebal, keras, dan kuat. Pendapat ini sesuai dengan pemikiran ....

Pertanyaan

Binaragawan akan menurunkan anak-anak dengan otot rangka yang tebal, keras, dan kuat. Pendapat ini sesuai dengan pemikiran ....undefined 

  1. Darwin

  2. Lamarck

  3. Weisman

  4. Cuvier

  5. Aristotelesundefined 

R. Dwi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Pembahasan

Teori evolusi menjelaskan mengenai perkembangan kehidupan makhluk hidup dari tingkat sederhana ke tingkatan yang lebih kompleks yang dikemukakan oleh beberapa ilmuwan dengan konsep dan gagasan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa teori evolusi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

  1. Teori evolusi Charles Darwin
    Charles Darwin mengemukakan teori evolusinya dalam buku yang berjudul On The Origin of Species by Means of Natural Selection. Buku Darwin tersebut mengandung dua teori utama. Pertama, spesies-spesies yang hidup sekarang ini berasal dari spesies-spesies yang hidup dimasa lalu. Kedua, seleksi alam merupakan penyebab evolusi adaptif. Teori evolusi Darwin pada prinsipnya menjelaskan bahwa perubahan pada semua makhluk hidup akan terus terjadi secara terus-menerus sesuai dengan perkembangannya dari generasi ke generasi yang mengarah pada terbentuknya spesies baru, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan mati dan punah.
     
  2. Teori evolusi Lamark
    Teori evolusi Lamark berisi dua gagasan utama. Pertama, gagasan use and disuse atau digunakan dan tidak digunakan. Bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi lebih besar dan kuat. Sementara itu bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran. Kedua, sifat atau ciri-ciri yang diperoleh dari lingkungan selama hidupnya dapat diwariskan kepada keturunannya. Pada konsep pewarisan sifat ini, modifikasi pada organisme yang diperoleh selama hidupnya akan diwariskan pada keturunannya.
     
  3. Teori evolusi Weismann
    Weismann berpendapat bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan pada keturunannya. Evolusi menyangkut pewarisan gen-gen melalui sel-sel kelamin. Hal ini bermakna bahwa evolusi berkaitan dengan gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetik.
     
  4. Teori evolusi Cuvier
    Cuvier mendukung teori Catatropism yang menyatakan bahwa makhluk hidup setiap strata tidak ada hubungan kekerabatan, karena setiap strata terbentuk akibat bencana alam seperti banjir, gempa bumi, maupun kemarau panjang. Jika strata lenyap oleh bencana, akan muncul strata baru dengan makhluk hidup baru yang berpindah dari daerah lain. Berdasarkan fosil hasil temuannya, Cuvier berpendapat bahwa makhluk hidup di lapisan bumi paling atas akan sangat berbeda dengan makhluk hidup di lapisan bumi terbawah.
     
  5. Teori evolusi Aristoteles
    Teori evolusi yang dikemukakannya dikenal dengan teori abiogenesis. Aristoteles mengemukakan tentang perkembangan makhluk hidup dan habitatnya dari tahap sederhana menuju tahapan yang kompleks.Teori tersebut menyatakan bahwa makhluk hidup yang pertama kali di bumi ialah benda mati atau tak hidup yang terjadi secara spontan, misal belatung yang berasal dari daging yang membusuk.
     

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka binaragawan akan menurunkan anak-anak dengan otot rangka yang tebal, keras, dan kuat sesuai dengan teori evolusi Lamark.
undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

590

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi organ adalah ....

2rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia