Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berlatihlah membacakan puisi tersebut dengan memperhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi! Doa (Karya Amir Hamzah) Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku? Dengan senja samar sepoi, pada masa purnama meningkat naik, setelah menghalaukan panas payah terik. Angin malam mengembus lemah, menyejuk badan, melambung rasa menayang pikir, membawa angan ke bawah kursimu. Hatiku terang menerima katamu, bagai bintang memasang lilinnya. Kalbuku terbuka rnenunggu kasihmu, bagai sedap malam menyirak kelopak. Aduh, kekasihku, isi hatiku dengan katamu, penuhi dadaku dengan cahayamu, biar bersinar mataku sendu, biar berbinar gelakku rayu!

Berlatihlah membacakan puisi tersebut dengan memperhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi!space 


Doaspace 
(Karya Amir Hamzah)space 

    Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita,space 
kekasihku?space 
    Dengan senja samar sepoi, pada masa purnamaspace 
meningkat naik, setelah menghalaukan panas payah terik.space 
    Angin malam mengembus lemah, menyejuk badan,space 
melambung rasa menayang pikir, membawa anganspace 
ke bawah kursimu.space 
    Hatiku terang menerima katamu, bagai bintangspace 
memasang lilinnya.space 
    Kalbuku terbuka rnenunggu kasihmu, bagai sedapspace 
malam menyirak kelopak.space 
    Aduh, kekasihku, isi hatiku dengan katamu, penuhispace 
dadaku dengan cahayamu, biar bersinar mataku sendu,space 
biar berbinar gelakku rayu!space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembacaan puisi disebut dengan deklamasi puisi. Saat mendeklamasikan puisi, seseorang harus memperhatikan teknik pembacaan puisi yang benar dan tepat. Di antara teknik yang harus diperhatikan itu adalah lafal intonasi, dan ekspresi. Ketiga aspek tersebut adalah µnsur penting dalam pembacaan puisi karena menyangkut cara pembaca puisi dalam menyampaikan makna puisi yang dibacanya kepada pendengar atau penonton. Lafal atau pelafalan adalah cara mengucapkan kata-kata dalam puisi. Kegiatan tersebut dapat diawali dengan melafalkan semua bunyi huruf vokal Kemudian melafalkan semua bunyi konsonan. Vokal atau huruf hidup (dalam fonetik) adalah suara di dalam bahasa lisan yang dicirikhaskan dengan pita suara yang terbuka sehingga tidak ada tekanan udara yang terkumpul di atas glotis, seperti huruf a, i, u, e, dan o . lntonasi adalah perubahan nada seperti naik-turun dan tinggi-rendahnya suara . Intonasi juga berkaitan dengan jeda antarkata, antarbaris, dan antarparagraf. lntonasi yang baik menggantikan peran tanda baca dalam tulisan; seperti koma, titik, tanda tanya, atau tanda seru. Ekspresi adalah raut wajah dan gerak tubuh yang menunjukkan perasaan pembaca puisi. Kegiatan ekspresi dapat dilakukan melalui kegiatan membaca berulang-ulang dan memahami isi puisi yang akan dibacakan. Setelah itu, pembaca puisi menghayati isi puisi tersebut dan berlatih memainkan raut muka dan gerak tubuh yang sesuai dengan isi puisi di depan cermin agar kita dapat menilai, apakah ekspresi yang ditunjukkan sudah sesuai atau belum sesuai.

Pembacaan puisi disebut dengan deklamasi puisi. Saat mendeklamasikan puisi, seseorang harus memperhatikan teknik pembacaan puisi yang benar dan tepat. Di antara teknik yang harus diperhatikan itu adalah lafal intonasi, dan ekspresi. Ketiga aspek tersebut adalah µnsur penting dalam pembacaan puisi karena menyangkut cara pembaca puisi dalam menyampaikan makna puisi yang dibacanya kepada pendengar atau penonton.

  1. Lafal atau pelafalan adalah cara mengucapkan kata-kata dalam puisi. Kegiatan tersebut dapat diawali dengan melafalkan semua bunyi huruf vokal Kemudian melafalkan semua bunyi konsonan. Vokal atau huruf hidup (dalam fonetik) adalah suara di dalam bahasa lisan yang dicirikhaskan dengan pita suara yang terbuka sehingga tidak ada tekanan udara yang terkumpul di atas glotis, seperti huruf a, i, u, e, dan o.
  2. lntonasi adalah perubahan nada seperti naik-turun dan tinggi-rendahnya suara. Intonasi juga berkaitan dengan jeda antarkata, antarbaris, dan antarparagraf. lntonasi yang baik menggantikan peran tanda baca dalam tulisan; seperti koma, titik, tanda tanya, atau tanda seru.
  3. Ekspresi adalah raut wajah dan gerak tubuh yang menunjukkan perasaan pembaca puisi. Kegiatan ekspresi dapat dilakukan melalui kegiatan membaca berulang-ulang dan memahami isi puisi yang akan dibacakan. Setelah itu, pembaca puisi menghayati isi puisi tersebut dan berlatih memainkan raut muka dan gerak tubuh yang sesuai dengan isi puisi di depan cermin agar kita dapat menilai, apakah ekspresi yang ditunjukkan sudah sesuai atau belum sesuai.undefined

Latihan Bab

Unsur Pembangun Puisi

Menganalisis Puisi

Menulis Puisi

Mendemonstrasikan Puisi

577

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan langkah membuat musikalisasi puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2! Memilih dan membaca puisi yang akan dimusikalisasi dengan teliti. Memahami keseluruhan isi puisi beser...

87

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia