Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan intonasi dan mimik saat mendeklamasikan puisi?

Apa yang dimaksud dengan intonasi dan mimik saat mendeklamasikan puisi? 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

intonasi adalahnaik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Mimik adalahekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan.

intonasi adalah naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Mimik adalah ekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan.   

Iklan

Pembahasan

Deklamasi puisi adalah membaca puisi tanpa menggunakan teks. Pengertian deklamasi menurut KBBI adalah penyajian sajak yang disertai lagu dan gaya. Orang yang mendeklamasikan puisi biasanya menghafal teksnya terlebih dahulu. Dalam mendeklamasikan puisi, kita memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Saat mendeklamasikan puisi, kita perlu memperhatikan mimik dan intonasi. Mimik adalahekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan . Membacakan puisi harus memperhatikangerak mimik. Gerak mimik digunakan untuk menunjukkan ekspresi atas penghayatan dari puisi yang dibacakan. Sedangkan intonasi merupakan naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Sama seperti unsur-unsur lainnya, intonasi juga tak kalah penting. Ini karena intonasilah yang akan menentukan bagaimana perasaan pendengar terhadap puisi dan akan memberikan keindahan pada puisi yang dibaca. Dengan demikian, intonasi adalahnaik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Mimik adalahekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan.

Deklamasi puisi adalah membaca puisi tanpa menggunakan teks. Pengertian deklamasi menurut KBBI adalah penyajian sajak yang disertai lagu dan gaya. Orang yang mendeklamasikan puisi biasanya menghafal teksnya terlebih dahulu. Dalam mendeklamasikan puisi, kita memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan.

Saat mendeklamasikan puisi, kita perlu memperhatikan mimik dan intonasi. Mimik adalah ekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan. Membacakan puisi harus memperhatikan gerak mimik. Gerak mimik digunakan untuk menunjukkan ekspresi atas penghayatan dari puisi yang dibacakan. Sedangkan intonasi merupakan naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Sama seperti unsur-unsur lainnya, intonasi juga tak kalah penting. Ini karena intonasilah yang akan menentukan bagaimana perasaan pendengar terhadap puisi dan akan memberikan keindahan pada puisi yang dibaca.undefined 

Dengan demikian, intonasi adalah naik turunnya nada dalam pembacaan puisi. Mimik adalah ekspresi penghayatan dari puisi yang dibacakan.   

Latihan Bab

Unsur Pembangun Puisi

Menganalisis Puisi

Menulis Puisi

Mendemonstrasikan Puisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berlatihlah membacakan puisi tersebut dengan memperhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi! Doa (Karya Amir Hamzah) Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku? Dengan senja samar s...

618

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia