Roboguru

Berkembangnya globalisasi memicu gaya hidup konsumtif pada masyarakat Indonesia. Hal ini bertentangan dengan prinsip hidup sederhana yang dijunjung tinggi oleh masyarakat pada umumnya. Dalam kondisi itu, timbullah konflik yang disebabkan oleh ….

Pertanyaan

Berkembangnya globalisasi memicu gaya hidup konsumtif pada masyarakat Indonesia. Hal ini bertentangan dengan prinsip hidup sederhana yang dijunjung tinggi oleh masyarakat pada umumnya. Dalam kondisi itu, timbullah konflik yang disebabkan oleh …. undefined

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Pembahasan Soal:

Konflik menurut Gillin dan Gillin didefinisikan sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan karena adanya perbedaan-perbedaan emosi, fisik, perilaku, maupun kebudayaan. Munculnya konflik di masyarakat disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

  1. Perbedaan individu. Setiap manusia memiliki perasaan, pendirian, minat dan keinginan yang berbeda dengan individu lain. Adanya perbedaan tersebut memicu munculnya konflik di masyarakat. 
  2. Perbedaan kepentingan. Perbedan kepentingan baik individu maupun kelompok seperti kepentingan ekonomi, (persaingan usaha) atau kepentingan politik (perebutan kekuasaan) dapat memicu munculnya konflik dalam masyarakat.
  3. Perbedaan kebudayaan. Kelompok memiliki peran dalam pembentukan kepribadian seseorang sehingga secara sadar maupun tidak sadar seseorang akan terpengaruhi oleh pemikiran dan pandangan kelompoknya. Apabila seseorang berinteraksi dengan kelompok lain yang berbeda pemikiran atau pandangan dan tidak bisa menerima perbedaan tersebut maka akan memicu munculnya konflik dalam masyarakat.
  4. Perubahan sosial. Masyarakat akan selalu berubah dan berkembang seiring dengan perubahan aman, kebutuhan, maupun pengetahuan. Adanya perubahan tentu akan mempengaruhi cara pandang sebagian anggota masyarakat mengenai nilai, norma, dan pola perilaku masyarakat. Apabila perubahan berlangsung dengan cepat dan meluas maka akan muncul perilaku yang dianggap bertentangan dengan kebudayaan masyarakat setempat sehingga dapat memicu konflik dalam masyarakat,

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah konflik yang disebabkan faktor perubahan sosial.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved