Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berilah tanda centang ( ν ) jika pernyataan berikut benar dan tanda silang (x) jika pernyataannya salah! (...) Jika 3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Hal ini sesuai dengan hukum Gay Lussac.

Berilah tanda centang ()  jika pernyataan berikut benar dan tanda silang (x) jika pernyataannya salah!

(...) Jika 3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Hal ini sesuai dengan hukum Gay Lussac.space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan pada soal adalah benar .

pernyataan pada soal adalah benar.space

Iklan

Pembahasan

( ν ) Jika 3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Hal ini sesuai dengan hukum Gay Lussac. Ilmu kimia mengenali lima jenis hukum dasar kimia, salah satunya adalah hukum Gay Lussac yang menyatakan bahwa" pada suhu dan tekanan sama, perbandingan volume gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi merupakan bilangan bulat sederhana ". Hukum ini juga disebut sebagai hukum perbandingan volume. Berdasarkan pernyataan pada soal jika3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Reaksi pembentukan amonia dari gas hidrogen dan nitrogen dapat dituliskan sebagai berikut: N 2 ​ ( g ) + 3 H 2 ​ ( g ) → 2 NH 3 ​ ( g ) Koefisien gas N 2 ​ : 1 Koefisien gas H 2 ​ : 3 Koefisien gas NH 3 ​ : 2 Menurut hukum Gay Lussac yang dapat dituliskan juga sebagai: perbandingan volume = perbandingan koefisien, maka jika3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Oleh karena itu, pernyataan pada soal adalah benar .

() Jika 3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Hal ini sesuai dengan hukum Gay Lussac.

Ilmu kimia mengenali lima jenis hukum dasar kimia, salah satunya adalah hukum Gay Lussac yang menyatakan bahwa "pada suhu dan tekanan sama, perbandingan volume gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi merupakan bilangan bulat sederhana". Hukum ini juga disebut sebagai hukum perbandingan volume.

Berdasarkan pernyataan pada soal jika 3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Reaksi pembentukan amonia dari gas hidrogen dan nitrogen dapat dituliskan sebagai berikut:

  • Koefisien gas     : 1
  • Koefisien gas     : 3
  • Koefisien gas  : 2

Menurut hukum Gay Lussac yang dapat dituliskan juga sebagai: perbandingan volume = perbandingan koefisien, maka jika 3 L gas hidrogen direaksikan dengan 1 L gas nitrogen akan menghasilkan 2 L gas amonia. Oleh karena itu, pernyataan pada soal adalah benar.space

Latihan Bab

Hukum Kekekalan Massa

Hukum Perbandingan Massa

Hukum Perbandingan Volume

Konsep Kilat

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gas butena ( C 4 ​ H 8 ​ ) yang volumenya 500 mL dibakar sempurna dengan gas oksigen menurut persamaan reaksi: C 4 ​ H 8 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) → CO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( g ) Tentukan: volu...

881

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia