Roboguru

Berilah nama senyawa secara IUPAC.

Berilah nama senyawa secara IUPAC.

begin mathsize 14px style Fe open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style 

Jawaban:

Senyawa ionik poliatom adalah senyawa yang berasal dari ion-ion poliatom, yaitu ion yang terdiri atas dua atau lebih atom-atom yang terikat bersama membentuk ion-dengan ikatan kovalen. Penamaan senyawa ionik poliatom adalah gabungan dari nama kation, anion, dan angka indeks tidak disebutkan. Senyawa ionik poliatom yang mengandung kation golongan transisi lazimnya menyertakan biloks kation logam tersebut.

begin mathsize 14px style Fe open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style adalah senyawa ionik poliatom yang mengandung kation golongan transisi yaitu begin mathsize 14px style Fe to the power of 3 plus sign end style dan anion poliatom begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style

  • Biloks kation Fe adalah +3, maka biloksnya ditulis menjadi (III) dan nama kation Fe adalah besi.
  • Nama anion begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style adalah hidroksida.

Oleh karena itu nama senyawa begin mathsize 14px style Fe open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style adalah besi (III) hidroksida.


Jadi, nama IUPAC untuk senyawa begin mathsize 14px style Fe open parentheses O H close parentheses subscript 3 end style adalah besi (III) hidroksida.

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved