Roboguru

Berilah nama senyawa berikut dengan cara lama dan sistem stock (IUPAC)

Pertanyaan

Berilah nama senyawa berikut dengan cara lama dan sistem stock (IUPAC)
 

Ni open parentheses Cl O subscript 4 close parentheses subscript 2 

Pembahasan Soal:

Penamaan senyawa ionik poliatom dilakukan dengan cara menuliskan nama kation (ion positif) diikuti nama anion (ion negatif).

Menurut cara lama, unsur logam yang memiliki dua macam bilangan oksidasi dibedakan dengan menambahkan akhiran “o” untuk logam yang memiliki bilangan oksidasi kecil dan akhiran “i” untuk unsur yang memiliki bilangan oksidasi besar. Misalnya:
Fe to the power of 3 plus sign = ion feri
Fe to the power of 2 plus sign = ion fero

Sementara menurut sistem Stock, unsur logam dengan lebih dari satu macam bilangan oksidasi, dibelakang unsur tersebut ditambahkan angka romawi yang diberi tanda kurung tanpa spasi yang menyatakan bilangan oksidasinya. Misalnya:
Fe to the power of 3 plus sign = ion besi(III)
Fe to the power of 2 plus sign = ion besi(II)

Senyawa Ni open parentheses Cl O subscript 4 close parentheses subscript 2 merupakan senyawa ion poliatom yang terdiri dari ion Ni to the power of 2 plus sign (nikel) dan ion Cl O subscript 4 to the power of minus sign (perklorat). Nikel merupakan logam golongan B yang memiliki biloks lebih dari satu, namun bilangan oksidasi yang paling umum adalah +2, sehingga dengan cara lama maupun sistem Stock senyawa tersebut memiliki nama yang sama yaitu nikel(II) perklorat. 

Maka, senyawa Ni open parentheses Cl O subscript 4 close parentheses subscript 2 dengan cara lama dan sistem Stock adalah nikel(II) perklorat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved