Roboguru

Berilah contoh dampak globalisasi terhadap lunturnya nilai dan norma dalam masyarakat!

Pertanyaan

Berilah contoh dampak globalisasi terhadap lunturnya nilai dan norma dalam masyarakat!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dampak globalisasi yang  dapat melunturkan budaya bangsa contohnya yaitu:

Pergaulan Bebas

Nilai dan norma di Indonesia menjunjung tinggi pergaulan yang sopan antara laki-laki dan perempuan, tidak terlalu bebas. 

Cara Berpakaian Kebarat-baratan
Norma sosial di Indonesia mengajarkan untuk berpakaian sopan, tidak menunjukkan lekuk tubuh dan semi tertutup pada acara dan tempat publik. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Meningkatnya pemanasan global (global warming) mendorong berbagai negara berupaya mengatasi permasalahan lingkungan tersebut, termasuk Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan Indonesia untuk ...

Pembahasan Soal:

Meningkatnya masalah global di era globalisasi bisa dilihat dari upaya berbagai negara dalam mengatasi global warming. Salah satu yang bisa dilakukan Indonesia agar mencegah global warming adalah dengan mengoptimalkan pelestarian dan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia, karena dengan itu global warming bisa diminimalisir.

Dengan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.mengoptimalkan pelestarian dan fungsi hutan sebagai paru-paru duniaundefined 

0

Roboguru

Sebutkan kecenderungan yang terjadi sebagai akibat globalisasi di negara berkembang!

Pembahasan Soal:

Globalisasi selain memudahkan hubungan komunikasi, transportasi, pertukaran tekologi dan kebudayaan antarnegara, juga menuntut negara-ngara untuk memiliki keampuan bersaing dalam kehidupan global.

Bagi negara-negara yang siap dan mampu bersaing, globalisasi dapat memberikan keuntungan. Namun, bagi negara-ngara berkembang yang belum siap, karena ketertingalan dalam kepemilikan modal, teknologi dan sumberdaya manusia, akan menimbulkan hambatan dan permasalahan, seperti tingginya tingkat konsumsi terhadap barang-barang impor, sulitnya memproteksi industri lokal dan lain sebagainya.

Ketidakmampuan dalam memasuki persaingan global, akan membuat negara-ngara berkembang akan memiliki kecenderungan mengalami westernisasi (kebarat-baratan) yaitu hanya bergaya, mengonsumsi budaya negara maju tapi tidak memiliki kemajuan itu sendiri, dan kedua mengalami ketergantungan (dependensi) terhadap barang, investasi dan teknologi dari negara-negara maju.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka kecenderungan yang terjadi karena adanya globalisasi bagi negara berkembang adalah westernisasi (kebarat-baratan) dan dependensi (ketergantungan).

0

Roboguru

Pada era globalisasi saat ini memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pariwisata ke berbagai negara di dunia. Salah satunya, yaitu aktivitas wisatawan asing yang melakukan perjalanan wisata ke ...

Pembahasan Soal:

Karakteristik globalisasi meliputi perubahan dalam konsep ruang dan waktu, ketergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara berbeda, peningkatan interaksi kultural, dan meningkatnya masalah bersama. Berdasarkan kasus di atas, globalisasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pariwisata ke berbagai negara merupakan salah satu aktivitas yang dapat menimbulkan masalah global. Masalah global tersebut, yaitu salah satunya tragedi bom Bali yang memakan korban jiwa baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Dapat dikatakan bahwa tragedi bom Bali yang memiliki hubungan dengan aksi terorisme tersebut, merupakan salah satu bentuk masalah global yang dapat mengganggu stabilitas keamanan suatu negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi virus covid-19 salah satunya, yaitu dapat meningkatkan terjadinya tindak kejahatan di masyarakat. Menurunnya aktivitas masyarakat akibat dari merebaknya pan...

Pembahasan Soal:

Salah satu karakteristik globalisasi, yaitu meningkatnya masalah bersama di era globalisasi. Berdasarkan kasus di atas, pandemi virus covid-19 merupakan salah satu bentuk masalah bersama yang dapat memberikan dampak secara global. Hal ini dapat dilihat dari maraknya kasus pencurian dan perampokan yang memanfaatkan situasi pandemi untuk melakukan tindak kejahatan. Seperti halnya, seorang pencuri yang melakukan aksi pencurian dengan berpura-pura sebagai petugas covid-19 merupakan salah satu bentuk dari tindakan kriminalitas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Dampak globalisasi terhadap komunitas lokal apabila masyarakat kurang selektif adalah ....

Pembahasan Soal:

Globalisasi dapat menimbulkan dampak bagi komunitas lokal yang berupa kemerosotan moral dan hilangnya kemerdekaan kreativitas. Hal tersebut dapat terjadi apabila masyarakat kurang selektif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Aundefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved