Roboguru

Berikut yang merupakan bagian dari faktor internal yang mempengaruhi perubahan ...

Pertanyaan

Berikut yang merupakan bagian dari faktor internal yang mempengaruhi perubahan ...

  1. Perubahan penduduk

  2. Faktor alam

  3. Konsep Diakronik

  4. Kebudayaan masyarakat lain

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah bagian tak terpisahkan dalam sejarah. Sejarah terdiri dari perubahan-perubahan dan keberlanjutan. Perubahan sendiri dapay merupakan sebuah peristiwa sejarah. Perubahan dapat berupa perubahan bentuk pemerintahan, penemuan baru, perubahan nilai budaya dan sebagainya. Perubahan dapat membawa dari satu periode ke periode lain. Perubahan dapat berlangsung secara cepat dan mendadak (revolusi) atau bertahap dan dalam waktu lama (evolusi). Ada beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya suatu perubahan. Faktor-faktor itu masuk ke dalam dua kategori, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal perubahan, yaitu:

  1. bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk,
  2. penemuan-penemuan baru,
  3. pertentangan dalam masyarakat, dan
  4. pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat.

Sedangkan, faktor eksternal perubahan adalah sebagai berikut.

  1. Lingkungan fisik.
  2. Peperangan.
  3. Pengaruh kebudayaan asing.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor internal yang mempengaruhi terjadinya perubahan adalah ...

Pembahasan Soal:

Perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Perubahan dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak mengikuti perkembangan kehidupan masyarakat. Sedangkan berkelanjutan dapat diartikan sebagai rangkaian peristiwa yang saling terkait dan berlanjut. Hal ini dikarenakan kehidupan manusia tidak lepas dari apa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang sehingga setiap peristiwa yang terjadi tidak dapat berdiri sendiri dan saling terkait satu dengan yang lain. Perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah dipengaruhi dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari masyarakatnya itu sendiri, antara lain:

  1. perubahan penduduk, yaitu bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk,
  2. perkembangan teknologi mendorong timbulnya penemuan-penemuan baru yang menyebabkan perubahan dalam masyarakat,
  3. terjadinya konflik dalam masyarakat menyebabkan terjadinya perubahan ikatan sosial di masyarakat, dan
  4. terjadinya pemberontakan menyebabkan perubahan struktur pemerintahan yang berimbas pada perubahan kehidupan masyarakat.

Faktor eksternal adalah faktor-kator pendukung dari luar masyarakat yang mendorong terjadinya perubahan sosial, di antaranya, yaitu:

  1. perubahan alam yang ada di sekitar masyarakat,
  2. terjadinya peperangan, dan
  3. pengaruh kebudayaan bangsa lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Adanya pertentangan antara golongan muda dan golongan tua terkait masalah kemerdekaan Indonesia merupakan contoh perubahan dalam hal ....

Pembahasan Soal:

Pertentangan antara golongan muda dan golongan tua terkait masalah kemerdekaan Indonesia merupakan contoh perubahan dalam hal pertentangan dalam masyarakat. Pertentangan itu bisa terkait masalah nilai, norma, politik, etnik, dan agama. Selain itu, pertentangan tersebut dapat terjadi antarindividu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Contohnya, adanya pertentangan antara golongan muda dan tua dalam memproklamasikan kemerdekaan yang nantinya berakhir dengan peristiwa Rengasdengklok.undefined  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perubahan dalam kehidupan manusia juga ditentukan oleh beberapa faktor, yakni intern dan ektern yang bersumber dalam masyarakat itu sendiri yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Jelaskan fakto...

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah ketika masyarakat membentuk praktik yang baru dan berbeda sama sekali dengan praktik sebelumnya. Lebih jelasnya perubahan dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat dan membuat perbedaan. Perubahan dapat terjadi secara cepat maupun lambat. 

Perubahan yang masuk kategori peristiwa sejarah adalah perubahan yang memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat.Contoh konsep perubahan nusantara yang berjaya karena kerajaan-kerajaan besar lalu akhirnya datang masa penjajahan, setelah lama dijajah Indonesia akhirnya merdeka. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan adalah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal penyebab perubahan adalah sebagai berikut.

  1. Perubahan jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang bertambah akan mempengaruhi lembaga kemasyarakatan.
  2. Penemuan & penemuan baru. Adanya penemuan baru dari suatu unsur kebudayaan baru  dapat menyebabkan pula perubahan. 
  3. Konflik dalam masyarakat. Pertentangan dapat terjadi antar individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, konflik dalam masyarakat. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Pemberontakan petani Banten 1888. Pemberontakan Pangeran Diponegoro 1825. Revolusi Perancis yang terjadi pada tahun 1789. Reunifikasi Jerman yang terjadi pada...

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari :

  1. bertambah dan berkurangnya penduduk yang diakibatkan bencana alam atau wabah/endemi/pandemi
  2. penemuan-penemuan baru yang meliputi invention atau penemuan dari suatu unsur kebudayaan baru yang sudah diakui, diterima, dan diterapkan oleh masyarakat dan discovery penemuan unsur kebudayaan baru, baik berupa alat maupun gagasan.
  3. pertentangan dalam masyarakat
  4. terjadinya pemberontakan atau revolusi pada masyarakat seperti : pemberontakan yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro pada tahun 1825 memantik pergolakan dan perlawanan di daerah lain salah satunya adalah pemberontakan petani Banten pada tahun 1888, Revolusi Perancis yang mengubah sistem dan kultur perpolitikkan di Eropa dan yang terakhir adalah reunifikasi  Jerman yang terjadi pada 1990 yaitu penyatuan kembali antara Jerman Barat dan Jerman Timur membentuk kesatuan yang Jerman.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E
 

0

Roboguru

Salah satu factor intern yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah perubahan penduduk. Perubahan penduduk berarti bertambah dan berkurangnya penduduk dalam suatu masyarakat. Hal tersebut bis...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial merupakan perubahan unsur dan perilaku manusia dalam lingkungan masyarakat dari sebuah keadaan yang dialami sekarang hingga ke keadaan yang lain. Perubahan dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor :
Faktor Internal:

  1. Perubahan aspek demografi (Kelahiran dan Kematian)
  2. Konflik antar-kelompok dalam masyarakat
  3. Terjadinya gerakan sosial atau pemberontakan  
  4. Penemuan-penemuan baru

Faktor Eksternal

  1. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
  2. Perang antar negara maupun sesama
  3. Adanya perubahan lingkungan alam

Terjadinya perubahan penduduk berarti bertambah atau berkurang nya penduduk dalam suatu masyarakat merupakan faktor internal, karena perubahan tersebut berusmber dari dalam masyarakat itu sendiri bukan pengaruh dari budaya maupun masyarakat lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved