Roboguru

Berikut yang bukan termasuk tokoh punakawan yang menjadi bentuk akulturasi dalam kisah Mahabharata adalah ....

Pertanyaan

Berikut yang bukan termasuk tokoh punakawan yang menjadi bentuk akulturasi dalam kisah Mahabharata adalah ....

  1. Gareng

  2. Hanoman

  3. Bagong

  4. Semar

  5. Petruk 

Pembahasan Soal:

Berikut ini tokoh Punakawan yaitu :

  1. Semar. Semar dikisahkan sebagai abdi tokoh utama dalam cerita Sahadewa dari keluarga Pandawa. namun bukan hanya sebagai abdi, namun Semar juga kerap kali memberikan nasihat-nasihat bijaksananya untuk keluarga Pandawa. Semar digambarkan sebagai tokoh yang sabar dan bijaksana. Kepala dan pandangan Semar selalu menghadap ke atas, karena menggambarkan kehidupan manusia agar selalu mengingat Sang Kuasa. Kain yang dipakai sebagai baju oleh Semar, yakni kain Semar Parangkusumorojo merupakan perwujudan supaya memayuhayuning banowo atau menegakkan keadilan dan kebenaran di bumi. Di kalangan spiritual Jawa, Semar dianggap sebagai symbol ke-Esaan.
  2. Gareng. Dalam cerita pewayangan, Gareng adalah anak Gandarwa (sebangsa jin) yang diangkat anak oleh Semar. Pancalparnor adalah nama lain Gareng yang artinya menolak godaan kehidupan duniawi. Gareng memiliki kaki pincang, mengajarkan agar selalu barhati-hati dalam bertindak.
  3. Petruk. Petruk digambarkan sebagai sosok yang gemar bercanda, baik melalui ucapan ataupun tingkah laku. Ia adalah anak ke dua yang diangkat oleh Semar. Nama lain dari Petruk adalah  Kanthong Bolong, yang artinya suka berdema. Sebagai punakawan, ia adalah sosok yang bisa mengasuh, merahasiakan masalah, pendengar yang baik, dan selalu membawa manfaat bagi orang lain.
  4. Bagong. Bagong merupakan tokoh pewayangan yang humoris, suka bertingkah bodoh kepada temannya, dengan sedikit agak lancang. Namun dibalik itu, bagong merupakan tokoh yang menyenangkan, sederhana dan tidak kagum pada kehidupan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan Upacara Sheba?

Pembahasan Soal:

Upacara Seba adalah peraturan adat yang bermakna sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang dihasilkan selama satu tahun dan ungkapan terima kasih serta penghormatan Suku Baduy kepada Pemimpin daerah yang berlaku dengan cara mendatangi kantor pemerintah setempat dan memberikan pajak atas hasil bumi yang sudah dipanen. Pada saat berangkat menuju kantor pemerintah daerah, suku baduy luar mendatangi kantor pemerintah daerah dengan menaiki kendaraan sedangkan suku baduy dalam berjalan kaki.

Dengan demikian, upacara seba adalah upacara yang dilakukan suku baduy sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen dengan mendatangi kantor pemerintahan daerah lalu memberikan pajak kepada pemimpin daerah.

0

Roboguru

Unsur-unsur budaya asli Nusantara tetap memberikan ciri tersendiri dalam seni pertunjukan wayang. Hal ini terlihat dengan dimasukkannya tokoh-tokoh baru yang kita kenal dengan sebutan Punakawan. Tokoh...

Pembahasan Soal:

Seni pertunjukan wayang tidak seluruhnya merupakan budaya atau cerita yang sepenuhnya berasal dari India. Unsur-unsur budaya asli Nusantara tetap memberikan ciri tersendiri dalam seni pertunjukan wayang. Hal ini terlihat dengan dimasukkannya tokoh-tokoh baru yang kita kenal dengan sebutan Punakawan. Tokoh-tokoh punakawan seperti Bagong, Petruk dan Gareng atau dalam wayang golek disebut Astrajingga atau Cepot, Dewala dan Gareng.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Bagaimana tata busana yang digunakan pada rangkaian Upacara Sheba?

Pembahasan Soal:

Dalam upacara Seba, penduduk Baduy terbagi menjadi 2 penduduk yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Baju adat yang dipakai dalam upacara Sheba merupakan baju adat yang dipakai dalam keseharian suku Baduy seperti Suku Baduy Dalam yang menggunakkan ikat kepala putih, baju putih lengan panjang tanpa kerah dan jahitan, tas buntalan putih dan sarung hitam. Sedangkan untuk Baduy Luar, mereka menggunakkan ikat kepala berwarna hitam dengan corak batik, baju lengan Panjang hitam tanpa kerah serta dengan kancing, celana pendek selutut warna hitam, dan tas yang terbuat dari kulit kayu.

Dengan demikian, baju yang digunakan suku baduy dalam upacara seba adalah putih untuk baduy dalam dan hitam untuk baduy luar

0

Roboguru

Masuknya Hindu-Buddha turut mempengaruhi perkembangan kesenian wayang di Indonesia. Pertunjukan wayang pada masa Hindu-Buddha menceritakan tentang ,,,

Pembahasan Soal:

Wayang merupakan budaya asli Indonesia yang berakulturasi dengan kebudayaan Hindu-Buddha. Dalam hal ini cerita wayang indonesia diadaptasi dari India, namun demikian terdapat perbedaan hakiki dalam Cerita Mahabarata dan Ramayana di India di anggap benar-benar terjadi dalam jalur mitos, legenda, dan sejarah. Sedangkan di Indonesia, cerita Mahabarata atau Ramayana dikisahkan mengenai perilaku watak manusia dalam mencapai tujuan hidup, baik lahir maupun batin.

Dengan demikan, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini!   Sumber: https://indonesia.go.id/ragam/seni/seni/wayang-purwa-dari-batu-hingga-orang Hubungan antara gambar di atas dengan masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia...

Pembahasan Soal:

Pertunjukan wayang merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia dan pertunjukan wayang tersebut sangat digemari terutama oleh masyarakat Jawa. Wujud akulturasi dalam pertunjukan wayang tersebut terlihat dari pengambilan lakon cerita dari kisah Ramayana maupun Mahabarata yang berasal dari budaya India, tetapi tidak sama persis dengan aslinya karena sudah mengalami perubahan.Wayang sebenarnya dikenal sejak zaman prasejarah dari sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Perubahan tersebut antara lain terletak dari karakter atau perilaku tokoh-tokoh cerita misalnya dalam kisah Mahabarata keberadaan tokoh Durna, dalam cerita aslinya Dorna adalah seorang mahaguru bagi Pandawa dan Kurawa dan berperilaku baik, tetapi dalam lakon di Indonesia Dorna adalah tokoh yang berperangai buruk suka menghasut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved