Roboguru

Berikut peristiwa kimia dalam kehidupan sehari-hari. (1) Penambahan etilena glikol ke dalam radiator mobil. (2) Desalinasi air laut. Kedua contoh tersebut berkaitan dengan sifat koligatif larutan secara berturut-turut adalah ....

Pertanyaan

Berikut peristiwa kimia dalam kehidupan sehari-hari.

(1) Penambahan etilena glikol ke dalam radiator mobil.

(2) Desalinasi air laut.

Kedua contoh tersebut berkaitan dengan sifat koligatif larutan secara berturut-turut adalah ....space 

  1. penurunan tekanan uap dan tekanan osmotik space 

  2. tekanan osmotik dan kenaikan titik didih space 

  3. kenaikan titik didih dan penurunan titik beku space 

  4. penurunan titik beku dan osmosis balik space 

  5. penurunan titik beku dan kenaikan titik didih space 

Pembahasan Soal:

Penambahan etilena glikol ke dalam radiator mobil merupakan penerapan dari sifat koligatif larutan yakni penurunan titik beku. Penambahan etilen glikol ini berfungsi agar air radiator mobil tidak membeku pada suhu dingin.

Sementara proses desalinasi air laut merupakan penerapan dari osmosis balik. Osmosis balik digunakan untuk membuat air murni dari air laut dengan cara memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar dari tekanan osmotiknya.

Dengan demikian, kedua contoh tersebut berkaitan dengan sifat koligatif larutan secara berturut-turut adalah penurunan titik beku dan osmosis balik.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel contoh penerapan sifat koligatif dan sifat koligatifnya. Pasangan data yang berhubungan dengan tepat adalah data nomor ...

Pembahasan Soal:

Sifat koligatif larutan adalah sifat fisis larutan yang hanya dipengaruhi oleh jumlah partikel zat terlarut di dalam larutan, dan tidak dipengaruhi oleh sifat dari zat terlarut. Sifat koligatif larutan meliputi: penurunan tekanan uap (Δp), kenaikan titik didih (ΔTb), penurunan titik beku (ΔTf), tekanan osmotik (π)

penerapan 1: Desalinasi air laut menjadi air tawar. Contoh ini merupakan penerapan sifat koligatif larutan yaitu perubahan Tekanan Osmosis. Tekanan osmosis adalah tekanan yang menyebabkan kecenderungan zat terlarut untuk menyebar ke bagian yang memiliki konsentrasi rendah, dalam proses yang disebut dengan "osmosis". (tidak tepat)

penerapan 2 : Penggunaan garam dapur pada pembuatan es puter merupakan penerapan dari sifat koligatif yaitu penurunan titik beku. Penurunan titik beku adalah selisih antara titik beku pelarut dan titik beku larutan lebih rendah dari titik beku pelarut.(tidak tepat)

penerapan 3 : Cairan infus yang dimasukan dalam darah merupakan penerapan dari tekanan osmotik. Dengan adanya tekanan osmotik pada cairan infus maka cairan ini dapat masuk ke dalam darah pasien setelah melewati selaput permeabel darah. (tepat)

penerapan 4 : Penambahan etilen glikol pada radiator kendaraan bermotor merupakan penerapan dari penurunan titik beku. Dengan penambahan etilen glikol ke dalam air radiator diharapkan titik beku air dalam radiator menurun, dengan kata lain air tidak mudah membeku. (tepat)

penerapan 5: Membasmi lintah dengan garam dapur merupakan pemanfaatan sifat koligatif larutan yaitu tekanan osmosis. Lintah bisa mati karena partikel garam dapur menyebabkan keluarnya air dari tubuh lintah akibat perbedaan tekanan osmotik. (tidak tepat)

Pasangan data yang berhubungan dengan tepat ada pada data 3 dan 4.

Jadi, jawaban benar adalah D.

0

Roboguru

Peristiwa berikut yang tidak berkaitan dengan sifat koligatif larutan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada peristiwa-peristiwa tersebut, dapat yang dapat dihubungkan dengan sifat koligatif larutan adalah sebagai berikut:

  • penggunaan glikol dalam cairan radiator mobilundefined(penurunan titik beku)
  • pencairan salju di jalan raya dengan menaburkan kristal garamundefined(penurunan titik beku)
  • membunuh Iintah dengan menambahkan kristal garamundefined(osmosis)
  • naiknya air dari tanah ke puncak pohonundefined(osmosis)

Maka yang tidak berkaitan dengan sifat koligatif larutan adalah penambahan tawas pada pengolahan air bersih.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari berikut!  Penggunaan garam dapur untuk membasmi keong sawah.  Penambahan etilen glikol pada air radiator mobil.  Kedua contoh tersebut berhubunga...

Pembahasan Soal:

Sifat koligatif larutan banyak diterapkan pada kehidupan sehari-hari misalnya penggunaan garam dapur untuk membasmi keong sawah dan penambahan etilen glikol pada air radiator mobil.

Penggunaan garam dapur untuk membasmi keong sawah merupakan contoh penerapan tekanan osmotik. Tubuh keong mas yang terdiri atas cairan-cairan penuh lendir yang jika diberi garam, maka akan terjadi peristiwa osmosis (perpindahan partikel dari tubuh siput yang konsentrasinya rendah menuju larutan garam yang lebih pekat). Akibatnya, tubuh siput akan mengerut dan kekurangan cairan. Itulah kenapa siput akan mati jika ditaburi garam. 

Sementara penambahan etilen glikol pada air radiator mobil adalah penerapan dari penurunan titik beku. Penambahan etilen glikol ke dalam air radiator akan menyebabkan titik beku air dalam radiator menurun, dengan kata lain air tidak mudah membeku sehingga mobil dapat digunakan pada suhu dingin. 

Maka, kedua contoh tersebut berhubungan dengan sifat koligatif larutan secara berurutan berupa tekanan osmotik dan penurunan titik beku.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Tuliskan beberapa penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan Soal:

Aplikasi sifat koligatif dalam kehidupan sehari-hari ternyata sangat banyak, diantaranya:

  • Penurunan tekanan uap: Laut Mati atau kolam apung yang memiliki kadar garam sangat tinggi yaitu 32% (kadar garam rata-rata air laut hanya 3%) menyebabkan air sukar menguap. Akibatnya terjadi penurunan tekanan uap, sehingga ketika seseorang menceburkan diri di Laut Mati atau kolam apung, tidak dapat tenggelam.
  • Penurunan titik beku: pada pembuatan es putar secara tradisional digunakan campuran es dan garam agar menurunkan titik beku air; penggunaan zat antibeku pada radiator mobil; mencairkan salju di permukaan jalan; dan penentuan massa molekul relatif suatu zat.
  • Kenaikan titik didih: pada saat memasak misalnya merebus, terkadang ditambahkan garam agar makanan dapat direbus pada suhu yang lebih tinggi dan lebih lama sehingga masakan lebih matang lebih merata dan lebih lunak; proses distilasi untuk memisahkan dua campuran atau lebih berdasarkan perbedaan titik didih larutan.
  • Tekanan osmosis: membuat cairan fisiologis; membasmi keong mas, pengawetan makanan, penyerapan air oleh akar tanaman.

Jadi, penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya kolam apung, pembuatan es putar tradisional, penggunaan antibeku, mencairkan salju, penentuan massa molekul relatif, penggunaan garam saat memasak, proses distilasi, cairan fisiologis, membasmi keong, pengawet makanan, dan lain-lain. 

0

Roboguru

Berikut ini peristiwa kimia dalam kehidupan sehari-hari: 1) etilen glikol dapat ditambahkan ke dalam radiator mobil dan 2) desalinasi air laut Kedua contoh di atas berhubungan dengan sifat koligatif ...

Pembahasan Soal:

Di daerah yang beriklim dingin, air radiator mudah membeku. Untuk mengatasinya, ke dalam air radiator biasanya ditambahkan etilen glikol. Etilen glikol ini berfungsi untuk menurunkan titik beku. Sehingga pada suhu yang dingin, air radiator campuran ini belum membeku karena titik bekunya sudah turun.

Desalinisasi air laut adalah proses pembuatan air murni dari air laut. Mula-mula air laut dipisahkan dengan membran semipermeabel. Dengan memberi tekanan yang cukup, partikel air pada air laut akan mampu menembus membran. Sementara itu, partikel-partikel lain yang terkandung dalam air laut akan tertahan. Proses ini disebut osmosis balik.

Jadi, penambahan etilen glikol dan desalinisasi air laut berhubungan dengan penurunan titik beku dan osmosis balik.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved