Roboguru

Berikut merupakan petunjuk evolusi, kecuali. . . .

Pertanyaan

Berikut merupakan petunjuk evolusi, kecuali. . . .space space 

  1. homologi.space space 

  2. embriologi.space space 

  3. fosil.space space 

  4. domestikasi.space space  

  5. vestigal.space space 

Pembahasan Soal:

Petunjuk evolusi digunakan untuk menjawab kebenaran tentang adanya evolusi yang berisi fakta - fakta. Berbagai petunjuk terjadinya evolusi antara lain:

  1. Adanya variasi individu dalam satu keturunan dapat terjadi karena faktor luar seperti iklim, makanan dan manusia yang melakukan domestifikasi.
  2. Pengaruh persebaran geografis disebabkan oleh perbedaan iklim menekankan darimana organisme berasal, bagaimana mereka menyebar, dan bagaimana distribusinya pada masa sekarang.
  3. Adanya perbandingan anatomi dan morfologi melalui homologi organ yaitu organ - organ yang mempunyai bentuk asal sama dan kemudian berubah strukturnya sehingga fungsinya berbeda, sedangkan analogi organ yaitu organ - organ yang sama fungsinya tetapi memiliki asal usul yang berbeda.
  4. Adanya perbandingan embriologi terdapat hubungan kekerabatan yang ditunjukkan adanya persamaan bentuk perkembangan yang dialami dari zigot sampai embrio. Makin banyak persamaan yang dimiliki embrio menunjukkan makin dekatnya hubungan kekerabatan.
  5. Adanya perbandingan fisiologi dan biokimia dengan analisis biologi molekuler antara materi genetik yang terkandung pada kromosom makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya menunjukkan kemiripan urutan genetik
  6. Temuan fosil merupakan sisa hewan dan tumbuhan yang telah membatu berada pada lapisan - lapisan bumi tertentu. Lapisan bumi menunjukkan usia bumi sehingga dijadikan petunjuk adanya hewan atau tumbuhan pada masa tertentu.
  7. Adanya organ vestigial pada kelompok makhluk hidup yang memiliki moyang bersama yang sama. Organ vestigial merupakan suatu struktur tubuh yang dulunya memiliki fungsi pada moyang bersama, namun kini tidak berfungsi atau fungsinya belum diketahui.

Jadi, yang merupakan petunjuk evolusi adalah fosil, organ vestigial, homologi, domestifikasi dan embriologi.

Dengan demikian, tidak ada pilihan jawaban tepat.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti terjadinya evolusi.

Pembahasan Soal:

Banyak orang yang meyakini kebenaran teori evolusi tapi tidak sedikit yang meragukannya. Para ahli yang mempercayainya mengajukan berbagai bukti yang menerangkan evolusi terjadi pada makhluk hidup.

  1. Adanya variasi individu dalam satu keturunan.
  2. Adanya petunjuk fosil.
  3. Adanya homologi organ-organ tubuh. Homologi organ tubuh adalah organ-organ yang berasal dari struktur yang sama namun memiliki fungsi yang berbeda.
  4. Adanya embriologi perbendingan. Pada awal perkembangan makhluk hidup memiliki bentuk embrio yang hampir sama.
  5. Adanya perbandingan fisiologi.
  6. Adanya petunjuk biokimia.
  7. Adanya sisa alat-alat tubuh. Contohnya manusia memiliki usus buntu dan tulang ekor yang dikatakan sebagai sisa alat-alat tubuh.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan 8 bukti evolusi yang dianggap sebagai petunjuk terjadinya evolusi!

Pembahasan Soal:

Teori evolusi dianggap sebagai salah satu dasar utama dalam ilmu biologi, karena terdapat banyak bukti-bukti kuat mengenai kebenarannya. Berikut ini bukti-bukti evolusi yang telah diverifikasi dan dapat digolongkan ke dalam bahasan ilmu pengetahuan yang valid:

  1. Keberadaan fosil yang dianalisis dengan ilmu paleontologi. Fosil menunjukkan jasad-jasad makhluk hidup purba yang punah. Seringkali dapat ditemukan petunjuk evolusi berupa kesamaan dan variasi bentuk morfologi dan anatomi makhluk hidup.
  2. Terjadinya analogi organ, yakni struktur dengan fungsi sama namun berasal dari organ yang berbeda. Hal ini membuktikan adanya adaptasi konvergen, yakni bentuk tubuh yang berbeda-beda dapat mengambil fungsi yang sama di lingkungan yang sama.
  3. Terjadinya homologi organ, yakni struktur dengan fungsi berbeda namun berasal dari organ yang sama. Hal ini membuktikan adanya adaptasi divergen, yakni bentuk tubuh yang sama dapat mengambil fungsi berbeda di lingkungan berbeda.
  4. Embriologi perbandingan pada filum Kordata menunjukkan perkembangan organ yang sama dari lapisan embrional yang sama, menunjukkan ada hubungan ontogenik yang sejajar selama perkembangan embrio bermacam-macam hewan Kordata.
  5. Perbandingan anatomi dan morfologi dalam berbagai variasi kelompok makhluk hidup yang berkerabat dekat menunjukkan dasar bentuk yang serupa dan mirip satu sama lainnya.
  6. Perbandingan fisiologi dan biokimia ditinjau dari analisis biologi molekuler antara materi genetik yang terkandung pada kromosom makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya menunjukkan kemiripan urutan genetik. 
  7. Terdapat organ vestigial pada kelompok makhluk hidup yang memiliki moyang bersama yang sama. Organ vestigial merupakan suatu struktur tubuh yang dulunya memiliki fungsi pada moyang bersama, namun kini tidak berfungsi atau fungsinya belum diketahui.
  8. Adanya domestikasi hewan ternak dan tumbuhan budidaya yang berasal dari jenis liarnya oleh manusia akibat seleksi artifisial selama ribuan tahun. Evolusi ini disebut juga mikroevolusi karena jangka waktunya singkat, dan ko-evolusi karena evolusi hewan ternak dan tumbuhan budidaya berjalan bersamaan dengan evolusi manusia.

undefined 

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti dari evolusi!

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa bukti yang bisa menjelaskan terjadinya evolusi pada makhluk hidup sepanjang sejarah kehidupan:

  1. Bukti paleontologi: diketemukannya fosil hewan dan tumbuhan purba yang punah akibat suatu bencana.
  2. Bukti embriologi: Morfologi makhluk hidup yang memiliki kemiripan pada fase awal perkembangan embrio. Perbandingan ini dapat ditelusuri menggunakan perbandingan secara ontogeni perkembangan, yakni lapisan tubuh tertentu sama-sama membentuk organ yang sama pada berbagai makhluk hiduo yang berkerabat dekat.
  3. Bukti anatomi: Makhluk hidup yang berkerabat dekat satu sama lain memiliki bentuk dan struktur tubuh yang mirip. Terkadang ditemukan organ vestigial, yakni organ yang sempat berguna pada moyang bersama namun kini tidak memiliki fungsi lagi.
  4. Bukti biokimia: Enzim dan gen-gen yang mengatur enzim tersebut memiliki kemiripan lokasi pada kromosom diantara makhluk hidup yang berbeda-beda namun berkerabat dekat.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan bukti-bukti adanya evolusi!

Pembahasan Soal:

Bukti evolusi dapat dilihat melalui adanya petunjuk yaitu:

  1. Adanya fosil, dengan membandingkan struktur tubuh hewan yang menjadi fosil dengan hewan sekarang, dapat dibuat kesimpulan tentang lingkungan pada masa lampau.
  2. Perbandingan anatomi (homologi dan analogi) Homologi merujuk kepada adanya bentuk dasar (anatomi) yang sama antara organ yang satu dan yang lainnya, meskipun terkadang fungsinya berbeda. Analogi merujuk pada struktur yang memiliki fungsi sama, meskipun anatominya berbeda. Analogi bukan merupakan bukti evolusi.
  3. Perbandingan embiologi, makhluk hidup khususnya vertebrata ketika dibandingkan saat embrio memiliki bentuk yang hampir sama.
  4. Organ vestigial yaitu organ tubuh yang masih tersisa seperti umbai cacing pada saluran pencernaan manusia.
  5. Domestikasi yaitu penjinakkan hewan liar.

0

Roboguru

Fosil yang ditemukan saat ini dianggap sebagai salah satu bukti adanya evolusi. Pernyataan yang tidak mendukung pernyataan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Fosil umumnya terbentuk dari bagian terkeras suatu organisme. Pada hewan, bagian yang menjadi fosil adalah eksoskeleton Arthropoda, Mollusca, Echinodermata, ataupun endoskeleton dan gigi Vertebrata. Pada tumbuhan, bagian yang menjadi fosil adalah jaringan kayu (xilem dan serat), biji, serta spora atau serbuk sari yang memiliki lapisan pelindung. Walaupun memberikan bukti-bukti terjadinya perubahan makhluk hidup secara evolusi, catatan fosil tersebut tidaklah lengkap. Terdapat "celah" dalarn catatan fosil yang seharusnya diisi oleh fosil-fosil makhluk hidup bentuk peralihan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.space space   

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved