Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan 8 bukti evolusi yang dianggap sebagai petunjuk terjadinya evolusi!

Tuliskan 8 bukti evolusi yang dianggap sebagai petunjuk terjadinya evolusi! 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teori evolusi dianggap sebagai salah satu dasar utama dalamilmu biologi, karena terdapat banyak bukti-bukti kuat mengenai kebenarannya. Berikut ini bukti-bukti evolusi yang telah diverifikasi dan dapat digolongkan ke dalam bahasan ilmu pengetahuan yang valid: Keberadaan fosil yang dianalisis dengan ilmu paleontologi. Fosil menunjukkan jasad-jasad makhluk hidup purba yang punah. Seringkali dapat ditemukan petunjuk evolusi berupa kesamaan dan variasi bentuk morfologi dan anatomi makhluk hidup. Terjadinya analogi organ, yakni struktur dengan fungsi sama namun berasal dari organ yang berbeda. Hal ini membuktikan adanya adaptasi konvergen, yakni bentuk tubuh yang berbeda-beda dapat mengambil fungsi yang sama di lingkungan yang sama. Terjadinya homologi organ, yakni struktur dengan fungsi berbeda namun berasal dari organ yang sama. Hal ini membuktikan adanya adaptasi divergen, yakni bentuk tubuh yang sama dapat mengambil fungsi berbeda di lingkungan berbeda. Embriologi perbandingan pada filum Kordata menunjukkan perkembangan organ yang sama dari lapisan embrional yang sama, menunjukkan ada hubungan ontogenik yang sejajar selama perkembangan embrio bermacam-macam hewan Kordata. Perbandingan anatomi dan morfologi dalam berbagai variasi kelompok makhluk hidup yang berkerabat dekat menunjukkan dasar bentuk yang serupa dan mirip satu sama lainnya. Perbandingan fisiologi dan biokimia ditinjau dari analisis biologi molekuler antara materi genetik yang terkandung pada kromosom makhluk hidup satu dengan makhluk hiduplainnya menunjukkan kemiripan urutan genetik. Terdapat organ vestigial pada kelompok makhluk hidup yang memiliki moyang bersama yang sama. Organ vestigial merupakan suatu struktur tubuh yang dulunya memiliki fungsi pada moyang bersama, namun kini tidak berfungsi atau fungsinya belum diketahui. Adanya domestikasi hewan ternak dan tumbuhan budidaya yang berasal dari jenis liarnya oleh manusia akibat seleksi artifisial selama ribuan tahun. Evolusi ini disebut juga mikroevolusi karena jangka waktunya singkat, dan ko-evolusi karena evolusi hewan ternak dan tumbuhan budidayaberjalan bersamaan dengan evolusi manusia.

Teori evolusi dianggap sebagai salah satu dasar utama dalam ilmu biologi, karena terdapat banyak bukti-bukti kuat mengenai kebenarannya. Berikut ini bukti-bukti evolusi yang telah diverifikasi dan dapat digolongkan ke dalam bahasan ilmu pengetahuan yang valid:

  1. Keberadaan fosil yang dianalisis dengan ilmu paleontologi. Fosil menunjukkan jasad-jasad makhluk hidup purba yang punah. Seringkali dapat ditemukan petunjuk evolusi berupa kesamaan dan variasi bentuk morfologi dan anatomi makhluk hidup.
  2. Terjadinya analogi organ, yakni struktur dengan fungsi sama namun berasal dari organ yang berbeda. Hal ini membuktikan adanya adaptasi konvergen, yakni bentuk tubuh yang berbeda-beda dapat mengambil fungsi yang sama di lingkungan yang sama.
  3. Terjadinya homologi organ, yakni struktur dengan fungsi berbeda namun berasal dari organ yang sama. Hal ini membuktikan adanya adaptasi divergen, yakni bentuk tubuh yang sama dapat mengambil fungsi berbeda di lingkungan berbeda.
  4. Embriologi perbandingan pada filum Kordata menunjukkan perkembangan organ yang sama dari lapisan embrional yang sama, menunjukkan ada hubungan ontogenik yang sejajar selama perkembangan embrio bermacam-macam hewan Kordata.
  5. Perbandingan anatomi dan morfologi dalam berbagai variasi kelompok makhluk hidup yang berkerabat dekat menunjukkan dasar bentuk yang serupa dan mirip satu sama lainnya.
  6. Perbandingan fisiologi dan biokimia ditinjau dari analisis biologi molekuler antara materi genetik yang terkandung pada kromosom makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya menunjukkan kemiripan urutan genetik. 
  7. Terdapat organ vestigial pada kelompok makhluk hidup yang memiliki moyang bersama yang sama. Organ vestigial merupakan suatu struktur tubuh yang dulunya memiliki fungsi pada moyang bersama, namun kini tidak berfungsi atau fungsinya belum diketahui.
  8. Adanya domestikasi hewan ternak dan tumbuhan budidaya yang berasal dari jenis liarnya oleh manusia akibat seleksi artifisial selama ribuan tahun. Evolusi ini disebut juga mikroevolusi karena jangka waktunya singkat, dan ko-evolusi karena evolusi hewan ternak dan tumbuhan budidaya berjalan bersamaan dengan evolusi manusia.

undefined 

Latihan Bab

Asal-Usul Kehidupan

Teori Evolusi

Macam-Macam Evolusi

Petunjuk Adanya Evolusi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti terjadinya evolusi.

14rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia