Roboguru

Berikut ini yang merupakan perbedaan sistem ekonomi campuran dan sistem ekonomi Pancasila adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini yang merupakan perbedaan sistem ekonomi campuran dan sistem ekonomi Pancasila adalah .... space space 

  1. sistem ekonomi campuran menitik beratkan pada kekuasaan individu sedangkan sistem ekonomi Pancasila menitik beratkan pada kekuasaan pemerintah space space 

  2. sistem ekonomi campuran dilakukan oleh negara maju sedangkan sistem ekonomi Pancasila oleh negara berkembang space space 

  3. sistem ekonomi Pancasila dilandaskan pada falsafah negara Indonesia sedangkan sistem ekonomi campuran pada keadaan sosial suatu negara space space 

  4. sistem ekonomi Pancasila diberlakukan di Asia sedangkan sistem ekonomi campuran di Eropa space space 

  5. sistem ekonomi Pancasila memiliki kelebihan untuk kesejahteraan masyarakat sedangkan sistem ekonomi campuran tidak space space 

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi campuran adalah gabungan dari sistem ekonomi komando dan liberal. Pada sistem ekonomi ini, baik pihak pemerintah maupun swasta memiliki peran dalam sektor perekonomian. Masyarakat memiliki kebebasan dalam sektor ekonomi, namun pemerintah juga memiliki kendali dalam sektor perekonomian. Ini bertujuan untuk mencegah adanya penguasaan penuh oleh segelintir masyarakat.

Sistem ekonomi Pancasila merupakan istem perekonomian yang dianut negara Indonesia. Sistem ekonomi ini dipilih karena di dalamnya terdapat falsafah negara yaitu demokrasi. Barang-barang yang dianggap sangat penting bagi eksistensi negara dan dibutuhkan oleh banyak orang tidak boleh diserahkan pada pihak swasta. Melalui sistem ekonomi Pancasila negara dapat membuat kebijakan, mengurus, mengatur, mengelola, dan mengawasi produksi strategis tersebut.

Berdasarkan pengertian sistem ekonomi campuran dan sistem ekonomi Pancasila, maka perbedaannya keduanya adalah sistem ekonomi Pancasila dilandaskan pada falsafah negara Indonesia sedangkan sistem ekonomi campuran pada keadaan sosial suatu negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah point C. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan sistem ekonomi Pancasila dan campuran!

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi Pancasila disebut juga sistem ekonomi kerakyatan, karena pada sistem ini dilandaskan oleh falsafah negara yang tertera pada UUD NRI Tahun 1945 Pasal 33 ayat 1.

Sedangkan, sistem ekonomi campuran mengadopsi kelebihan sistem ekonomi pasar dan kelebihan sistem ekonomi komando. Disebut campuran karena dalam sistem ekonomi ini peran pemerintah dan swasta sama-sama besar. space space 

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi!

Pembahasan Soal:

Macam-macam Sistem Ekonomi:

  1. Sistem ekonomi pasar (kapitalis/liberal) adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) diserahkan kepada mekanisme pasar.
  2. Sistem ekonomi komando adalah suatu sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat besar sedangkan peran swasta/masyarakat sangat minim bahkan tidak ada.
  3. Sistem ekonomi campuran mengadopsi kelebihan sistem ekonomi pasar dan kelebihan sistem ekonomi komando. Disebut campuran karena dalam sistem ekonomi ini peran pemerintah dan swasta sama-sama besar.
  4. Sistem ekonomi tradisional adalah dilakukan sesuai dengan kebiasaan atau tradisi. Teknologi yang digunakan masih sederhana, produktivitas masih rendah, setiap anggota masyarakat belum memiliki motivasi untuk mengembangkan harta yang dimiliki, masyarakat sulit berubah karena ada kecenderungan penolakan, dan struktur ekonomi yang ada biasanya dominan bercocok tanam/pertanian.  
Roboguru

Di dalam negara B pembangunan ekonomi dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan swasta. Kegiataan ekonomi dilakukan oleh masyarakat di bawah pengawasan pemerintah. Potensi , inisiatif, dan daya kre...

Pembahasan Soal:

Dalam sistem ekonomi campuran pemerintah dan swasta sama-sama memiliki peran penting dalam perekonomian. Pemerintah bukan hanya mengatur namun juga mengawasi kegiatan ekonomi jangan sampai kegiatan ekonomi merugikan masyarakat. Pemerintah mengelola barang-barang yang terkait dengan hajat hidup orang banyak sedangkan swasta diberikan kebebasan dalam berkreasi namun tetap dalam koridor yang diperbolehkan.

Roboguru

Uraikan cara mengatasi masalah pokok ekonomi dalam sistem ekonomi campuran!

Pembahasan Soal:

Dalam sistem ekonomi campuran, pihak pemerintah akan bekerjasama dengan berbagai pihak swasta untuk bisa menjalankan perekonomian dan mengatasi masalah pokok ekonomi negara. Pemerintah akan cenderung lebih melakukan pengendalian dan pengawasan atas tindakan ekonomi  bisnis warganya. Sehingga, sistem ekonomi ini mampu menghasilkan kestabilan ekonomi yang lebih terjamin. undefined 

Roboguru

Perbedaan sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi campuran, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi pasar atau lebih dikenal dengan sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi ketika sektor perekonomian diserahkan sepenuhnya pada permintaan dan penawaran di masyarakat (mekanisme pasar). 

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang merupakan perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan komando. Dalam sistem ekonomi campuran, perekonomian dikelola secara bersama-sama oleh sektor swasta dan pemerintah.

Perbedaan utamanya adalah ekonomi pasar diatur oleh mekanisme pasar sedangkan ekonomi campuran diatur oleh negara dan swasta. 

Maka, jawaban yang tepat adalah poin D.  space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved