Roboguru

Berikut ini yang bukan penerapan atau kegunaan zat elektrolit dalam elektrolisis adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan penerapan atau kegunaan zat elektrolit dalam elektrolisis adalah ....space 

  1. metalurgi space

  2. distilasi space

  3. penyepuhanspace

  4. galvanisasi space

  5. menghitung konsentrasi ion logamspace

Pembahasan Soal:

Metalurgi merupakan ilmu yang mempelajari sifat fisika dan kimia unsur-unsur logam (metal), senyawa antarlogam, maupun paduan logam. Bidang ini akan sering memanfaatkan prinsip elektrolisis dari larutan elektrolit, misalnya dalam pemurnian logam, ekstraksi logam dari mineral, dan lain-lain.

Destilasi merupakan suatu teknik pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih. Teknik ini tidak harus menggunakan larutan elektrolit dan tidak menggunakan prinsip elektrolisis. Karena prosesnya adalah dengan mengatur suhu campuran, zat-zat dapat dipisahkan (sifat fisika).

Penyepuhan adalah teknik melapisi suatu bahan dengan logam lain dengan tipis, biasanya dalam membuat perhiasan misalnya emas, atau untuk mencegah bahan yang akan dilapis berkarat. Proses ini dilakukan dengan cara elektrolisis larutan elektrolit yang mengandung logam yang akan melapisi.

Galvanisasi juga merupakan teknik melapisi suatu logam dengan logam lain agar logam yang dilapisi tidak cepat berkarat. Biasanya istilah ini digunakan untuk proses melapisi besi atau baja dengan seng. Prosesnya menggunakan prinsip elektrolisis.

Menghitung konsentrasi ion logam tentu merupakan salah satu contoh aplikasi elektrolisis dari larutan elektrolit, namun larutan elektrolit yang digunakan mengandung logam yang ingin diketahui konsentrasinya menggunakan Hukum Faraday.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved