Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan pendidikan tinggi yang didirikan Belanda pasca politik etis adalah. ....

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan merupakan pendidikan tinggi yang didirikan Belanda pasca politik etis adalah. ....

  1. Stovia

  2. Recht Hoog School

  3. Faculteit der Leteren en Wijsberte

  4. Twede Klase School

  5. Techinise Hooge School

Pembahasan Soal:

Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1849 membangun sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan. Pada Januari 1851 sekolah tersebut secara resmi dinamakan sebagai Dokter-Djawa School. Sekolah tinggi ini mengkhususkan diri pada ilmu kedokteran, tepatnya pendidikan tenaga mantri. Setelah sempat mengalami perubahan nama di akhir abad 19, tepatnya di tahun 1898, nama Dokter-Djawa School berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga sebagai STOVIA. Selama 75 tahun STOVIA berfungsi sebagai tempat pendidikan terbaik untuk calon dokter di Indonesia, sebelum ditutup pada 1927. Namun demikian, sebuah Sekolah Kedokteran kemudian dibangun bersama dengan empat sekolah tinggi lain di beberapa kota di Jawa. Sekolah tinggi tersebut adalah Technische Hoogeschool te Bandoeng (Fakultas Teknik) yang berdiri di Bandung pada 1920, Recht Hoogeschool (Fakultas Hukum) di Batavia pada 1924, Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte (Fakultas Sastra dan Kemanusiaan) di Batavia pada 1940, dan setahun kemudian dibangunlah Faculteit van Landbouwweteschap (Fakultas Pertanian) di Bogor. Lima sekolah tinggi tersebut merupakan pilar dalam menciptakan the Nood-universiteit (Universitas Darurat), yang dibangun pada tahun 1946.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dampak paling besar pelaksanaan Politik Etis dirasakan di bidang pendidikan karena....

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan politik etis oleh pemerintah Kolonal Belanda, pada tahun 1900 bidang edukasi Pemerintah Kolonial Belanda menunjuk J.H. Abendanon sebagai direktur pendidikan. Ia dan istrinya berusaha menyelenggarakan pendidikan demi mendorong kesadaran golongan muda untuk memperdulikan nasib bangsanya.

0

Roboguru

Politik Etis tidak diterapkan untuk kepentingan Indonesia. Politik Etis diterapkan untuk mendukung kepentingan Belanda. Bukti yang mendukung pernyataas tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Politik kolonial memasuki era Politik Etis yang dipimpin oleh Menteri Jajahan Alexander WF Idenburg yang kemudian menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1909-1916). Kebijakan Politik Etis membawa pengaruh besar terhadap perubahan arah kebijakan politik negeri Belanda atas negeri jajahan. Pada era ini muncul simbol baru yaitu kemajuan.  Pembangunan infrastruktur mulai diperhatikan dengan adanya jalur kereta api Jawa-Madura. Kemajuan di Batavia dilambangkan adanya trem listrik. Kebijakan Politik Etis dituangkan dalam program Trias van Deventer yang meliputi:

  1. Irigasi (pengairan) yaitu pembangunan dan prasarana pengairan.
  2. Imigrasi yaitu mengajak penduduk untuk transmigrasi.
  3. Edukasi yaitu membangun sarana pendidikan dan pengajaran.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space

0

Roboguru

Tujuan pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah pasca Politik Etis adalah....

Pembahasan Soal:

Salah satu program pemerintah kolonial dalam Politik Etis adalah edukasi (pendidikan). Pendidikan dianggap penting oleh pemerintah kolonial Belanda. Pasca Politik Etis pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah dengan sistem pendidikan Barat. Tujuan pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah tersebut adalah memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor-sektor swasta dan pemerintahan.

0

Roboguru

Penerapan Politik Etis mendorong tumbuhnya kesadaran bangsa Indonesia mengenai pentingnya pendidikan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan munculnya sekolah-sekolah miliki pribumi seperti Taman Siswa da...

Pembahasan Soal:

Penerapan Politik Etis mendorong munculnya sekolah-sekolah untuk mendidik kaum pribumi. Mulai dari sekolah pemerintah, sekolah keagamaan maupun sekolah wanita. Sekolah-sekolah ini berperan besar dalam melahirkan kaum terpelajar yang memiliki kesadaran kebangsaan dan jiwa nasionalis yang tinggi.

0

Roboguru

Pada abad XX pemerintah kolonial menerapkan kebijakan Politik Etis di Indonesia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Deskripsikan dampak pelaksanaan politik etis dalam bidang pendidikan!

Pembahasan Soal:

Dampak pelaksanaan politik etis dalam bidang pendidikan yakni pemerintah kolonial Belanda mendirikan berbagai sekolah untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan rakyat Indonesia. Pada 1903 didirikan sekolah rendah yang bernama Volkschool (sekolah desa) dengan masa belajar tiga tahun yang dilanjutkan dengan program Vervolgschool (sekolah lanjutan) dengan masa belajar selama dua tahun. Selain itu, pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah lanjutan seperti Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) untuk sekolah menengah pertama dan Algemeene Middelbare School (AMS) untuk sekolah menengah atas. Pemerintah kolonial Belanda juga mendirikan sekolah tinggi, seperti Opleiding School voor lnlandsche Ambtenaren (OSVIA) merupakan sekolah untuk pejabat pribumi dan School tot Opleiding van lnlandsche Artsen (STOVIA) merupakan sekolah bagi dokter-dokter pribumi.


Dengan demikian dampak pelaksanaan politik etis dalam bidang pendidikan adalah pemerintah kolonial Belanda mendirikan berbagai sekolah untuk mengakomodasi kebutuhan rakyat Indonesia, mulai dari sekolah rendah hingga sekolah tinggi.
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved