Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan cara menghentikan perdarahan terbuka adalah....

Berikut ini yang bukan cara menghentikan perdarahan terbuka adalah....

  1. menekan bagian tubuh yang berdarah

  2. menekan bagian luka yang terikat

  3. menekan bagian tubuh yang dekat bagian yang berdarah

  4. memijat bagian tubuh yang terluka

Iklan

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B (menekan bagian luka yang terikat).

jawaban yang benar adalah B (menekan bagian luka yang terikat).undefined

Iklan

Pembahasan

Berikut ini cara menghentikan pendarahan pada luka yang dapat Anda lakukan di rumah: 1. Cuci tangan terlebih dahulu Sebelum menghentikan pendarahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci tangan. Mencuci tangan dapat mencegah luka mengalami infeksi akibat kontaminasi kuman dari tangan yang kotor. 2. Lakukan penekanan pada area luka Setelah mencuci tangan, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menekan area luka dengan kain bersih, tisu, atau kasa, untuk menghentikan pendarahan. Namun, hindari menekan luka tertalu keras. 3. Mengangkat area luka sedikit ke atas Jika memungkinkan, angkat area luka yang mengalami perdarahan sedikit ke atas, lebih tinggi dari dada, untuk memperlambat perdarahan. 4. Bersihkan luka Setelah menekan luka untuk menghentikan perdarahan, Anda bisa membersihkan area luka dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Hindari penggunaan bahan antiseptik, seperti hidrogen peroksida, karena dapat menyebabkan iritasi serta memperparah luka. 5. Tutup luka dengan perban atau kain kasa Jika luka berada di area yang mudah kotor, seperti tangan, atau mudah terkena gesekan pakaian, seperti area lutut, tutup luka dengan perban kedap air. Lakukan penggantian perban setiap hari dan segera ketika kotor atau basah, untuk menjaga luka tetap bersih dan kering. 6. Oleskan salep antibiotik Oleskan sedikit salep antibiotik jika luka terlihat kotor, untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Pada beberapa orang, penggunaan salep antibiotik dapat memicu ruam dan reaksi alergi. Oleh karena itu, selalu lakukan pemeriksaan ke dokter sebelum menggunakannya. Jadi, jawaban yang benar adalah B (menekan bagian luka yang terikat).

Berikut ini cara menghentikan pendarahan pada luka yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Cuci tangan terlebih dahulu
Sebelum menghentikan pendarahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci tangan. Mencuci tangan dapat mencegah luka mengalami infeksi akibat kontaminasi kuman dari tangan yang kotor.

2. Lakukan penekanan pada area luka
Setelah mencuci tangan, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menekan area luka dengan kain bersih, tisu, atau kasa, untuk menghentikan pendarahan. Namun, hindari menekan luka tertalu keras.

3. Mengangkat area luka sedikit ke atas
Jika memungkinkan, angkat area luka yang mengalami perdarahan sedikit ke atas, lebih tinggi dari dada, untuk memperlambat perdarahan.

4. Bersihkan luka
Setelah menekan luka untuk menghentikan perdarahan, Anda bisa membersihkan area luka dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Hindari penggunaan bahan antiseptik, seperti hidrogen peroksida, karena dapat menyebabkan iritasi serta memperparah luka.

5. Tutup luka dengan perban atau kain kasa
Jika luka berada di area yang mudah kotor, seperti tangan, atau mudah terkena gesekan pakaian, seperti area lutut, tutup luka dengan perban kedap air. Lakukan penggantian perban setiap hari dan segera ketika kotor atau basah, untuk menjaga luka tetap bersih dan kering.

6. Oleskan salep antibiotik
Oleskan sedikit salep antibiotik jika luka terlihat kotor, untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Pada beberapa orang, penggunaan salep antibiotik dapat memicu ruam dan reaksi alergi. Oleh karena itu, selalu lakukan pemeriksaan ke dokter sebelum menggunakannya.

Jadi, jawaban yang benar adalah B (menekan bagian luka yang terikat).undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Kristin Oktavia Sinaga

Apk ny bagus,mempantu kita untuk meningkatkan IQ kita✍️

fadyaa

Makasih ❤️

gitza

Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pak Yono pergi ke puskesmas untuk periksa kesehatan. Oleh perawat tekanan darah Pak Yono diukur, hasilnya 120 mmHg/80 mmHg. Hasil pengukuran tekanan tersebut berarti....

11

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia