Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini termasuk kedalam fungsi judul berita di koran, kecuali....

Berikut ini termasuk ke dalam fungsi judul berita di koran, kecuali.... 

  1. untuk memberi kepadatan isiundefined 

  2. merangkum isi beritaundefined 

  3. mempercantik perwajahan surat kabarundefined 

  4. melukiskan suasana beritaundefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Setiap berita harus mempunyai judul, karena judul menggambarkan inti terpenting berita. Judul dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca pada isi berita. Sebaiknya, judul ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Ada berbagai macam fungsi judul berita di koran, yakni sebagai berikut: Menarik perhatian pembaca Judul berita akan memuat kata-kata yang biasanya membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih detail dari berita yang dimuat tersebut. Menggambarkan isi berita Dalam hal ini, fungsinya hanya untuk menggambarkan secara keseluruhan dari apa yang ada di dalam berita tersebut. Ini artinya, judul biasanya tidak menyertakan kesimpulan akhir dari isi berita yang ada di dalamnya. Pemicu untuk membaca berita Judul akan menarik pembaca untuk mengetahui sebenarnya apa isi berita yang akan disampaikan. Tentu saja, judul sangat bermanfaat untuk mengantarkan berita tersebut agar dibaca oleh orang lain. Bagian paling awal dari berita Judul akan dituliskan di bagian teratas berita dan biasanya menggunakan ukuran huruf yang lebih besar. Ini akan memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk mengetahui apa isi berita tersebut secara umum. Pemadatan isi berita Selain menggambarkan berita, sebenarnya judul bisa juga digunakan sebagai pemadatan isi berita. Penulisan judul memang memiliki tantangan tersendiri. Berita yang isinya sangat banyak itu, bisa dituliskan hanya ke dalam beberapa kata-kata sehingga sudah terangkum sepenuhnya dalam sebuah kalimat pemicu. Meringkas berita Ringkasan ini tentunya dalam bentuk yang sederhana dan kalimat-kalimat yang mudah untuk dibaca serta dikenali. Judul dengan kalimat-kalimat yang panjang biasanya justru tidak menarik perhatian pembaca. Memudahkan pencarian berita Dengan adanya judul, pembaca juga bisa dengan mudah melakukan pencarian berita yang diinginkan. Menggambarkan topik berita Ini artinya, macam-macam berita akan lebih mudah digolongkan pada kategori-kategori tertentu.Topik pada umumnya menggunakan kalimat-kalimat panjang, sementara itu judul berfungsi meringkas topik tersebut dengan kalimat lebih pendek dan sekaligus menggambarkan isi berita. Jadi, fungsi judul berita di koran yang tidak tepat adalah mempercantik perwajahan surat kabar. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Setiap berita harus mempunyai judul, karena judul menggambarkan inti terpenting berita. Judul dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca pada isi berita. Sebaiknya, judul ditulis secara singkat, padat, dan jelas.

Ada berbagai macam fungsi judul berita di koran, yakni sebagai berikut:

  1. Menarik perhatian pembaca
    Judul berita akan memuat kata-kata yang biasanya membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih detail dari berita yang dimuat tersebut.
  2. Menggambarkan isi berita
    Dalam hal ini, fungsinya hanya untuk menggambarkan secara keseluruhan dari apa yang ada di dalam berita tersebut. Ini artinya, judul biasanya tidak menyertakan kesimpulan akhir dari isi berita yang ada di dalamnya.
  3. Pemicu untuk membaca berita
    Judul akan menarik pembaca untuk mengetahui sebenarnya apa isi berita yang akan disampaikan. Tentu saja, judul sangat bermanfaat untuk mengantarkan berita tersebut agar dibaca oleh orang lain.
  4. Bagian paling awal dari berita
    Judul akan dituliskan di bagian teratas berita dan biasanya menggunakan ukuran huruf yang lebih besar. Ini akan memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk mengetahui apa isi berita tersebut secara umum.
  5. Pemadatan isi berita
    Selain menggambarkan berita, sebenarnya judul bisa juga digunakan sebagai pemadatan isi berita. Penulisan judul memang memiliki tantangan tersendiri. Berita yang isinya sangat banyak itu, bisa dituliskan hanya ke dalam beberapa kata-kata sehingga sudah terangkum sepenuhnya dalam sebuah kalimat pemicu.
  6. Meringkas berita
    Ringkasan ini tentunya dalam bentuk yang sederhana dan kalimat-kalimat yang mudah untuk dibaca serta dikenali. Judul dengan kalimat-kalimat yang panjang biasanya justru tidak menarik perhatian pembaca.
  7. Memudahkan pencarian berita
    Dengan adanya judul, pembaca juga bisa dengan mudah melakukan pencarian berita yang diinginkan.
  8. Menggambarkan topik berita
    Ini artinya, macam-macam berita akan lebih mudah digolongkan pada kategori-kategori tertentu. Topik pada umumnya menggunakan kalimat-kalimat panjang, sementara itu judul berfungsi meringkas topik tersebut dengan kalimat lebih pendek dan sekaligus menggambarkan isi berita.

Jadi, fungsi judul berita di koran yang tidak tepat adalah mempercantik perwajahan surat kabar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Berita

Kebahasaan Teks Berita

Analisis Teks Berita

Membuat Teks Berita

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pokok-pokok berita yang terkandung dari beritadi atas adalah....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia