Roboguru

Berikut ini tahapan pada daur hidup Fasciola hepatica (cacing hati hewan). Telur Redia Mirasidium Sporokista Serkaria Metaserkaria Tahapan daur secara berurutan adalah . . . .

Pertanyaan

Berikut ini tahapan pada daur hidup Fasciola hepatica (cacing hati hewan).

  1. Telur
  2. Redia
  3. Mirasidium
  4. Sporokista
  5. Serkaria
  6. Metaserkaria

Tahapan daur secara berurutan adalah . . . .undefined  

  1. . . . .undefined  

  2. . . . .undefined  

Pembahasan Soal:

Fasciola hepatica merupakan contoh Trematoda yang cukup dikenal. Cacing parasit umumnya memerlukan lebih dari satu inang dalam siklus hidupnya. Perhatikan siklus hidup Fasciola hepatica berikut ini!

Siklus hidup cacing hati pada domba/hewan ternak lainnya, dimulai ketika cacing dewasa bereproduksi secara seksual dan melepaskan telurnya bersama feses ternak. Jika telur sampai ke kolam atau danau, telur-telur akan menetas menjadi larva mirasidium. Dalam 8 jam, larva-larva tersebut harus menemukan inang sementara, yaitu siput. Larva akan masuk ke dalam tubuh siput dan tumbuh menjadi sporokis. Sporokis berkembang menjadi redia secara partenogenesis (perkembangan menjadi individu baru tanpa dibuahi). Redia bermetamorfosis menjadi serkaria. Kemudian, serkaria akan keluar dari tubuh siput dan menempel di rerumputan membentuk metaserkaria (kista) yang mampu hidup beberapa bulan. Jika termakan domba atau ternak, kista akan pecah dan larva masuk ke usus. Setelah itu larva menembus usus menuju hati, kemudian tumbuh dan berkembang biak menghasilkan telur. Dengan demikian, tahapan daur secara berurutan adalah 1 - 3 - 4 - 2 - 5 - 6.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved