Roboguru

Berikut ini tabap-tahan pembentukan benda-benda di angkasa raya! hujan turun membentuk samudera terbentuk debu debu nebula terbentuk kompleks tata surya terbentuk galaksi-galaksi bumi dalam keadaan panas Urutan yang tepat proses di jagat taya yang mengawali pembentukan makhluk hidup pertama adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini tabap-tahan pembentukan benda-benda di angkasa raya!

  1. hujan turun membentuk samudera
  2. terbentuk debu debu nebula
  3. terbentuk kompleks tata surya
  4. terbentuk galaksi-galaksi
  5. bumi dalam keadaan panas

Urutan yang tepat proses di jagat taya yang mengawali pembentukan makhluk hidup pertama adalah ....

  1. 2-3-4-5-1

  2.  2-4-3-5-1

  3. 3-2-4-5-1

  4. 3-4-5-2-1

  5. 4-2-3-5-1

Pembahasan Soal:

Urutan yang tepat proses di jagat taya yang mengawali pembentukan makhluk hidup pertama adalah sebagai berikut:

  1. terbentuk debu debu nebula
  2. terbentuk galaksi-galaksi
  3. terbentuk kompleks tata surya
  4. bumi dalam keadaan panas
  5. hujan turun membentuk samudera

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan dan jelaskan hipotesis yang paling banyak diterima tentang terbentuknya tata surya.

Pembahasan Soal:

Teori Kabut Nebula merupakan hipotesis tentang pembentukan tata surya yang paling banyak diterima. Teori Kabut Nebula menyatakan bahwa tata surya bermula dari gumpalan kabut raksasa dengan sebutan "nebula" yang terdiri atas debu, es, dan gas. Gumpalan kabut tersebut kemudian berputar perlahan-lahan, dan suatu waktu bagian tengahnya membentuk gumpalan gas yang menjadi matahari, sedangkan bagian kabut lainnya yang terlontar berproses menjadi planet dan satelit karena adanya gaya gravitasi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis tentang pembentukan tata surya yang paling banyak diterima adalah Teori Kabut Nebula.space 

0

Roboguru

Simaklah gambar di bawah ini! Pasangan yang tepat nama teori dan ahlinya untuk gambar di atas ialah ....

Pembahasan Soal:

Teori Nebula atau teori kabut pertama kali disampaikan oleh Emmanuel Swendenborg (1688-1772) pada tahun 1734. Teori ini kemudian disempurnakan kembali oleh Immanuel Kant (1724-1804) pada tahun 1775. Teori serupa juga dikemukakan oleh Piere Marquis de Laplace pada tahun 1796. Sehingga teori ini juga dikenal dengan teori Nebula Kant-Laplace. Pada teori ini dinyatakan bahwa pada tahap awal, tata surya masih berupa kumpulan kabut raksasa yang tersusun dari debu, es, dan gas dengan kandungan hidrogen tinggi. Kabut ini disebut sebagai nebula. Kemudian kabut mengalami penyusutan karena gaya gravitasi yang dimilikinya. Ukuran dari matahari raksasa tersebut terus menyusut dan berputar semakin cepat. Sehingga cincin-cincin gas dan es terlempar keluar ke sekeliling matahari. Pada akhirnya akibat adanya gaya tarik gravitasi dan penurunan temperatur, gas dan es tersebut memadat dan membentuk planet-planet. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Perbedaan teori pembentukan tata surya menurut teori nebula dan teori pasang surut adalah .... (Soal UN Geografi 2017)

Pembahasan Soal:

Pembentukan tata surya menurut teori nebula dan pasang surut sebagai berikut.

Hipotesis nebula menyebutkan bahwa pada tahap awal, Tata Surya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari debu, es, dan gas yang disebut nebula, dan unsur gas yang sebagian besar hidrogen. Gaya gravitasi yang dimilikinya menyebabkan kabut itu menyusut dan berputar dengan arah tertentu, suhu kabut memanas, dan akhirnya menjadi bintang raksasa (matahari). Matahari raksasa terus menyusut dan berputar semakin cepat, dan cincin-cincin gas dan es terlontar ke sekeliling Matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan membentuk planet dalam dan planet luar. Laplace berpendapat bahwa orbit berbentuk hampir melingkar dari planet-planet merupakan konsekuensi dari pembentukan mereka.

Hipotesis pasang surut bintang pertama kali dikemukakan oleh James Jeans pada tahun 1917. Planet dianggap terbentuk karena mendekatnya bintang lain kepada Matahari. Keadaan yang hampir bertabrakan menyebabkan tertariknya sejumlah besar materi dari Matahari dan bintang lain tersebut oleh gaya pasang surut bersama mereka, yang kemudian terkondensasi menjadi planet. Namun astronom Harold Jeffreys tahun 1929 membantah bahwa tabrakan yang sedemikian itu hampir tidak mungkin terjadi. Demikian pula astronom Henry Norris Russell mengemukakan keberatannya atas hipotesis tersebut. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Pernyataan: terbentuknya dari kabut gas bersuhu tinggi; adanya bahan padat kecil mengelilingi inti berbentuk spiral terjadi ledakan raksasa dan mengembang kabut gas berputar sangat lambat makin ...

Pembahasan Soal:

Beberapa teori pembentukan tata surya yaitu:

  • Teori Nebula oleh Kant dan Laplace menyebutkan tata surya tercipta dari suatu nebula atau kabut tipis bersuhu tinggi yang mengalami pendinginan yang membentuk cakram datar.
  • Teori awan debu oleh Weizsaecker dan Kuiper menyebutkan tata surya tercipta dari awan gas yang sangat panas yang mengalami pemampatan dan berputar cepat dengan piringan gas di sekelilingnya.
  • Teori Planetasimal oleh Moulton dan Chamberlain menyebutkan tata surya tercipta dari suatu benda asing kecil bersifat gas yang mengelilingi inti.
  • Teori pasang surut oleh James-Jeffresys menyebutkan matahari awalnya planet sendirian yang kemudian ada bintang yang bergerak mendekati matahari yang menyebabkan adanya tarik menarik partikel yang kemudian menjadi planet.
  • Teori bintang kembar oleh Raymond Arthur Lyttleton menyebutkan alam semesta terdiri dari dua bintang raksasa yang mengelilingi medan gravitasi.
  • Teori Big Bang oleh George Lemaitre menyatakan tata surya dari bintang ukuran besar yang meledak.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C.

0

Roboguru

Jagat raya mengembang adalah teori tentang terbentuknya jagat raya yang dikemukakan oleh ...

Pembahasan Soal:

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Pembentukan tata surya dijelaskan beberapa teori, salah satunya teori oscillation / teori mengambang dan memampat. Teori mengembang dan memampat adalah teori yang dikemukakan oleh Edwin Hubble. Teori ini menjelaskan bahwa jagat raya pada awalnya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali oleh massa yang mengembang yang disebabkan reaksi inti hidrogen, sehingga terbentuk galaksi-galaksi yang lama-kelamaan meredup kemudian memapat dengan keluarnya pancaran panas. Peristiwa tersebut berlangsung terus-menerus dan terbentuk jagat raya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved