Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini merupakan jenis fauna yang tidak ada di Indonesia bagian timur adalah ...

Berikut ini merupakan jenis fauna yang tidak ada di Indonesia bagian timur adalah ...

  1. Anoa

  2. Burung cenderawasih

  3. Burung kakaktua

  4. Kanguru

  5. Wallaby

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembagian fauna di Indonesia berdasar wilayahnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu fauna Asiatis, fauna peralihan, dan fauna Australis, hal ini dipengaruhi oleh garis Wallace dan Weber. Fauna Asiatis (Barat) ; Fauna Asiatis memiliki ciri dan tipe yang mirip fauna Asia, tersebar di wilayah barat Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Fauna yang ada sepertibabi hutan, badak bercula satu, banteng, bekantan, biawak, buaya, burung hantu, elang, gagak, gajah, harimau, jalak, kadal, kerbau, kura-kura dan lainnya Fauna Peralihan (Tengah) ; Fauna peralihan merupakan hewan endemik yang berbeda dari fauna Asiatis maupun Australis. Wilayah fauna peralihan terbentang dari Kepulauan Wallace, yaitu Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Fauna yang ada sepertianoa, babi rusa, banteng, beruang, biawak, burung maleo, burung mandar, burung rangkong, ikan dayung dan lainnya. Fauna Australis (Timur) ; Fauna Australis ini mirip dengan fauna di Benua Australia. Fauna Australis bisa ditemukan di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru.Fauna yang ada sepertiberuang, biawak, buaya, burung nuri, cendrawasih, kadal, kanguru tanah, kanguru pohon, kasuari, kelelawar, kuskus, landak Irian, oposum layang, ular, walabi dan lainnya. Jadi jawaban yang tepat adalah A

Pembagian fauna di Indonesia berdasar wilayahnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu fauna Asiatis, fauna peralihan, dan fauna Australis, hal ini dipengaruhi oleh garis Wallace dan Weber.

  1. Fauna Asiatis (Barat); Fauna Asiatis memiliki ciri dan tipe yang mirip fauna Asia, tersebar di wilayah barat Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Fauna yang ada seperti babi hutan, badak bercula satu, banteng, bekantan, biawak, buaya, burung hantu, elang, gagak, gajah, harimau, jalak, kadal, kerbau, kura-kura dan lainnya
  2. Fauna Peralihan (Tengah); Fauna peralihan merupakan hewan endemik yang berbeda dari fauna Asiatis maupun Australis. Wilayah fauna peralihan terbentang dari Kepulauan Wallace, yaitu Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Fauna yang ada seperti anoa, babi rusa, banteng, beruang,  biawak, burung maleo, burung mandar, burung rangkong, ikan dayung dan lainnya.
  3. Fauna Australis (Timur); Fauna Australis ini mirip dengan fauna di Benua Australia. Fauna Australis bisa ditemukan di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Fauna yang ada seperti beruang, biawak, buaya, burung nuri, cendrawasih, kadal, kanguru tanah, kanguru pohon, kasuari, kelelawar, kuskus, landak Irian, oposum layang, ular, walabi dan lainnya.

Jadi jawaban yang tepat adalah A

 

Latihan Bab

Biosfer

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sebaran Flora dan Fauna

Karakteristik Bioma di Dunia

Persebaran Jenis-jenis Flora dan Fauna di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan peta berikut! Contoh fauna wilayah P adalah ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia