RoboguruRoboguru
SD

Berikut ini kutipan cerpen yang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini kutipan cerpen yang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan adalah ....

  1. Aku ingin bersama dengannya. Menemaninya, hidup di sisinya. Namun, apalah daya. Mimpi tetap saja mimpi. Aku tentu saja berharap, tetapi tidak meminta. Entahlah, aku ini apa?

  2. Aku sedang duduk di tepian jurang saat seekor burung elang terbang menukik seperti hendak mencaplok mangsanya. Kuperhatikan ke bawah, benar saja. Seekor kelinci gemuk sedang kebingungan setelah berkelana mencari makan sendirian.

  3. Aku selalu melihatnya di sana, di bawah patung dua orang yang sedang melakukan debus. Menunggu, menunggu hal yang tidak kuketahui. Aku tak pernah bertanya padanya. Aku hanya selalu melihatnya duduk di sana. Selalu menunggu.

  4. Aku berjalan di bawah hujan deras yang mendera bumi. Aku kebasahan. Aku menggigil. Tetapi demi yang sedang menungguku di rumah, kukebut motorku menantang jalanan yang licin.

  5. Saprudin bercerita sambil menangis, “Aku tidak pernah merasa kehilangan seperti saat ini. Apakah ini kehendak-Mu Tuhan hingga aku menderita begini?” lalu ia meneruskan isakannya.

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan adalah cerita yang disampaikan oleh tokoh yang ada dalam cerita, tetapi tidak menceritakan dirinya sendiri. Tokoh utamanya adalah tokoh yang diceritakan oleh aku dalam cerpen.

319

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut ini! Sarman termenung. Sekilas terlintas untuk megakhiri sandiwara ini. Saat itulah kedua petugas keamanan yang merayap, tiba di jendela. Salah seorang menyergap, berusaha merang...

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia