Roboguru
SD

Bacalah teks berikut ini! Sarman termenung. Sekilas terlintas untuk megakhiri sandiwara ini. Saat itulah kedua petugas keamanan yang merayap, tiba di jendela. Salah seorang menyergap, berusaha merangkul Sarman, namun gerakan yang baru pertama kali ia lakukan dalam hidupnya itu kurang sempurna. Sarman malah jadinya terpeleset, ketika membuat gerakan refleks menghindar. Petugas itu hanya mencengkeram sepatu sarman. Orang-orang dibawah berteriak histeris. Orang-orang dalam gedung berebutan melongok dari jendela tubuh Sarman meluncur. Dalam jarak yang cukup jauh Sarman sempat berpikir, sandiwaranya kini menjadi kenyataan. Dengan gerak mirip tarian, tubuh Sarman menembus sebaran uang kertas yang belum juga sampai ke bumi. Di bawah, pemadam kebakaran telah membentangkan jala penyelamat lebar-lebar. Empat selang memancarkan air dengan keras ke atas. Sudut pandang apakah yang digunakan penulis adalah ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini!

Sarman termenung. Sekilas terlintas untuk megakhiri sandiwara ini. Saat itulah kedua petugas keamanan yang merayap, tiba di jendela. Salah seorang menyergap, berusaha merangkul Sarman, namun gerakan yang baru pertama kali ia lakukan dalam hidupnya itu kurang sempurna. Sarman malah jadinya terpeleset, ketika membuat gerakan refleks menghindar. Petugas itu hanya mencengkeram sepatu sarman.

Orang-orang dibawah berteriak histeris. Orang-orang dalam gedung berebutan melongok dari jendela tubuh Sarman meluncur. Dalam jarak yang cukup jauh Sarman sempat berpikir, sandiwaranya kini menjadi kenyataan. Dengan gerak mirip tarian, tubuh Sarman menembus sebaran uang kertas yang belum juga sampai ke bumi. Di bawah, pemadam kebakaran telah membentangkan jala penyelamat lebar-lebar. Empat selang memancarkan air dengan keras ke atas.

Sudut pandang apakah yang digunakan penulis adalah ....

  1. Sudut pandang orang pertama

  2. Sudut pandang orang kedua

  3. Sudut pandang orang ketiga

  4. Sudut pandang pencerita

  5. Sudut pandang tokoh utama

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen tersebut adalah sudut pandang orang ketiga karena ketidak hadiran tokoh aku dalam penggalan tersebut. tidak adanya tokoh aku menandakan bahwa penggalan cerpen tersebut memiliki sudut pandang orang ketiga.

6

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5! Seekor singa meringkuk di atas rerumputan, terbingkai di dalam poster yang tergantung di dinding, menatap tajam pada sesosok perem...

52

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia