Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini beberapa contoh penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari : (1) pemakaian infus dalam bidang kesehatan ; (2) pemakaian etilen glikol pada radiator mobil ; (3) difusi mineral ke dalam tumbuhan melalui akar ; (4) pemakaian obat tetes mata; dan (5) penggunaan garam pada pembuatan es putar. Contoh yang merupakan penerapan dari penurunan titik beku larutan adalah nomor ...

Berikut ini beberapa contoh penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari :

(1) pemakaian infus dalam bidang kesehatan ;
(2) pemakaian etilen glikol pada radiator mobil ;
(3) difusi mineral ke dalam tumbuhan melalui akar ;
(4) pemakaian obat tetes mata; dan
(5) penggunaan garam pada pembuatan es putar.

Contoh yang merupakan penerapan dari penurunan titik beku larutan adalah nomor ...

  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (3)

  3. (2) dan (4)

  4. (2) dan (5)

  5. (3) dan (4)

Iklan

S. Utari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pemakaian infus dalam bidang kesehatan adalah proses tekanan osmotic, karena cairan infus harus isotonic dengan darah. Pemakaian etilen glikol pada radiator mobil di daerah yang bermusim dingin, adalah contoh penurunan titik beku, dimana penambahan glikol akan membuat radiator membeku jauh di bawah suhu lingkungan, sehingga pada saat musim dingin, radiator mobil akan tetap cair. Difusi mineral dalam tumbuhan melalui akar, merupakan contoh dari tekanan osmotic, karena pergerakan cairan ini melewati dinding sel yang bersifat semi permeable. Pemakaian obat tetes mata merupakan contoh tekanan osmotic, karena cairan tetes mata menembus kornea dengan menembus membrane sel. Penggunaan garam pada pembuatan es putar, merupakan contoh penurunan titik beku, dimana garam dapur ditambahkan pada es, sehingga titik beku (suhu) akan turun dan es putar akan terbentuk.

  1. Pemakaian infus dalam bidang kesehatan adalah proses tekanan osmotic, karena cairan infus harus isotonic dengan darah.
  2. Pemakaian etilen glikol pada radiator mobil di daerah yang bermusim dingin, adalah contoh penurunan titik beku, dimana penambahan glikol akan membuat radiator membeku jauh di bawah suhu lingkungan, sehingga pada saat musim dingin, radiator mobil akan tetap cair.
  3. Difusi mineral dalam tumbuhan melalui akar, merupakan contoh dari tekanan osmotic, karena pergerakan cairan ini melewati dinding sel yang bersifat semi permeable.
  4. Pemakaian obat tetes mata merupakan contoh tekanan osmotic, karena cairan tetes mata menembus kornea dengan menembus membrane sel.
  5. Penggunaan garam pada pembuatan es putar, merupakan contoh penurunan titik beku, dimana garam dapur ditambahkan pada es, sehingga titik beku (suhu) akan turun dan es putar akan terbentuk.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut adalah beberapa pemanfaatan sifat koligatif larutan yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari: penggunaan cairan infus bagi manusia, pembuatan cairan pendingin pada es putar, ...

191

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia