Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini beberapa contoh penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari: (1) penggunaan glikol pada radioator mobil (2) menghilangkan salju pada jalan raya dengan menggunakan garam dapur atau urea (3) penggunaan cairan obat tetes mata (4) memisahkan zat beracun dalam air limbah sebelum dilepaskan ke lingkungan bebas (5) naiknya zat makanan dari akar tanaman ke daun/batang. Penerapan dari penurunan titik beku larutan terdapat pada nomor ....

Berikut ini beberapa contoh penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari:

(1) penggunaan glikol pada radioator mobil

(2) menghilangkan salju pada jalan raya dengan menggunakan garam dapur atau urea

(3) penggunaan cairan obat tetes mata

(4) memisahkan zat beracun dalam air limbah sebelum dilepaskan ke lingkungan bebas

(5) naiknya zat makanan dari akar tanaman ke daun/batang.

Penerapan dari penurunan titik beku larutan terdapat pada nomor ....
 

  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (4)

  3. (2) dan (3)

  4. (2) dan (4)

     

  5. (3) dan (5)

Iklan

A. Ratna

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ketika musim dingin jalanan akan dipenuhi salju. Ketika ditambahkan garam atau urea, maka titik beku air akan jauh lebih rendah dari suhu lingkungan, sehingga salju akan mencair dengan sendirinya.

ketika musim dingin jalanan akan dipenuhi salju. Ketika ditambahkan garam atau urea, maka titik beku air akan jauh lebih rendah dari suhu lingkungan, sehingga salju akan mencair dengan sendirinya.

Iklan

Pembahasan

Contoh pemanfaatan penurunan titik beku adalah (1) penggunaan etilen glikol pada radiator mobil, ini digunakan di daerah bersalju. Penambahan etilen glikol ini akan membuat air radiator sulit membeku dan dapat berfungsi walaupun dalam kondisi udara dingin. (2) Menghilangkan salju di jalan raya dengan menggunakan garam dapur atau urea. Jadi ketika musim dingin jalanan akan dipenuhi salju. Ketika ditambahkan garam atau urea, maka titik beku air akan jauh lebih rendah dari suhu lingkungan, sehingga salju akan mencair dengan sendirinya.

Contoh pemanfaatan penurunan titik beku adalah (1) penggunaan etilen glikol pada radiator mobil, ini digunakan di daerah bersalju. Penambahan etilen glikol ini akan membuat air radiator sulit membeku dan dapat berfungsi walaupun dalam kondisi udara dingin.

(2) Menghilangkan salju di jalan raya dengan menggunakan garam dapur atau urea. Jadi ketika musim dingin jalanan akan dipenuhi salju. Ketika ditambahkan garam atau urea, maka titik beku air akan jauh lebih rendah dari suhu lingkungan, sehingga salju akan mencair dengan sendirinya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut adalah beberapa pemanfaatan sifat koligatif larutan yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari: penggunaan cairan infus bagi manusia, pembuatan cairan pendingin pada es putar, ...

181

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia