Roboguru

Berikut ini adalah organ yang terdapat di dalam tubuh manusia Ginjal Hormon Hati Jantung Paru-paru Sistem syaraf Organ yang berfungsi menjaga homeostasis adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini adalah organ yang terdapat di dalam tubuh manusia

  1. Ginjal
  2. Hormon
  3. Hati
  4. Jantung
  5. Paru-paru
  6. Sistem syaraf

Organ yang berfungsi menjaga homeostasis adalah ....space 

  1. 1-2-3undefined

  2. 1-2-6undefined

  3. 2-3-4undefined

  4. 3-4-5undefined

  5. 3-4-6undefined

Pembahasan Soal:

Homeostasis adalah kemampuan tubuh untuk beradaptasi dan menjaga keseimbangan kondisi cairan didalam internal tubuh terhadap perubahan lingkungan disekitar. Homeostatis pada tubuh dikendalikan oleh hormon dan sistem saraf. Sistem saraf menyampaikan pesan yang terjadi dalam tubuh serta meresponnya dengan cara menghantarkan sinyal-sinyal listrik antarserabut saraf, sedangkan sistem hormon dengan cara mengeluarkan molekul pembawa pesan dari kelenjar-kelenjar hormon yang ikut aliran darah ke seluruh tubuh. Ginjal melakukan proses homeostasis tubuh dengan mengatur keseimbangan asam-basa (pH), konsentrasi ion mineral, komposisi dan volume cairan ekstraselular dan tekanan darah. Dengan demikian, organ yang berfungsi menjaga homeostatis adalah ginjal, hormon, dan sistem saraf (1-2-6).

Oleh kerena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketika cuaca dingin, pengeluaran zat sisa metabolisme lebih banyak melalui ...

Pembahasan Soal:

Pada saat cuaca dingin, tubuh akan menyesuaikan suhu agar tetap normal. Saat berada pada suhu dingin, pembuluh darah akan menyempit mengalami vasokontriksi dan kelenjar keringat tidak mengeluarkan keringat untuk mengeluarkan panas dari tubuh. Sehingga alat ekskresi yang berperan dlam keadaan dingin adalah ginjal, dimana kecepatan atau produksi urin dalam tubuh akan meningkat dan kita sering merasa ingin buang air kecil pada waktu dinginspace 

0

Roboguru

Mengapa pada saat udara dingin seseorang lebih sering buang air kecil daripada berkeringat?

Pembahasan Soal:

Cold diuresis adalah proses meningkatnya produksi urin akibat suhu dingin. Saat suhu turun, pelebaran tubuh juga menurun, berkontraksi, dan menahan lebih sedikit cairan. Itu sebabnya kita menghasilkan lebih banyak urin. Tubuh bereaksi terhadap dingin untuk melindungi dirinya sendiri, mengirimkan lebih banyak darah ke inti tubuh di mana organ berada dan mengurangi aliran ke ekstremitas. Hal ini menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan meningkatkan tekanan yang dirasakan oleh ginjal. Ginjal kemudian melepaskan tekanan darah itu dengan menghilangkan cairan yang tidak perlu yang akhirnya menjadi urin.

0

Roboguru

Efek yang terjadi jika manusia banyak berkeringat adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Jika tubuh mengeluarkan banyak keringat, konsentrasi air dalam darah akan turun. Akibat dari kondisi tersebut, sekresi hormon ADH dari kelenjar hipofisis meningkat dan dialirkan oleh darah menuju ke ginjal. Hal ini dapat menyebabkan reabsorpsi air menjadi bertambah sehingga urine yang dihasilkan lebih sedikit dan lebih pekat. Kadar garam yang dikeluarkan akan lebih banyak terkandung dalam keringat dibandingkan dalam urine.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan bagaimana ginjal mengeluarkan zat - zat sampah dan mempertahankan keseimbangan garam-garam tubuh!

Pembahasan Soal:

Ginjal mengeluarkan zat - zat sampah yang tidak diperlukan tubuh melalui tahap augmentasi yaitu penambahan zat - zat yang tidak berguna dalam tubuh seperti sisa penguraian obat atau minuman berpengawet untuk dikeluarkan melalui urin.

Keseimbangan garam - garam tubuh (ion Na+) berlangsung saat reabsorpsi pada lengkung henle. Garam yang diperlukan tubuh akan diserap kembali dan kelebihan garam akan dibuang melalui urin. Oleh karena itu ketika orang mengonsumsi garam berlebih akan sering buang air kecil.space space 

0

Roboguru

Bagaimana hubungan antara kebutuhan cairan dengan konsentrasi urin?

Pembahasan Soal:

Produksi urine di tubuh dapat dipengaruhi oleh kebutuhan cairan tubuh. Konsentrasi urine yang dihasilkan akan berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan cairan tubuh. Warna urine yang dihasilkan dapat menjadi indikator tentang kebutuhan tubuh akan cairan, seperti berikut:

  1. Transparan dan jernih
    Warna transparan dan jernih pada urine menunjukkan bahwa tubuh telah meminum banyak air dan tidak mengalami dehidrasi.
  2. Kuning pucat dan kuning transparan
    Warna kuning pucat adalah warna yang normal untuk urine. Ini menunjukkan bahwa tubuh sehat dan tidak dehidrasi. Kebanyakan orang memiliki warna urine kuning pucat atau kuning transparan. Kedua warna ini sama-sama menunjukkan keadaan tubuh yang normal.
  3. Kuning tua
    Warna ini berarti tubuh belum mengalami dehidrasi. Jika tubuh menghasilkan urine dengan warna kuning tua, sebaiknya segera minum air putih setelahnya karena warna ini menunjukkan bahwa tubuh hampir mengalami dehidrasi jika tidak minum dalam waktu dekat.
  4. Warna madu atau amber
    Jika urine yang dihasilkan berwarna kuning tua hampir seperti madu maka tubuh dalam kondisi tidak mendapatkan cukup cairan. Jika mengetahui warna ini dalam urine, sebaiknya segera minum secepatnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  5. Cokelat
    Warna ini bisa mengindikasikan bahwa tubuh mengalami dehidrasi parah atau memiliki masalah dengan hati. Upaya pencegahannya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air. Namun, jika warna urine masih tetap cokelat sebaiknya segera temui dokter.

Jadi, urine yang dihasilkan oleh tubuh dapat menjadi indikator kebutuhan cairan tubuh.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved