Roboguru

Berikut ini adalah fase-fase dari daur hidup cacing hati (Fasciola hepatica): Metaserkaria Cacing dewasa Redia Sporokista Mirasidium Serkaria Cacing dewasa. Dari fase-fase tersebut, tahapan saat cacing hidup di dalam tubuh siput adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini adalah fase-fase dari daur hidup cacing hati (Fasciola hepatica):

  1. Metaserkaria
  2. Cacing dewasa
  3. Redia
  4. Sporokista
  5. Mirasidium
  6. Serkaria
  7. Cacing dewasa.

Dari fase-fase tersebut, tahapan saat cacing hidup di dalam tubuh siput adalah ....

  1. 1, 2, 3 

  2. 3, 4, 6

  3. 2, 3, 4

  4. 1, 2, 7

  5. 5, 6, 7

Pembahasan Soal:

Fasciola hepatica adalah anggota Trematoda dari filum Platyhelminthes yang lebih akrab kita kenal sebagai cacing hati. Daur hidup Fasciola hepatica yaitu :

  1. Telur keluar bersama dengan kotoran hewan ternak (sapi). Jika jatuh di tempat yang basah atau berair, telur akan menetas menjadi larva bersilia yang disebut Mirasidium.
  2. Mirasidium akan masuk ke dalam tubuh siput Lymnea dan tumbuh menjadi Sporokista
  3. Sporokista secara partenogenesis akan berkembang menjadi Redia
  4. Redia secara partenogenesis akan membentuk serkaria. Serkaria akan meninggalkan tubuh siput, menempel pada rumput dan berubah menjadi metaserkaria.
  5. Metaserkaria akan termakan oleh hewan ternak dan berkembang menjadi cacing muda. Cacing muda selanjutnya bermigrasi ke ke organ hati inang yang baru untuk memulai daur hidupnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Ahmad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Telur Fasciola hepatica yang telah dibuahi tumbuh menjadi ....

Pembahasan Soal:

Telur Fasciola hepatica yang masuk kedalam perut domba atau sapi akan keluar ke alam bebas melalui feses dari domba atau sapi tersebut. Dengan tempat yang sesuai telur ini akan menjadi larva bersilia yang biasa disebut mirasidium, namun mirasidium ini hanya dapat bertahan hidup hanya 8 jam.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Di bawah ini adalah fase dari daur Fasciola hepatica Mirasidium Telur  Sporokista Redia Cacing dewasa Metaserkaria Serkaria Berdasarkan data di atas, urutan fase-fase cacing yaitu ...

Pembahasan Soal:

Fasciola hepatica atau disebut juga cacing hati merupakan anggota dari Platyhelminthes. Adapun tahapan atau siklus hidupnya yaitu:

  1. Telur (pada feses hewan ternak).
  2. Telur akan menetas menjadi larva bersilia yakni mirasidium.
  3. Mirasidium menginfeksi siput air Lymnea.
  4. Di dalam tubuh siput, mirasidium menjadi sporokista. Sporokista berkembang menjadi redia
  5. Redia berkembang menjadi serkaria bersilia, kemudian keluar dari tubuh siput dan menempel pada tumbuhan air atau rumput.
  6. Serkaria menjadi sista metaserkaria.
  7. Jika sista metaserkaria yang menempel pada rumput termakan oleh hewan ternak, sista metaserkaria akan tumbuh menjadi cacing baru di usus ternak, kemudian melalui aliran darah masuk ke hati hingga menjadi cacing dewasa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu C.space 

0

Roboguru

Tahapan dalam daur hidup Fasciola hepatica yang akan masuk ke dalam tubuh Lymnaea auricularis adalah ...

Pembahasan Soal:

Daur hidup cacing hati yaitu telur, kemudian menetas menjadi larva mirasidia. Larva mirasidia kemudian menginfeksi siput air Lymnaea auricularis. Di dalam tubuh siput air mirasidia berkembang menjadi sporokis dan redia. Redia selanjutnya berkembang menjadi larva serkaria yang bisa berenang. Larva serkaria  dibawa oleh aliran air, hinggap pada rerumputan dan menetap dalam bentuk fase metaserkaria. Selanjuntya rumput yang mengandung metaserkaria bila termakan oleh hewan ternak dapat menimbulkan infeksi cacing. Cacing dewasa menginfeksi hati. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Daur hidup spesies tersebut terbagi ke dalam beberapa bentuk. Tuliskan bentuk yang dialami semasa hidupnya dan jelaskan ciri masing-masing bentuk tersebut.

Pembahasan Soal:

Daur hidup Fasciola adalah dimulai dari telur pada hai hewan ternak yang kemudian berpindah melalui aliran darah dan keluar bersama tinja. Telur tersebut nantinya akan menetap dan berubah menjadi mirasidium (larva besilia) di tempat basah. Setelah itu, mirasidium akan menginfeksi inang perantara, yaitu siput. Mirasidium berbuah menjadi sporosista di dalam tubuh siput. Sporosista berkembang secara aseksual menjadi redia (larva tidak bersilia). Redia berkembang menjadi serkaria dan serkaria membentu metaserkaria. lalu metaserkaria termakan hewan ternak dan masuk ke dalam usus sera terbawa aliran darah dan menjadi cacing dewasa pada organ hati. space 

0

Roboguru

Kasus infeksi cacing hati pada hewan ternak seperti sapi dan domba masih sering ditemukan. Bagaimana metode untuk memutuskan daur hidup cacing tersebut hingga tidak terjadi infeksi pada ternak?

Pembahasan Soal:

Daur hidup cacing hati melibatkan sedikitnya dua jenis inang, yaitu inang utama dan inang perantara. Daur hidup cacing hati terdiri atas fase seksual dan fase aseksual. Fase seksual terjadi saat cacing hati dewasa dan berada di dalam tubuh inang utama. Fase aseksual cacing hati adalah dengan membelah diri saat larva berada di dalam tubuh inang perantara. Inang utama dari cacing hati biasanya adalah hewan ternak sedangkan inang perantaranya adalah siput air tawar. Metode yang dapat dilakukan  untuk memutuskan daur hidup cacing tersebut agar tidak terjadi infeksi pada ternak adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan pakan hewan ternak karena cacing hati banyak ditemukan pada rumput yang banyak dikonsumsi oleh hewan ternak.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved