Roboguru

Berikut ini adalah ciri-ciri gelombang stasioner pada tali: Terjadi karena paduan gelombang datang dan gelombang pantul. Terdapat titik-titik pada tali yang tidak bergerak. Simpangan tali tergantung pada posisi dan waktu. Jarak antarsimpul sama dengan jarak antarperut. Pernyataan yang benar adalah...

Pertanyaan

Berikut ini adalah ciri-ciri gelombang stasioner pada tali:

  1. Terjadi karena paduan gelombang datang dan gelombang pantul.
  2. Terdapat titik-titik pada tali yang tidak bergerak.
  3. Simpangan tali tergantung pada posisi dan waktu.
  4. Jarak antarsimpul sama dengan jarak antarperut.

Pernyataan yang benar adalah...space 

  1. 2 dan 4space 

  2. 1, 2, dan 3undefined 

  3. Semua benarundefined 

  4. 4 sajaundefined 

  5. 1 dan 3undefined 

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri gelombang stasioner pada tali adalah sebagai berikut:

  1. Terjadi karena paduan gelombang datang dan gelombang pantul.
  2. Terdapat titik-titik pada tali yang tidak bergerak. Ada titik-titik ketika kedua gelombang berlawanan fase yang menghasilkan titik simpul dengan amplitudo nol.
  3. Simpangan tali tergantung pada posisi dan waktu.
  4. Jarak antarsimpul sama dengan jarak antarperut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Qohar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan contoh manfaat gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan Soal:

Gelombang stasioner adalah hasil perpaduan dua buah gelombang yang amplitudonya selalu berubah. Artinya, tidak semua titik yang dilalui gelombang ini memiliki amplitudonya sama. Manfaat gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

  1. Dawai gitar, ketika kita memetik dawai gitar maka akan terjadi sebuah gelombang dan kemudian dipantulkan pada ujung dawai yang terikat pada kedua ujungnya.
  2. Permukaan kulit gendang atau drum, ketika kita memukul sebuah gendang maka akan timbul gelombang stasioner yang mengalami superposisi dan pemantulan pada ujung permukaan gendang.
  3. Gelombang radio, pada pemancar sinyal radio gelombang akan dikirim melalui stasiun pemancar ke stasiun pemancar lainnya sehingga terjadi pemantulan dan superposisi gelombang. 
  4. Gelombang air laut. 

Jadi, pada kehidupan sehari-hari gelombang stasioner dimanfaatkan pada dawai gitar, permukaan kulit gendang, gelombang radio dan gelombang air laut. undefinedspace

 

0

Roboguru

Tuliskan pengertian gelombang stasioner beserta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan Soal:

Jawab

Gelombang stasioner adalah perpaduan dua gelombang yang mempunyai frekuensi, cepat rambat, dan amplitudo yang sama besar tetapi merambat pada arah yang berlawanan. Secara sederhana gelombang stasioner merupakan perpaduan atau superposisi dari dua gelombang yang identik namun arah rambatnya berlawanan.
 

Kegunaan dalam kehidupan sehari-hari

  1. Dawai gitar, ketika kita memetik dawai gitar, amak akan terjadi sebuah gelombang dan kemudian dipantulkan pada ujung dawai yang terikat pada kedua ujungnya
  2. Permukaan kulit gendang atau drum, ketika kita memukul sebuah gendang, maka akan timbul gelombang stasioner yang mengalami superposisi dan pemantulan gelombang pada ujung permukaan gendang. 

1

Roboguru

Suatu gelombang stasioner ujung bebas mempunyai persamaan simpangan  dengan y dan x dalam meter dan t dalam sekon, tentukan amplitudo gelombang stasioner!

Pembahasan Soal:

Persamaan simpangan gelombang stasioner:

begin mathsize 14px style y equals 2 A space cos left parenthesis k x right parenthesis space sin space left parenthesis omega t right parenthesis end style  

Amplitudo gelombang stasioner:

begin mathsize 14px style A equals 0 comma 5 cos open parentheses 5 pi x close parentheses end style 

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah begin mathsize 14px style 0 comma 5 space cos left parenthesis 5 pi x right parenthesis end style.

0

Roboguru

Carilah penerapan gelombang berjalan & gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan Soal:

Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya tetap pada setiap titik yang dilewatinya. Gelombang berjalan ini dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari, seperti gelombang air, gelombang cahaya dan gelomabng bunyi.

Sementara itu gelombang berdiri atau gelombang stasioner merupakan gelombang yang amplitudonya berubah-ubah, nilainya mulai dari nol hingga mencapai nilai maksimum tertentu. Beberapa contoh gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, gelombang pada pipa organa, dsb.undefined 

0

Roboguru

Pada percobaan Melde, panjang kawat 2,5 meter, massanya 250 gram. Panjang kawat merupakan  gelombang. Jika tegangan dalam kawat 250 N, tentukan cepat rambat gelombang!

Pembahasan Soal:

Cepat rambat gelombang:

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row v equals cell square root of fraction numerator F cross times L over denominator m end fraction end root end cell row blank equals cell square root of fraction numerator 250 cross times 2 comma 5 over denominator 250 cross times 10 to the power of negative 3 end exponent end fraction end root end cell row blank equals cell square root of 2500 end cell row blank equals cell 50 space straight m divided by straight s end cell end table end style 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved