Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa saja contoh gelombang stasioner dan gelombang berjalan yang kamu kenal?

Apa saja contoh gelombang stasioner dan gelombang berjalan yang kamu kenal?space 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh gelombang berjalan adalah gelombang air, gelombang cahaya dan gelombang bunyi, contoh gelombang stasioner adalahgelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, dan gelombang pada pipa organa.

contoh gelombang berjalan adalah gelombang air, gelombang cahaya dan gelombang bunyi, contoh gelombang stasioner adalah gelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, dan gelombang pada pipa organa.

Iklan

Pembahasan

Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya tetap pada setiap titik yang dilewatinya. Gelombang berjalan ini dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari, seperti gelombang air, gelombang cahaya dan gelombang bunyi. Sementara itu gelombang berdiri atau gelombang stasioner merupakan gelombang yang amplitudonya berubah-ubah, nilainya mulai dari nol hingga mencapai nilai maksimum tertentu. Beberapa contoh gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, dan gelombang pada pipa organa. Jadi, contoh gelombang berjalan adalah gelombang air, gelombang cahaya dan gelombang bunyi, contoh gelombang stasioner adalahgelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, dan gelombang pada pipa organa.

Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya tetap pada setiap titik yang dilewatinya. Gelombang berjalan ini dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari, seperti gelombang air, gelombang cahaya dan gelombang bunyi.

Sementara itu gelombang berdiri atau gelombang stasioner merupakan gelombang yang amplitudonya berubah-ubah, nilainya mulai dari nol hingga mencapai nilai maksimum tertentu. Beberapa contoh gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, dan gelombang pada pipa organa.

Jadi, contoh gelombang berjalan adalah gelombang air, gelombang cahaya dan gelombang bunyi, contoh gelombang stasioner adalah gelombang pada senar gitar, gelombang pada tali yang ujungnya diikat, dan gelombang pada pipa organa.

Latihan Bab

Konsep Gelombang

Besaran dan Gelombang

Gejala Gelombang

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Resti

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Carilah penerapan gelombang berjalan & gelombang stasioner dalam kehidupan sehari-hari!

5rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia