Roboguru

Berikut ini adalah beberapa factor ekonomi yang me...

Berikut ini adalah beberapa factor ekonomi yang menyebabkan terjadinya krisis ekonomi menjelang kejatuhan pemerintah Orde Baru dan menjadi awal masa Reformasi, kecuali...

  1. Pemerintah Indonesia gagal mengatasi krisis moneter yang melanda Dunia sejak tahun 1996 yang mengakibatkan nilai rupiah terus melemah terhadap dolar

  2. Pembangunan Proyek Proyek Raksasa ( Mega Proyek ) sudah menghabiskan dana besar sehingga mengakibatkan anggaran negara mengalami deficit setiap tahunnya.

  3. Pondasi Pembangunan Ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru adalah bersumber dari hutang Luar Negeri.

  4. Pelaksanaan pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru menyimpang dari landasan Ekonomi Indonesia seperti yang diatur dalam pasal 33 UUD 1945.

Jawaban:

Krisis ekonomi yang terjadi menjelang kejatuhan pemerintah Orde Baru dan menjadi awal masa Reformasi diakibatkan oleh berbagai hal, diantaranya :

  1. Pemerintah Indonesia gagal mengatasi krisis moneter yang melanda Dunia sejak tahun 1996.yang mengakibatkan nilai rupiah terus melemah terhadap dolar. Masalah ekonomi itu berawal dari jatuhnya nilai mata uang Thailand, Baht akibat hutang luar negeri yang menggunung. Krisis tersebut lantas menyebar ke sejumlah negara Asia, termasuk Indonesia yang mengalami pelemahan nilai mata uang.
  2. Pondasi Pembangunan Ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru adalah bersumber dari hutang Luar Negeri. Kondisi ekonomi yang sedang dilanda krisis membuat Indonesia terpaksa mengandalkan bantuan finansial dari Dana Moneter Internasional (IMF).
  3. Pelaksanaan pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru menyimpang dari landasan Ekonomi Indonesia seperti yang diatur dalam pasal 33 UUD 1945. Pasal ini secara khusus mengatur sistem ekonomi sesuai dengan prinsip demokrasi ekonomi. Tetapi pada kenyataannya, perekonomian dikendalikan oleh sebuah sistem ekonomi yang telah dijalankan adalah suatu sistem kapitalis.

Jadi yang bukan faktor penyebab krisis ekonomi adalah Pembangunan Proyek Proyek Raksasa ( Mega Proyek ) sudah menghabiskan dana besar sehingga mengakibatkan anggaran negara mengalami deficit setiap tahunnya. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved