Roboguru

Reformasi merupakan suatu orde yang mengharapkan adanya penerapan hukum dan tatanan sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu pendorong lahirnya Reformasi Indonesia adalah ..

Pertanyaan

Reformasi merupakan suatu orde yang mengharapkan adanya penerapan hukum dan tatanan sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu pendorong lahirnya Reformasi Indonesia adalah ..

  1. Demokrasi liberal

  2. Kabinet parlementer

  3. Krisis ekonomi

  4. Krisis kepemimpinan regional

Pembahasan Soal:

Reformasi merupakan susunan tatanan peri kehidupan lama diganti dengan tatanan peri kehidupan baru secara hukum menuju perbaikan. Di Indonesia, Gerakan reformasi ini merupakan salah satu peristiwa sejarah Indonesia saat berakhirnya masa Orde Baru. Reformasi terjadi karena kondisi politik dan ekonomi Indonesia pada saat masa Orde Baru tidak terkendali. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendorong terjadinya reformasi.

  1. Faktor Politik : adanya KKN dalam kehidupan pemerintahan, adanya rasa tidak percaya kepada pemerintah orde baru yang penuh dengan nepotisme dan merajalelanya korupsi, adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mahasiswa yang menginginkan perubahan.
  2. Faktor Ekonomi : adanya krisis mata uang rupiah, naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, sulitnya mendapatkan barang-barang kehidupan pokok.
  3. Faktor Sosial Masyarakat : terjadinya berbagai kerusuhan yang melumpuhkan perekonomian rakyat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Yang menjadi faktor dasar penyebab jatuhnya Soeharto adalah ...

Pembahasan Soal:

Jatuhnya pemerintahan Soeharto memiliki beberapa faktor, salah satunya adalah krisis moneter yang melanda Indonesia sejak 1998. Krisis moneter yang diawali dengan krisis finansial di Asia pada tahun 1997 sangat memberikan dampak yang besar bagi Indonesia. Akibat dari krisis moneter ini adalah suku bunga yang melambung tinggi sehingga banyak bank di Indonesia yang memutuskan untuk menggulung tikar. Dampak yang paling terasa bagi masyarakat adalah harga-harga barang pokok yang melambung tinggi dengan daya beli masyarakat yang menurun. Hal ini membuat kemiskinan semakin merajalela. Atas faktor utama ini dengan berbagai gejolak masyarakat yang semakin memanas, akhirnya Presiden Soeharto memutuskan untuk turun dari jabatannya pada tanggal 21 Mei 1998.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Gambaran keberhasilan pemerintahan orde baru pada tahun 80-an tampak mengesankan, segera sirna setelah pada pertengahan tahun 1997 karena pada saat itu Indonesia terjadi krisis moneter yang diawali .....

Pembahasan Soal:

Krisis Asia yang dimulai di Thailand ikut menghantam Indonesia. Rupiah yang sebelumya berada dalam kisaran Rp 2.500/US$, namun nilai itu segera merosot pada Juli 1997. Pada Agustus 1997, nilai rupiah turun 9 persen. Bank Indonesia mengakui tidak bisa membendung rupiah terus merosot. Pada Januari 1998, rupiah tenggelam hingga level Rp 17.000/US$ atau kehilangan 85 persen. Kondisi itu membuat hampir semua perusahaan modern di Indonesia bangkrut. Respon pertama pemerintah terhadap krisis ekonomi dengan diumumkan reformasi. Namun proyek-proyek para kroni dan keluarga masih dilindungi. Perjanjian dengan IMF pada 1997 mengakibatkan 16 bank tutup. Hanya dua bank milik keluarga dibuka kembali. Runtuhnya rezim Orde Baru terjadi di tengah-tengah krisis ekonomi, kerusuhan, dan pertumpahan darah di jalan-jalan.space

Dengan demikian, pada pertengahan tahun 1997 di Indonesia terjadi krisis moneter yang diawali merosotnya nilai rupiah terhadap dollar AS.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.spacespace

 

0

Roboguru

Gambaran keberhasilan pemerintahan orde baru pada tahun 80-an tampak mengesankan, segera sirna setelah pada pertengahan tahun 1997 karena pada saat itu Indonesia terjadi krisis moneter yang diawali .....

Pembahasan Soal:

Pemerintah Orde Baru mengalami kesuksesan dalam bidang ekonomi. Hal tersebut dapat terlihat mulai era tahun 1980 an. Pada masa itu Indonesia mampu memcapai swasembada pangan. Selain itu, perkembangan industri juga menunjukkan perkembangan pesat. Namun hal tersebut juga dibarengi dengan adanya praktek KKN. Kemudian, pada tahun 1997 terjadi krisis moneter yang menyebabkan turunnya kepercayaan masyarakat. Hal itu diawali merosotnya nilai rupiah terhadap dollar AS. Atas kondisi demikian, muncul gejolak dan demostrasi masyarakat hingga mundurnya presiden Soeharto.

Dengan demikian, krisis moneter yang menjadi penyebab runtuhnya Orde Baru diawali dengan merosotnya nilai rupiah terhadap dolar AS.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Reformasi merupakan satu gerakan perubahan berbangsa dan bernegara kearah yang lebih baik secara konstitusional. Ada 3 hal yang melatar belakangi lahirnya Reformasi di Indonesia. Apa sajakah itu?

Pembahasan Soal:

Gerakan reformasi dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia. Krisis multidemensi tersebut meliputi 3 hal yakni:

  1. Krisis Ekonomi yang terdiri dari: (a) kurs rupiah melemah Rp.17.000/dolar AS, akibat dari efekdomino krisis moneter yang melanda sebagian negara2 di Asia, (b) utang luar negeri US$ 138 miliar, (c) inflasi / Naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat, (d) sulitnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok, (e) adanya sistem monopoli di bidang perdagangan, jasa, dan usaha.
  2. Krisis politik yang terdiri dari: (a) budaya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) telah mengakar kuat di dalam tubuh birokrasi pemerintahan, (b) besarnya peranan militer dalam orde baru- DPR dan MPR tidak lagi berfungsi secara Demokratis, (d) adanya rasa krisis kepercayaan kepada pemerintah Orba yang penuh dengan KKN, (e) demonstrasi Mahasiswa yang menginginkan perubahan.
  3. Krisis Hukum: belum adanya keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga negara.

0

Roboguru

Krisis ekonomi tahun 1997 menjadi titik balik bagipemerintahan Orde Baru. Deskripsikan kondisi krisis ekonomi dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia

Pembahasan Soal:

Krisis ini merupakan penularan dari Krisis Finansial Asia, berawal dari Thailand, yaitu terpuruknya nilai Bath terhadap Dollar Amerika, untuk mengamankan asetnya para investor asing menarik investasinya di kawasan Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina. Indonesia menjadi negara yang paling parah terkena dampak krisis Asia, dimana lingkungan ekonomi Indonesia saat itu terlalu berpusat pada kekuasaan. Pemerintah ketergantungan terhadap utang luar negeri, lemahnya sistem perbankan dan tidak seimbangnya sector prosuksi. Nilai Rupiah anjlok dari Rp 2.600,00 menjadi Rp 18.000,00 per Dollar Amerika, sehingga dari tahun 1997-1998 angka Inflasi mencapai 59,1%. Dampaknya ialah, harga-harga barang naik dan masyarakat kesulitan menemukan bahan-bahan pokok. Kenaikan tersebut menyebabkan harga barang-barang yang di impor menjadi melambung tinggi sedangkan nilai barang yang Indonesia ekspor menjadi semakin kecil. Kondisi yang memperah krisis tersebut adalah pembayaran hutang yang melonjak karena kenaikan dollar yang luar biasa. Pemerintah maupun swasta yang memiliki hutang atau transaksi dengan dollar menjadi terpukul hal ini berdampak pada gelombang PHK besar-besaran yang menimbulkan krisis sosial.

Dengan demikian, pada masa Krisis Ekonomi 1997 bangsa Indonesia terdampak paling parah dengan anjloknya mata uang Rupiah terhadap Dollar sehingga terjadi Inflasi, yang dampaknya ialah naiknya harga barang, hutang negara melonjak dan terjadi gelombang PHK besar-besaran.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved