Roboguru

Berikut empat fase perkembangan agama Hindu di India, kecuali….

Pertanyaan

Berikut empat fase perkembangan agama Hindu di India, kecuali….

  1. zaman Weda

  2. zaman brahmana

  3. zaman Upanisad

  4. zaman Buddha

  5. zaman sudra

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Agama Hindu merupakan agama tertua di dunia dan masih berkembang hingga saat ini. Agama ini pertama kali muncul di lembah sungai shindu daerah Punjab. Nama Hindu berawal dari nama sebuah sungai yang bernama Shindu. Pada awalnya bangsa Persia menyebut kata Hindu untuk nama Shindu setelah mengadakan kontak di lembah tersebut.  Adapun perkembangan agama Hindu terbagi menjadi beberapa zaman diantaranya:

  1. Zaman Weda (1500 SM). Zaman ini dimulai ketika bangsa Arya berada di Punjab, lembah Sungai Sindhu, sekitar 2500-1500 SM, setelah mendesak bangsa Dravida ke sebelah Selatan sampai ke Dataran Tinggi Dekkan. Bangsa Arya telah memiliki peradaban tinggi. Mereka menyembah dewa-dewa seperti Agni, Varuna, Vayu, Indra, dan Siwa. Pada zaman ini dikenal juga kitab suci seperti Weda dan pembagian caturwarna,
  2. Zaman Brahmana (1000-750 SM). Pada zaman ini, kekuasaan kaum Brahmana amat besar dalam kehidupan keagamaan. Merekalah yang mengantarkan persembahan umat kepada dewa. Pada zaman ini pula, mulai disusun tata cara upacara keagamaan yang teratur.
  3. Zaman Upanishad (750-500 SM). Pada zaman ini yang dipentingkan tidak hanya upacara dan sesaji saja, tetapi lebih daripada itu, yaitu pengetahuan batin yang lebih tinggi. Zaman ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama.
  4. Zaman Buddha (500 SM-300 M). Zaman ini dimulai ketika putra Raja Suddhodana yang bernama Sidharta menafsirkan Weda dari sudut logika dan mengembangkan sistem yoga dan semadi sebagai jalan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan yang dimaksud zaman Upanisad!

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa terdapat empat fase pekembangan agama Hindu, yakni zaman Weda, zaman Brahmana, zaman Upanisad, dan zaman Buddha. Zaman Upanisad diperkirakan muncul dan berkembang pada tahun 750-500 SM. Pada zaman ini yang dipentingkan tidak hanya upacara dan sesaji saja, tetapi lebih daripada itu, yaitu pengetahuan batin yang lebih tinggi. Zaman ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda. Adapun latar belakang munculnya zaman Upanisad karena manusia pada saat itu mulai merasa terbebani dengan aturan-aturan upacara yang ketat dan memakan biaya tinggi. Pada zaman ini soal lahir/ material tidak terlalu diutamakan, akan tetapi soal batin lah yang dianggap lebih penting. Karena orang lebih menekankan pada hati nurani terdalam, seperti tapa, yoga, dan upawasa (puasa).

Dengan demikian, zaman upanishad muncul atas jawaban dari zaman brahmana dengan cara peribadatan pada zaman ini lebih mengutamakan persoalan batin daripada materi.

0

Roboguru

Sebutkan empat fase perkembangan agama Hindu di India!

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa Agama Hindu diperkirakan muncul di India antara tahun 3102 SM hingga 1300 SM. Agama ini tumbuh bersamaan dengan masuknya bangsa Arya. Kedatangan bangsa Arya ini mendesak penduduk asli India, yakni Dravida, ke selatan sampai dataran tinggi Dekan. Dalam perkembangan selanjutnya terjadi percampuran antara kebudayaan orang Arya dan Dravida yang menghasilkan kebudayaan Hindu. Perkembangan agama Hindu di India dapat dibagi menjadi empat fase, yakni sebagai berikut.

  1. Zaman Weda (1500 SM): zaman ini dimulai ketika bangsa Arya berada di Punjab, lembah Sungai Sindhu, sekitar 2500-1500 SM, setelah mendesak bangsa Dravida ke sebelah Selatan sampai ke Dataran Tinggi Dekkan. Bangsa Arya telah memiliki peradaban tinggi. Mereka menyembah dewa-dewa seperti Agni, Varuna, Vayu, Indra, dan Siwa. Pada zaman ini dikenal juga kitab suci seperti Weda dan pembagian caturwarna,
  2. Zaman Brahmana (1000-750 SM): pada zaman ini, kekuasaan kaum Brahmana atau kaum agamawan amat besar dalam kehidupan keagamaan. Merekalah yang mengantarkan persembahan umat kepada dewa. Pada zaman ini pula, mulai disusun tata cara upacara keagamaan yang teratur.
  3. Zaman Upanisad (750-500 SM): pada zaman ini yang dipentingkan tidak hanya upacara dan sesaji saja, tetapi lebih daripada itu, yaitu pengetahuan batin yang lebih tinggi. Zaman ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama.
  4. Zaman Buddha (500 SM-300 M): zaman ini dimulai ketika putra Raja Suddhodana yang bernama Siddharta menafsirkan Weda dari sudut logika dan mengembangkan sistem yoga dan semadhi sebagai jalan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Dengan demikian, empat fase perkembangan agama Hindu di India adalah zaman Weda, zaman Brahmana, zaman Upanisad, dan zaman Buddha.

0

Roboguru

Hindu pertama kali dikembangkan di negara?

Pembahasan Soal:

Agama Hindu adalah suatu agama yang bersumber dan berkembang di bumi India. Untuk mengetahui secara lebih luas lagi perlu kiranya mengetahui latar belakang bumi India. Kata Hindu berasal dari nama sungai Indus yang melewati daerah barat bumi India. Orang-orang pertama menyebutnya sungai Sindhu dan berubah menjadi Hindu. Agama Hindu pertama kali berkembang di lembah sungai Sindhu sekitar 6.000 tahun sebelum Masehi sebagai agama tertua, agama Hindu kemudian berkembang ke berbagai wilayah dunia, termasuk Asia Tenggara dan Indonesia.

Penduduk asli yang mendiami India bermukim di daerah dataran tinggi Dekkan, kehidupannya masih sangat sederhana. Bangsa Dravida berasal dari Asia Tengah (Baltis) masuk ke India dan mendiami daerah sepanjang sungai Sindhu yang subur. Kebudayaan mereka lebih tinggi dari penduduk asli, Bangsa Arya juga berasal dari daerah sekitar Asia Tengah, menyebar daerah-daerah Iran (Persia) Mesopotamia dan juga masuk ke Eropa. Mereka masuk ke India dalam dua tahap didua tempat yang berbeda. Pertama mereka masuk di daerah Punjab yaitu daerah lima aliran anak sungai yang disambut dengan peperangan oleh Bangsa Dravida yang lebih dulu bermukim disitu. Karena Bangsa Arya lebih maju dan lebih kuat, Bangsa Dravida dapat dikalahkan. Tahap kedua Bangsa Arya masuk ke India melalui dua aliran sungai yaitu lembah sungai Gangga dan lembah sungai Yamuna, daerah ini dikenal dengan nama Doa. Kedatangan mereka tidak disambut peperangan, bahkan kemudian terjadi percampuran melalui perkawinan. Pergaulan mereka lambat laun membentuk sinkretisme (percampuran kebudayaan) antara unsur-unsur Arya dengan Dravida, sehingga menjadi bentuk yang baru kemudian dianggap sebagai suatu agama yang dianut dan dipegang tata susilanya oleh orang-orang India sebagai agama Hindu

Dengan demikian. Agama Hindu pertama kali dikembangakan di negara India.

0

Roboguru

Lokasi pertama kali Sang Buddha melakukan penyebaran agama Buddha adalah ...

Pembahasan Soal:

Sarnath adalah salah satu tempat penting dalam kelahiran dan penyebaran agama Buddha. Sarnath merupakan tempat pertama kali Sang Buddha menyebarkan Dharma kepada para penduduk. Di Sarnath atau yang dikenal dengan Taman Rusa, Sang Buddha melakukan penyebaran Dharma atau ajaran Buddha untuk pertama kalinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada abad ke…. Masehi

Pembahasan Soal:

Perkembangan agama Hindu ke Indonesia tidak terlepas dari peranan para pedagang asing yang masuk dan melakukan aktivitas perdagangan di Nusantara. Asal mula masuknya agama Hindu di Indonesia diperkirakan berawal pada abad ke-4 M. Peralihan pra-sejarah menjadi zaman sejarah di Indonesia terjadi pada saat masuknya agama Hindu yang berasal dari India. Ciri khas zaman pra-sejarah ialah belum dikenalnya tulisan. Namun, pada saat Hindu hadir, masyarakat Indonesia telah mengenal tulisan dan inilah yang menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia telah masuk ke zaman sejarah. Kerajaan Hindu yang pertama kali berdiri adalah Kerajaan Kutai dengan peninggalannya berupa prasasti Yupa. Prasasti Yupa diperkirakan dibuat sekitar abad ke-4 Masehi yang berisi mengenai Raja Mulawarman memberikan sedekah sebanyak 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved